Book Review Resensi Buku

Review Buku Seri Benda Langit Bercerita: Matahari

“Bu, isinya buku Seri Benda Langit Bercerita Matahari.”
“Oya?”
“Aku baca yaa…”
Adis, anakku yang berusia 6 tahun itu mulai membaca dengan lantang.

“Tips membaca buku… minta ayah bunda menemanimu membaca…”
“Wah, lucu itu ada tips membacanya juga.” Komentarku

Sambil mengASIhi adiknya yang berusia 7 bulan, aku mendengarkan Adis membaca buku yang baru saja dikirimkan oleh seorang teman sekaligus penulis bukunya, Erlita Pratiwi. Sesuai judulnya, buku itu bercerita tentang Matahari.

Cober Buku Seri Benda Langit Bercerita Matahari

Ada Kamus Kecil di Buku Seri Benda Langit Bercerita Matahari

Sebenarnya aku sedikit deg-degan tiap kali dia menyebutkan kata yang sedikit ilmiah untuk anak seusianya seperti, diameter, atmosfer… untungnya buku ini dilengkapi dengan kamus kecil di bagian bawah halamannya. Jadi, ibunya ini tidak perlu berpikir keras untuk menjawab pertanyaan Adis.

“Suhu air mendidih adalah 100 derajat celcius. Suhu di tubuhku rata-rata 5.500 derajat celcius” Adis berhenti sebentar sebelum melanjutkan bacaannya. “Berarti, kalau kita dekat-dekat matahari gosong, bu? Terbakar? Meninggal?” tanyanya. Aku tergelak sebelum menjawab.

“Iya, makanya kalau siang-siang gak boleh panas-panasan di luar. Tapi kalau pagi hari gak apa-apa, biar badannya hangat abis mandi. Sehat juga ada dapat vitamin D.” Jelasku.

Buku Seri Benda Langit Bercerita Matahari ini dilengkapi Ilustrasi Berwarna di Tiap Halamannya!

Ketika ada bagian dari buku yang menanyakan manfaat dari matahari, Adis juga bisa menyebutkannya. Sebab di buku Seri Benda Langit Bercerita: Matahari ini dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi yang menarik. Jadi, dia lebih mudah juga mengaitkannya dengan apa yang pernah ia lihat dan alami.

Bahkan, melalui ilustrasi dan keterangannya, Adis bisa menceritakan kembali apa yang pernah dia lihat di televisi. “Aku pernah loh, Bu. Lihat Aurora ini. Namanya Aurora Borealis kan? Kayak di Tv itu.”

Wah, pokoknya seru deh kalau sudah baca buku. Meski tiap kali membaca buku pasti diselingi komentar-komentar yang kadang bagi ibunya ini, lucu dan bikin mikir.

Jadi, apa buku ini direkomendasikan untuk dibaca? Tentu saja. Apalagi kalau anak-anak suka dengan benda-benda langit, pasti senang sekali diberikan buku ini. Sebagai info tambahan, buku ini juga punya seri lainnya, yaitu: Bintang, Bulan, dan Planet. Kebetulan yang Adis dapatkan seri Matahari. Ukuran hurufnya juga cocok untuk anak-anak, tidak telalu kecil. Kalimatnya pun pendek-pendek. Bikin mereka lebih cepat membaca dan memahaminya. Yuk, ajak si kecil mencintai buku dan alam semesta dengan membaca buku Seri Benda Langit Bercerita dari Kak Erlita Pratiwi! 😊

Tentang Buku Seri Benda Langit Bercerita Matahari

Judul: Seri Benda Langit Bercerita: Matahari
Penulis: Erlita Pratiwi
Ilustrator: Chaterine Hay
Penerbit: Tiga Ananda, Juni 2020
Jumlah halaman: 32 Halaman.

Kamu juga bisa tonton mini reviewnya di kanal youtube aku yah ❤️

Previous Post

You may also like

Leave a comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.