3 Rekomendasi Game Edukasi

Game edukasi – Si kecil mulai tertarik bermain game di smartphone? Wah, ada baiknya ibu mulai membatasi waktu dan mengawasi jenis game yang dimainkan ya.

Sebisa mungkin sih sebagai orangtua harus memberikan alternatif hiburan bagi si kecil. Misalnya dengan memperbanyak aktivitas fisik ataupun membacakan buku untuk si kecil.

Sesuai rekomendasi dari WHO ya, kalau screen time pada anak harus dibatasi sesuai usia mereka. Contohnya untuk bayi di bawah usia 1 tahun itu seharusnya tidak boleh terpapar layar elektronik sama sekali. Lalu anak antara usia 2-5 tahun juga tidak boleh melihat layar gawai lebih dari satu jam perharinya.

Hayo ngaku? Bayinya udah sering diajak nonton youtube ya? Atau film kartun di televisi? 

Hehehe… sama, Bu. Kadang anak saya juga malah ikutan orangtuanya memainkan game di gawai.

Yes, monkey see – monkey do.

Jika seandainya ibu memang berniat mengajak si kecil memainkan game di gawai, ada baiknya memilih game edukasi yang biasanya memang diperuntukkan bagi anak-anak.

Berikut ini 3 Rekomendasi Game Edukasi yang bisa dimainkan bersama si kecil.

Bandenonium: Educational Music Game

Game edukasi mengenal alat musik

Game ini fokusnya mengenalkan anak kepada jenis alat musik. Selain belajar nama alat musiknya, anak-anak juga akan mempelajari perbedaan bunyi dari setiap instrumen musik.

Kalau diajakin main game ini tentu si kecil akan senang ya. Apalagi kalau memang sudah tertarik pada dunia musik.

Garfield Sentences: Educational Kid’s Sentence Structure Game

Game edukasi menyusun kalimat

Wah game ini menarik banget untuk mengajari anak belajar membuat kalimat utuh. Hihi… sering dong bu… terkadang kita tidak mengerti apa yang disampaikan si kecil. Akibatnya si kecil malah tantrum karena ibunya gak paham.

Nah, mengajak si kecil bermain game ini selain sebagai hiburan juga bisa sekaligus belajar ya… asik banget.

Rekomendasi game yang ketiga ini juga tak kalah seru. 

Adventure Man and the Days of the Week

Game edukasi tentang nama hari dalam bahasa inggris

Game ini mengajak anak-anak berpetualang sekaligus mengenalkan mereka dengan nama-nama hari. Serunya nanti juga ada kuisnya loh. 

Saya malah kepikiran menjadikan game ini sebagai media belajar bahasa Inggris di sekolah. Sebab ada nih bab khusus yang membahas nama-nama hari seperti ini. Kalau diajarkan dengan cara menyenangkan, tentu berkesan dan sulit dilupakan ya.

Btw, itu kok tadi gamenya berbahasa Inggris semua? Iyaa biar sekalian mengajarkan kosa kata bahasa Inggris sejak dini dong. Zaman sekarang itu rata-rata anak SD ngomong bahasa Inggrisnya udah jago. Apalagi untuk di kota besar.

Nah, alternatif kita sebagai orangtua agar anak tidak asing dengan bahasa internasional ini ya tentu saja dengan cara mengenalkannya. 

Tentu saja tetap harus disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak yah. Kalau masih TK jangan diajakin main Garfield sentences dulu, bisa dimulai dengan game kosa kata seperti game Bandemonium di atas. Boleh juga game Adventure Man and the Days of the Week.

Nah, ketiga game yang saya sebutkan di atas itu bisa dimainkan di plays.org. Tidak perlu khawatir memori gawai ibu sibuk penuh, karena bisa dimainkan secara online dan tanpa perlu diunduh.

Selain game edukasi, tersedia juga game arcade untuk orangtuanya kalau lagi gabut. Misalnya Submarine Dash. Dijamin seru ini mengendarai kapal selam sambil mengumpulkan koin.

Sssttt… iya game di sini memang banyak kategorinya. Hati-hati jangan sampai lupa waktu ya.

3 thoughts on “3 Rekomendasi Game Edukasi”

  1. Wah aku harus cobain nih kayaknya sesekali ngegame. Jujur aja aku tuh lbh suka nntn film drpd ngegame kl ad waktu senggang. hehe. Bolehlah sesekali jd gamer.. hehe, makasih infonya Mbk..

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.