Parenting [ANDARA]

MUGU Water Bottle, Si Kecil Nyaman untuk Minum

MUGU Water Bottle – Sejak dulu aku selalu dididik orangtua untuk selalu membawa air minum senndiri setiap kali pergi keluar rumah. Selain untuk berhemat dan menjaga lingkungan, membawa air minum sendiri dari rumah juga lebih terjamin kebersihannya. Hal ini aku biasakan juga ke anak-anakku.

mugu water bottle, botol minum anak
Botol minum yang aman, bikin anak nyaman

Kesalahan menggunakan botol minum kemasan sekali pakai


Kalau dulu aku sering pakai botol bekas air mineral kemasan. Padahal sebenarnya tidak dianjurkan ya, sebab memang diperuntukkan untuk sekali pakai saja. Sayangnya dulu aku gak tau nih bahayanya…


Botol plastik minuman kemasan sekali pakai terbuat dari bahan plastik PET atau PETE (polyethylene terephthalete) yang rusak jika terkena panas atau suhu tinggi. Jika dipakai berulangkali dapat menyebabkan kontaminasi bakteri pada air dan botol.

Botol PET ini juga mengandung logam berat antimony dimana akan mencemari air minum jika digunakan berulang kali. Selain itu gangguan kesehatan seperti penyakit paru-paru, jantung bisa terjadi.


Jika terkena suhu panas secara langsung, misalnya terjemur matahari. Maka dapat terjadi perpindahan zat kimia yang ditandai dengan perubahan bau, rasa, dan warna air. Zat kimia ini bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Tips Memilih Botol Minum yang Aman


Sejak tahu bahayanya menggunakan botol plastik air kemasan, sekarang aku lebih selektif memilih botol minum untuk dipakai anggota sendiri di rumah. Berikut beberapa tips yang juga bisa dipraktikkan sendiri.


Hindari botol plastik dengan kode angka 1


Pernah memperhatikan botol air minum kemasan sekali pakai? Nah, biasanya di bagian bawah botolnya tertera angka 1, yang artinya terbuat dari bahan plastik PTE. Alasannya udah aku ceritain ya di atas. Jadi jangan dipakai berulang kali ya.


Pilih botol minum BPA Free

BPA (Bisphenol-A) merupakan racun yang bisa membuat kerusakan pada beberapa organ dan mengganggu hormon tubuh. Nah, racun ini bisa terdapat pada bahan plastik ya. Jadi pastikan botol minum yang dipilih ada label BPA Free-nya.


Botol Berbahan PP aman digunakan

PP (Polypropylene) merupakan bahan plastik yang aman untuk perlengkapan bayi karena tidak bereaksi terhadap bahan kimia. Selain itu juga sangat kuat dan cukup aman digunakan meski pada suhu yang panas.

Ternyata penting sekali ya memperhatikan bahan plastik yang digunakan pada botol minum. Kalau aku sendiri saat ini sedang menggunakan MUGU Water Bottle. Loh, memangnya apa kelebihannya botol minum ini?

Review MUGU Water Bottle

Botol minum MUGU memiliki berbagai jenis dan kapasitas liter yang berbeda. Kali ini aku mau review seri MUGU Square Straw Bottle with Handle 240 ml.


Berbahan Tritan

Tritan merupakan bahan dasar material generasi baru yang digunakan pada produk bayi di Eropa dan Amerika Serikat. Bahan ini BPA Free, Food Grade, bersih, tahan lama, dan ramah lingkungan. Sehingga aman digunakan oleh bayi.


Berbentuk persegi sehingga tidak mudah menggelinding

Mugu Water Bottle yang aku gunakan ini bentuknya unik, square alias persegi. Oleh karena desain botol yang persegi jadi anti-roll. Tidak gampang menggelinding dong kalau jatuh.

Sedotan anti-tersedak

Dilengkapi dengan straw (sedotan) yang memudahkan anak untuk menyedot airnya keluar. Uniknya, MUGU Water Bottle ini sedotannya seperti ada katup dibagian tengahnya. Fungsinya untuk memfilter cairan yang keluar sehingga meminimalisir si kecil tersedak air minum. Selain itu, air tidak akan tumpah meskipun botol minumnya terbuka dan posisinya terbalik.


Keren banget ya sedotannya? Karet sedotannya juga menggunakan silikon food–grade yang tahan terhadap tarikan, oksidasi, dan bebas BPA. Jadi tentunya bakal lebih awet dong.

Pilihan Warna dan Kapasitas yang Bervariasi

Selain bentuk yang unik dan sedotannya yang istimewa, pilihan warnanya juga gemes banget. Warna pastel, soft orange and blue. Desain gambarnya juga lucu, ini nih fotonya biar tidak menerka-nerka seperti apa rupanya.
Ada Cute Orange Octopus dan Charming Blue Bear

dua warna mugu botol minum
Ada dua warna pastel yang beneran gemes!


Selain itu ada dua kapasitas liter yang berbeda, yaitu 320ml dan 240 ml. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan buah hati.

Berhubung anakku masih berusia satu tahun, jadi aku pilihnya yang 240 ml. Sengaja beli dua warna karena kakaknya pasti juga mau punya botol minum samaan dengan adiknya.

Selain beberapa kelebihan di atas, hal lain yang bikin aku juga jatuh cinta dengan MUGU Water Bottle ini adalah:

  1. Rapat dan kedap air, karena memiliki dua karet silikon kedap udara pada tutupnya yang mencegah kebocoran
  2. Aman di temperatur -10 derajat – 100 derajat celcius
  3. Memiliki handle (pegangan) yang mudah digenggam
  4. Bukaan geser yang mudah dibuka tutup dan efektif mencegah masuknya debu dan benda asing
  5. Tutup botol berbahan PP
  6. Tidak berbau
  7. Aman digunakan berulang kali
  8. Mudah dibersihkan

Cara Perawatan MUGU Water Bottle

Cuci botol dengan menggunakan sabun yang aman untuk perlengkapan bayi. Penting untuk menggunakan spon halus, agar tidak menggores botol. Kemudian keringkan di tempat yang tidak lembab. Hindari mensterilkan dalam UV sterilizer. Jauhkan botol dari api dan hindari sinar matahari secara langsung.

Voucher Diskon untuk Membeli MUGU Water Bottle

Wah, ternyata MUGU Water Bottle ini memang worth to buy yah.. buat kamu yang mau beli MUGU Square Straw Bottle bisa pakai kode voucher BLOGAPURA10.


Duh, asik banget dong.. bisa beli botol minum yang aman dan nyaman untuk si kecil dengan harga terjangkau.

Anakku sejak pakai MUGU Water Bottle ini jadi suka minum sendiri. Tangan mungilnya bisa dengan mudah menggeser slide tutupnya. Terus kemana-mana dibawa dong. Ringkas juga karena botolnya ramping, bisa diselipkan di saku tas atau kantong daster ibunya 🤭. Paling penting nih, anti tumpah meskipun botolnya diletakkan miring.

Love banget sama MUGU Water Bottle!

Previous Post Next Post

You may also like

15 Comments

  • Reply nurulrahma

    Gumushhh banget MUGU Water Bottle-nyaaa
    aku pernah meet up dgn Syarifani (bloger Surabaya) waktu itu dia ajak putri kembarnya yg masih balita.

    Bawa botol MUGU juga super gemashhh, dan bocil pd semangat minum air putih yaaa

    Juni 29, 2021 at 7:50 pm
  • Reply nchie hanie

    Waah, ko lucu banget siihh..
    Udah lama ga punya anak kecil, lihat botol minuman ini menggemaskan banget.
    Yang penting, pemilihan botol MUGU ini lebih aman digunakan berkali-kali yaa.

    Juni 30, 2021 at 1:19 am
  • Reply Kartika Nugmalia

    Aisha juga lagi mau aku cobakan untuk pakai tempat minum dengan sedotan kaya gini. Kayanya praktis dan udah bpa free kan. Makasih reviewnya mak.

    Juni 30, 2021 at 6:13 am
  • Reply Krisna HFA

    Keamanan emang Penting banget apalagi buat si Kecil kesayangan 🥳

    Juni 30, 2021 at 11:28 am
  • Reply indah savitri

    asli botolnya lucuuu ya mba dengan bentuk kotak – kotak seperti ini. Yang pentiing anak – anak bisa menikmatinya yaa

    Juni 30, 2021 at 6:22 pm
  • Reply Lusi

    Lucu2 botolnya. Memang lebih baik bawa botol minuman sendiri. Tapi perlu diawasi juga kalau2 ada temannya yg teman. Hari gini, gak boleh share minuman. Nggak cuma karena pandemi tapi juga tbc dll

    Juni 30, 2021 at 7:26 pm
  • Reply lendyagasshi

    Nah iya, ini penting sekali diperhatikan bahwa botol yang sehat dan bahannya aman untuk anak-anak.
    Aku dulu sejak anak usia MPASI sudah mulai membiasakan minum menggunakan sedotan seperti dari MUGU Water Bottle. Dan MUGU Water Bottle ini designya kiyuutt sekaliii… Anak-anak pasti suka karena easy to handle.

    Juli 1, 2021 at 5:29 am
  • Reply thya

    baru dengar produk mugu ini. gemesshh banget model botolnya. anakku juga kemana2 selalu bawa botol minum.. dan keselnya seringkali tumpah gitu. rembes. tutupnya ga bisa bener2 rapet.
    jadi pengen cobain juga nih..

    Juli 1, 2021 at 5:48 am
  • Reply Nia Haryanto

    Wuih, botol minumnya antimainstream. Bagus, cakep, dan cute pula nih motifnya. Kalo dulu udah ada yang begini, aku pasti beli. Anak-anakku cowok, pasti bapaknya kepengen yang begini. Mana aman ya buat bayi. Gak ada kandungan bahan berbahayanya.

    Juli 1, 2021 at 9:00 am
  • Reply Wahyu Eko C

    wihh unik banget botol minumnya, sebagai orang dewasa aku pun ikut tertarik nih dengan modelnya yang anti mainstream.. Bisa juga jadi pilihan gift untuk ponakan ku yg cowok nih.

    Juli 2, 2021 at 3:41 pm
  • Reply Maria Soemitro

    waaaa keren botol minumannya, terlebih aman untuk anak-anak

    bagus nih untuk hadiah. Cari ah, kebetulan mau ngasih hadiah untuk keponakan

    Juli 4, 2021 at 12:40 am
  • Reply antung apriana

    bentuk botolnya lucu banget sih Mugu ini. kira-kira buat orang dewasa ada juga nggak ya botol minumnya?

    Juli 4, 2021 at 2:41 pm
  • Reply Hidayah Sulistyowati

    Aku baru tahu model botol minum MUGU ini. Modelnya juga asik nih ngbaj bakal menggelinding. Ini kualitas nya bagus ya, nggak bakal ada bocor gitu?

    Juli 5, 2021 at 6:34 pm
  • Reply lendyagasshi

    Iyaya…dengan menggunakan Mugu water bottle sebenarnya selain kita juga menghindari sampah plastik, ternyata kandungan dari plastik-plastik botol minuman itu belum tentu aman untuk anak.
    Kini sudah ada MUGU, jadi nyaman. Bisa dibawa kemana-mana dan lebih higienis.

    Juli 6, 2021 at 6:47 pm
  • Reply Nabilla - Bundabiya.com

    sukaa banget ama bentuk botolnya kaak.. gemes banget dan kotak gituu ada pegangannya. anakku kalau liat mungkin bisa kepengin tuh hehe apalagi kalau gambar2nya lucu

    Juli 7, 2021 at 2:07 am
  • Leave a Reply

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.