Parenting [ANDARA]

MUA Terbaik Bengkulu: Dwi Ressy (Echy MUA)

MUA terbaik Bengkulu – Nama akun @echy_mua tuh di Instagram udah tersohor banget sebagai make up artist yang hasil make up-nya cantik, awet, dan bikin pangling. Nah, kali ini aku mau ceritain hasil ngobrol aku bareng dia tadi via chat WhatsApp. Biar akrab kita panggil aja dengan sapaan Kak Echy yah.

Awal Mula Karir Hingga Menjadi MUA Terbaik Bengkulu

Pemilik nama lengkap Dwi Ressy Oktiyana ini mengaku awalnya tidak sengaja terjun di dunia make up. Ceritanya di tahun 2013, adik tingkat aku semasa kuliah yang emang hobi koleksi make up ini, pusing melihat deretan make up yang banyak banget dan udah pada dekat tanggal expired-nya. Nah, di tengah kegalauan itu Kak Echy dipertemukan dengan para pemuda yang hobi fotografi. Salah satunya bernama Kak Deni. Mereka katanya iseng kolaborasi bikin duo Eden (Echy Deni), karena sama-sama hobi foto. Terus bikin foto shot bareng. Hasil dari keisengan tadi ternyata banyak dilihat netizen dan… BOOM! Sejak itu Kak Echy mulai banjir orderan buat make up.

Wah suda cukup lama ya ternyata Kak Echy menjadi make up artist di Bengkulu. Pantesan hasil make up-nya bagus dan pada antre minta di make up-in.

Jasa Make Up-nya Apa Saja?

Selain menerima make up pengantin untuk acara akad dan resepsi. Kak Echy juga menerima make up untuk pre wedding, post wedding, kenaikan pangkat, yudisium ataupun wisuda. Pokoknya segala siapapun yang mau cantik di event apapun bisa banget pakai jasa make up Kak Echy MUA.

Jangan sampai lupa booking gais, soalnya Kak Echy ini satu minggu itu bisa make up-in 3 sampai 5 pengantin dan untuk make up wisuda gitu bisa 3 sampai 10 orang.

Biaya Make Up-nya Berapa?

Sungguh, aku tuh kepo banget yah sampai nanya berapa biayanya. Untung Kak Echy nih baik mau bisikin kisaran harganya. Katanya kalau untuk make up yudisium atau wisuda itu sekitar RP. 400.000-an. Sedangkan kalau make up pengantin dimulai dari dua jutaan.

Kisaran harga ini hanya perkiraan ya. Nanti bisa ditanya langsung sama Kak Echy MUA berapa biayanya. Sebab beda-beda dong tentunya keinginan para pelanggan. Mungkin ada yang mau Kak Echy stand by seharian? Bisa juga mau sekalian make up-in keluarga besar atau butuh sekalian hair do serta gaya hijab yang stylish? Nah negoin aja sampe jadi. Hihihi…

MUA Terbaik Bengkulu @echy_mua (foto pribadi milik @echy_mua)

MUA Terbaik Bengkulu ini Juga Buka Kelas Belajar Make Up

Ini tuh menarik banget. Sebagai orang yang gak pandai melukis alis, aku pengin belajar make up nanti suatu waktu sama Kak Echy. Minimal ya bisa make up muka sendiri.

Kata Kak Echy dia buka 3 kelas make up:

  • Self Beauty Make Up
  • Full Make Up Professional
  • Full Make Up professional + tata adat

Asal ada kemauan belajar, pasti nih bisa ikutin jejaknya Kak Echy untuk jadi make up artist juga. Udah kebayang dong berapa cuan yang didapat kalau profesional menekuni bidang ini? *sodorin kalkulator*

Eh, emangnya kalau buka kelas make up ini gak takut disaingin murid sendiri nantinya? Hihi.. ternyata kata Kak Echy, dia malah sering ajakin murid-murid kelasnya untuk gabung di tim make up-nya dia. Fyi aja, Kak Echy punya tim make up yang terdiri dari 10-15 orang loh. Jadi timnya bisa dibagi sesuai job desk masing-masing dan disebar ke segala sudut provinsi Bengkulu. Agar permintaan make up dari para pelanggan bisa terpenuhi.

Terkadang juga dia tawarin job make up yang enggak bisa dia handle (saking banyaknya) ke murid-muridnya yang udah pada jago itu. Prinsipnya Kak Echy, rezeki itu pasti datang ke orangnya. Gimanapun cara menutup rezeki kalau sudah rezekinya si A, tentu jadi milik dia. Begitu juga sebaliknya.

Makanya kalau pengin ikutan jadi MUA juga gak perlu takut dong ya… Belajarnya sama Kak Echy aja nih. Soalnya kalau dah jago bakal dikasih ‘pasar’ untuk praktein hasil belajarnya.

Wuih keren nih sampai bisa buka lapangan pekerjaan juga dong ya? Menjanjikan banget nih skill make up ini.

Pahit Manis Perjalanan sebagai MUA Terbaik Bengkulu

Namanya juga hidup dan bersosialisasi dengan orang lain, tentunya Kak Echy punya pengalaman pahit selama jadi make up artist. Kak Echy pernah ketemu klien yang tidak pengertian, sampai ada yang cancel jadwal make up-nya di H-1. Padahal udah ngosongin jadwal dan nolak job lain. Duh ini tuh ngerugiin banget yah. Membekas pastinya nih.

Tapi pengalaman manisnya tentu jauh lebih banyak. Di awal karir Kak Echy pernah make up-in Kak Tengku Dewi. Seorang Aktris, Model, DJ, dan pembawa acara dari ibukota, istrinya Andrew Andika yang aktor Indonesia juga. Meskipun saat itu masih ngandelin make up lokal, tapi Kak Tengku Dewi suka banget loh sama hasil make up-nya Kak Echy MUA.

Wuih, mantep banget emang skill make up-nya! Selain itu Kak Echy juga pernah dibayar dua kali lipat dari kesepakatan. Itu pasti karena pelanggannya suka banget dengan hasil kerja Kak Echy. Bahkan sampai jadi pelanggan tetap juga.

Dampak Pandemi Terhadap Bisnis Make Up Artist

Pada tahu dong ya di awal PSBB karena pandemi, acara resepsi pernikahan itu dilarang? Nah, tentunya berdampak banget dengan pemasukan para penggiat usaha yang berkecimpung di event ini. Termasuk untuk Kak Echy sendiri. Beliau sampai sama sekali tidak mendapatkan job selama satu bulan penuh. Orang-orang lebih memilih menunda menggelar resepsi pernikahan. Tapi syukurnya saat ini meskipun masih pandemi, sudah mulai banyak yang menggunakan jasa make up Kak Echy. Setidaknya beberapa pasangan tentu udah gak sabar pengin ijab kabul. Terus protokol kesehatan juga sudah biasa diterapkan oleh masyarakat. Ditambah lagi persatuan penggiat acara pernikahan sudah melakukan hearing dengan para pejat daerah berwenang terkait dengan nasib mereka. Hasilnya sih saat ini acara pernikahan sudah mulai banyak lagi digelar. Tentunya dengan catatan tertentu.

Sebuah Motivasi dari MUA Terbaik Bengkulu

Ih pokoknya seru banget sih ngobrol bareng MUA Terbaik Bengkulu satu ini. Oya Kak Echy MUA punya kata-kata motivasi nih buat kamu yang baru mau mulai menekuni dunia make up artist ini.

Untuk teman-teman yang mau berkarya di bidang kecantikan, intinya anggap saja sedang melukis di kertas, menggambar, merestruktur ulang wajah orang agar lebih bercahaya. Selagi tujuannya baik segala hal insha allah berkah. Diimbangi dengan kemampuan dan sosialisasi, bisnis ini tuh bisnis yang gak bakal mati dan bebas utang. Ibaratnya orang gak bakal datang minta di make up-in kalau gak punya uangnya. Perkaranya tinggal harga yang ditawarkan itu cocok atau tidak dengan kantong mereka. Penting banget untuk percaya, kalau Allah itu selalu kasih kita pasar tersendiri. Nah, make up industri ini adalah lahan yang baik banget untuk dijalani. Selagi masih ada perempuan yang mau di make up-in buat jadi lebih cantik, selagi masih ada pernikahan, photo shot dan kegiatan yang harus menampilkan kecantikan seseorang, bisnis ini tuh pasti akan terus berjalan.

@echy_mua

Brand Make up Favorit

Terus aku juga dikasih bocoran make up favorit apa yang sering di pakai oleh Kak Echy. Ada yang produk lokal juga ternyata! Tapi aku bakal ulas di tulisan berikutnya. Tungguin yah…

Baca juga:

Nah buat kamu yang mau lihat hasil make up ataupun di makeup-in sama Kak Echy, boleh kepoin instagramnya. Ssstt cek juga akun yang di tag di sana. Buat referensi kamu yang mau bikin acara wedding paling berkesan seumur hidup.

Previous Post Next Post

You may also like

12 Comments

  • Reply Intan Novriza KS

    Whoaaa Mam Echy yang katanya punya tangan magic hihiii. Pernah nih ngobrol-ngobrol di RRI, inspiratif banget. Wajar ya Mbak jadi MUA terbaik di Bengkulu, karena kerja kerasnya juga luar biasa sih xD

    Februari 23, 2021 at 9:26 pm
  • Reply Eva De

    Nah, baru liat IG nya kemarin. Memang sebagus itu makeupnya… sosoknya inspiratif juga…

    Februari 25, 2021 at 8:30 am
  • Reply Ika Pasca

    Saya baru tahu namanya mba echy. Seingat saya dulu, saya pernah bertemu beliau waktu menrias wajah sahabat saya. Keren pencapaiannya. Semoga berkah

    Februari 28, 2021 at 3:13 pm
  • Reply Alyxia

    Wuhuu mam Echy emang kece badai banget didunia per-make-up-an. Ga bakal nyesel kalo make up ama mam echy, ada harga ada kualitas.

    Februari 28, 2021 at 7:34 pm
  • Reply AANG VERIANTO

    Tahu dong mua yang berpengalaman di bidang hias menghias, barakallah

    Februari 28, 2021 at 8:22 pm
  • Reply Milda Ini

    wah, selamat deh, Mantap moga makin sukses dan barokah

    Maret 1, 2021 at 11:06 am
    • Reply Nengsi

      Wah ternyata ini toh mbak echy mua. Aku sering liat teman medsos ku yang di bengkulu make jasa dia. Keren ya. Moga makin sukses.

      Maret 9, 2021 at 9:42 am
  • Reply Mardha

    Emang siapa gk kenal lah pkknya sama MUA nya mrs.eci.. diBengkulu Raya udh jawarak…

    Maret 1, 2021 at 2:40 pm
  • Reply Fira

    waah jadi tau nich siapa MUA terbaik kita….selamat ya mba, semoga makin sukses di profesinya.

    Maret 1, 2021 at 5:50 pm
  • Reply Ayu Wardani

    aku tahu ini, pernah jg chat Mom Echy ini pas mau nikahan, tp ga jd dimake up in. hehe.
    Emg cantik2 gt hasil riasannya. Setauku Mom Echy ini kembar jg kan ya Mbk?

    Maret 7, 2021 at 10:46 pm
  • Reply Reti Suryani

    Ohh ini yg namanya mbk echy muaaa aju bru tw hihi aku juga gak bisa dndan ini.

    Maret 9, 2021 at 10:11 am
  • Reply Apura's Blog - Kumpul Seru Keluarga Jempolan di BloggerDay 2021 | Apura's Blog

    […] Baca Juga: MUA Terbaik Bengkulu: Dwi Ressy (Echy MUA) […]

    Maret 20, 2021 at 6:54 am
  • Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.