Parenting [ANDARA]

Kreasa: Belajar Bahasa Inggris Jadi Lebih Seru!

KREASA – Kreasa adalah sekolah kreativitas berbasis online dengan sistem fun learning yang menyediakan berbagai program belajar bagi anak-anak.

Prolog

“Eh, Andara mau ikut kelas online Bahasa Inggris?” Tanyaku selepas scroll timeline media sosial

“Mau, Bu. Belajarnya kapan?”

“Ini ada jadwalnya Senin dan Rabu. Terus ada lagi Sabtu dan Minggu. Kamu mau hari apa belajarnya?”

“Sabtu, Minggu aja, Bu.”

“Oke. Ibu daftarin yah…”

Singkat cerita, setelah didaftarin, anakku nanya melulu kapan kelasnya dimulai. Hihihi… Eh, sedihnya ternyata saat itu kelas bulan Mei udah penuh. Jadi akhirnya mulai belajar di bulan Juni. Tapi malah bersyukur kok, sebab di bulan Juni kan udah mulai liburan sekolah. Andara jadi bisa fokus dengan persiapan penilaian akhir semesternya di sekolah.

Tiap Kelas di Kreasa dibatasi Maksimal 5 Orang Anak

Wah, kok kelasnya cepat penuh? Iya, sebab di Kreasa itu setiap kelas dibatasi hanya maksimal lima (5) orang anak. Tujuannya tentu saja agar lebih mudah dikontrol perkembangannya. Saat itu kelas Bahasa Inggrisnya Andara hanya ada empat orang muridnya. Murid yang sedikit juga bikin gurunya cepat hapal dan akrab dengan muridnya. Begitu juga sebaliknya. Andara juga cepat ingat siapa saja nama teman sekelasnya.

8 Sesi dengan Durasi Belajar 60 Menit

Sesuai dengan jadwal yang disepakati. Kelas Bahasa Inggrisnya dimulai pada hari Sabtu, 12 Juni 2021 Pukul 16.00 WIB. Akan ada 8 sesi dengan durasi belajarnya 60 menit setiap pertemuan. Sempat mikir sih, ini anak-anak bakalan betah tidak yah duduk selama satu jam?

Ternyata Andara having fun during the English Class. Meskipun di awal-awal pertemuan selalu lirik-lirik ibunya karena belum paham instruksi gurunya, Miss Sella. Tapi lama kelamaan dia mulai percaya diri. Soalnya Miss Sella cukup bisa membaca gerak-gerik anak muridnya yang terlihat mencurigakan tidak paham. Jadi kalau sudah beberapa kali bertanya tapi muridnya tidak respon dan terlihat bingung, Miss Sella ganti instruksinya ke Bahasa Indonesia.

Tenaga Pengajar Profesional

Bagusnya lagi nih, Miss Sella tidak keterusan ngomong atau memberi instruksi pakai Bahasa Indonesia. Melainkan tetap bertanya ataupun memberikan instruksi menggunakan bahasa Inggris. Jadi metode drilling yang dipakai ini cukup membuat anak-anak akhirnya mengerti apa yang diminta. “Oh, kalau Miss Sella bilang Andara, it’s your turn.” Itu tandanya giliran Andara yang menjawab pertanyaan, dan sebagainya.

Paling penting juga nih. Miss Sella tidak sungkan memberikan pujian kepada anak-anak setiap kali mereka bisa mengikuti instruksi dengan baik. Terus tidak marah juga (kayak ibunya Andara) kalau anaknya salah spelling. Malah diberi motivasi untuk mencoba lagi, tentunya dengan bimbingan dari guru yang sabar banget.

Materi Belajar Sesuai Program dan Perkembangan Usia Anak

Oya, English Class yang Andara ikuti ini fokus pada peningkatan kosakata dan tata bahasa yang benar. Untuk usia rekomendasinya sendiri adalah usia 5-8 tahun dengan maksimal 5 murid per kelas. Cocok untuk Andara yang memang baru belajar bahasa Inggris.

Selama aku perhatikan, setiap Minggu itu kosakata yang dipelajari selalu baru dan sesuai tema. Misalnya di minggu pertama temanya tentang Cooking Verb. Nah, kosakata yang dibahas misalnya, peel, chop, mix. Minggu berikutnya tentang Food Pyramid. Maka kosakata yang dibahas tentang nama-nama makanan, seperti candy, beef, milk, mangosteen, broccoli, dan lain-lain.

Selain belajar kosakata, diajarin juga Phonics Ending Sound. Berupa cara menyebutkan bunyi huruf tertentu. Biasanya ada dua huruf yang diajarkan setiap pertemuan. Contohnya huruf B dan D. Nanti Miss Sella akan memberikan beberapa gambar yang kosakatanya diakhiri huruf B dan D. Misalnya, tub, cloud, sub, bird, dan lain-lain.

Pada setiap materi belajar juga ada kalimat-kalimat sederhana sesuai tema yang diberikan. Nanti Miss Sella akan memberikan contoh cara membacanya, lalu anak-anak akan mengikuti. Baik secara bersamaan ataupun individu.

Aktivitas Belajar yang Bervariasi

Tenang saja, anak-anak tidak akan bosan dengan aktivitasnya. Sebab selain yang aku sebutin di atas, sesekali ada juga sesi nonton bareng video singkat sesuai tema. Kadang juga ada sing a song.

Kelas paling berkesan buat Andara itu saat Shopping Time. Jadi, kelasnya dibikin mirip role play. Gurunya jadi penjual, lalu muridnya sebagai pembeli. Andara senang sekali ketika diminta menyebutkan barang-barang apa saja yang ingin dia beli. Pokoknya persis suasana transaksi di supermarket, tapi dengan bahasa Inggris.

Fasilitas Jika Mengikuti Kelas di Kreasa

Meskipun belajarnya online bukan berarti pembelajaran jadi kurang bermakna. Kalau sudah baca tulisan saya di atas, kebayang dong serunya gimana?

Nah, bagi setiap murid yang mendaftar di kelas Kreasa, bisa mendapatkan fasilitas berikut ini:

  • Zoom session
  • e-module
  • e-certificate
  • progress report
  • zoom recording
  • photo docs
  • max 5 kids each class


Selain kelas Bahasa Inggris, Kreasa juga memberikan berbagai pilihan program dengan kurikulum non formal yang menyenangkan. Tujuannya agar minat, bakat dan kreativitas anak-anak terus tumbuh dan terasah melalui materi komprehensif yang terintegrasi digital secara fleksibel dan personal.

Daftar Pilihan Kelas Kreasa

Berikut ini Program atau Kelas yang bisa diikuti di Kreasa.

  • Animation (kelas membuat animasi gambar bergerak)
  • Design (kelas menggambar desain menggunakan berbagai teknik)
  • Comic (kelas membuat karya berupa komik)
  • STEAM (kelas belajar berbagai ilmu pengetahuan (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics)
  • Writing (kelas belajar membuat kaya tulis sesuai kaidah penulisan yang baik dan benar)
  • Montessori (kelas anak usia dini dengan metode belajar montessori)
  • Baking (kelas belajar membuat kue)
  • Tahfidz (kelas belajar hapalan dan perbaikan bacaan surat-surat di Al Quran)
  • Arabic (kelas belajar bahasa arab dengan fokus peningkatan kosakata dan tata bahasa)
  • English (kelas belajar bahasa Inggris dengan fokus peningkatan kosakata dan tata bahasa)
  • French (kelas belajar bahasa Prancis dengan fokus peningkatan kosakata dan tata bahasa)
  • Public Speaking (kelas belajar teknik berkomunikasi dengan sub materi presenting, podcasting, dubbing, dan voice over)
  • Waste Management (kelas belajar pengelolaan sampah dan kesadaran pentingnya menjaga kebersihan lingkungan)

Ternyata kelas di Kreasa ini ada banyak. Jadi bisa disesuaikan saja dengan minat dan bakat anak. Sesuai dengan tagline-nya Kreasa


“Where kids creativity will be born”

Kreasa

Kontak Kreasa

Sudah menemukan kelas mana yang akan diikuti oleh si kecil? Boleh banget cari informasi lebih lanjut mengenai program-programnya Kreasa. Bisa hubungi kontak-kontak berikut ini:

WhatsApp : 0815 977 4559
Website : https://www.kreasa.id
Instagram : https://www.instagram.com/kreasaid Facebook : https://www.facebook.com/kreasaid YouTube : https://bit.ly/kreasa_youtube

Epilog

“Kelas Bahasa Inggrisnya minggu depan udah kelar loh… Gimana? Suka belajarnya? Andara masih mau ikut English class-nya kah?”

“Aku sih mau… tapi emang ibu ada uangnya? Mau bayarin lagi?”

“Ya, mau dong! Asal belajarnya serius. Jangan dikit-dikit matiin kamera terus kabur. Harus lebih fokus.”

“Yaa.. kan pengin ambil camilan, Bu…”

“Oya, di rapornya ibu baca Andara untuk Speaking keterangannya Need Improvement loh… kenapa?”

“Aku suka lupa unmute microphone-nya, Bu. Jadi suaranya gak kedengaran sama Miss.”

Hahaha…

Alhamdulillah setelah obrolan itu, sekarang Andara yang lanjut belajar bahasa Inggris di Kreasa sudah lebih fokus dan tidak lupa unmute the microphone.

Semoga semakin semangat belajarnya ya, Nak… Nanti kita coba kelas komiknya juga yuk!

Previous Post Next Post

You may also like

Leave a comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.