Bisnis

Ekosistem Digital blu: Menabung Jadi Lebih Mudah

blu adalah aplikasi mobile banking dari BCA Digital (anak perusahaan BCA, bagian dari BCA Group) yang diperuntukkan agar pengguna bisa melakukan transaksi finansial dan non finansial melalui ponsel.

Fitur Ekosistem Digital blu

blu memiliki beberapa fitur layanan yang bisa digunakan dalam transaksi keuangan. Secara khusus fitur yang hanya ada di aplikasi blu ini boleh dibilang Ekosistem digital blu yang terbilang unik dan berbeda dengan tabungan biasa.

  • bluAccount adalah rekening utama yang akan digunakan untuk bertransaksi, seperti menerima transfer masuk, transfer ke sesama rekening blu atau transfer ke bank lain, tarik tunai di ATM, juga bayar dan beli. 
  • bluSaving adalah rekening tabungan yang dapat dinamai sesuai pos kebutuhan. bluSaving bisa tanpa goal seperti tabungan biasa atau dengan goal misalnya untuk beli gadget atau liburan. Bisa juga menggunakan autodebit untuk mempermudah setoran ke bluSaving.
  • bluGether adalah rekening tabungan single account yang dapat dipakai seperti rekening bendahara. Nasabah yang membuat rekening bluGether disebut Creator, sedangkan nasabah blu yang diundang ke dalamnya disebut Member. Creator dapat mengundang maksimal 24 teman sebagai Member, untuk ikut memonitor transaksi dan saldo rekening bluGether. Saat Creator melakukan penarikan dari bluGether, blu akan mengirimkan notifikasi ke seluruh member, jadi lebih transparan. Cocok ini untuk yang suka bikin arisan online.
  • bluDeposit adalah deposito Non-ARO (tidak secara otomatis diperpanjang). Dimana pada saat jatuh tempo, pokok dan bunga akan masuk ke bluAccount. Minimal penyimpanan adalah 10 juta rupiah dengan tenor 12 bulan.

Berikut ini fitur lainnya yang juga ada pada Aplikasi blu by BCA Digital:

  • Transfer uang
  • Tarik tunai tanpa kartu di ATM BCA
  • Beli pulsa dan bayar tagihan pascabayar
  • Pembayaran internet/TV kabel
  • Top up OVO dan GoPay
  • Pembayaran pakai QRIS
  • Cek saldo
  • Cek riwayat transaksi

Baca juga: Tips Aman Belanja Online

Keuntungan Menggunakan Aplikasi blu by BCA Digital

• Bebas Biaya Admin
• Bebas Biaya Tarik Tunai di ATM BCA
• Bebas Biaya Transfer ke BCA
• Bebas Biaya Transfer dari BCA (melalui BCA Mobile dan ATM BCA)
• Bebas Biaya Transfer ke Bank Lain/Top Up GoPay hingga 20 kali perbulan di dua bulan pertama sejak pembukaan rekening. Setelah itu fitur ini tetap bisa dinikmati jika saldo portofolio rata-rata bulan sebelumnya sebesar satu juta rupiah.

Cara Membuka Rekening blu

Boleh dibilang saya hanya butuh waktu paling lama 15 menit untuk membuka rekening di Aplikasi blu by BCA Digital ini. Tergantung kecepatan tangan dan kuatnya sinyal internet.

Dokumen yang dibutuhkan

Sebelum membuka rekening, perlu dipersiapkan dokumen berikut ini:

  1. E-KTP
  2. NPWP (opsional)

Kalau sudah disiapkan dua dokumen di atas, jangan lupa download aplikasi blu di playstore atau appstore yah. Linknya bisa kamu akses di bawah ini:

Link Download Aplikasi blu

Bagi pengguna android, bisa download aplikasinya di google playstore dengan link: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bcadigital.blu

Sedangkan bagi pengguna iOS, bisa search aplikasinya di App store atau melalui link berikut ini: https://apps.apple.com/us/app/blu-by-bca-digital/id1550237185

Oke sudah siap semuanya? Kalau sudah, saatnya buka rekening di blu. Caranya mudah:

  1. Isi nomor E-KTP dengan benar
  2. Foto E-KTP (sesuaikan saja dengan space yang disediakan)
  3. Data kependudukan otomatis terisi sesuai E-KTP
  4. Isi nomor NPWP (jika ada)
  5. Foto juga kartu NPWP sesuai space yang ada
  6. Pilih Ya, Saya Nasabah BCA untuk melengkapi data secara otomatis (alamat, pekerjaan, dll) kalau kamu sebelumnya nasabah BCA dan nomor HP-mu terdaftar di e-banking BCA
  7. Pilih Saya Bukan Nasabah BCA jika kamu tidak memiliki rekening BCA atau nomor HP-mu tidak terdaftar di e-banking BCA
  8. Jika kamu memilih pilihan di nomor 7, maka kamu harus isi beberapa data secara manual.
  9. Cek kembali jika ada yang perlu diperbaiki, lalu konfirmasi jika data sudah benar
  10. Lakukan video call untuk verifikasi data dan mengaktifkan rekening blu. Pastikan koneksi internet kamu aman.
  11. Tunggu 1×24 Jam rekening blu kamu siap digunakan.

Review Aplikasi blu

Berdasarkan pengalaman pribadi saat mengunduh dan mengaktifkan rekening di aplikasi yang punya ekosistem digital blu ini, aku merasa segala sesuatunya mudah dilakukan.

Mudah dan Cepat

Calon nasabah tidak perlu repot pergi ke bank dan antre berjam-jam hanya untuk membuka tabungan baru. Apalagi di masa pandemi saat ini. Nasabah dan calon nasabah bank dibatasi untuk masuk ke gedungnya.

Pengalaman waktu ke BCA pada hari Senin dan saat pandemi, waktu 30 menit tidak cukup untuk setoran tunai. Padahal di kehidupan normal sebelumnya 5 menit selesai. Untungnya BCA punya ATM setor tunai yang memudahkan nasabahnya untuk menabung tanpa perlu mengantre lama.

Kalau kamu punya bluAccount bisa lebih cepat lagi nih buka tabungan. Sebab satu akun bisa digunakan untuk membuka banyak tabungan dengan tujuan yang berbeda.

Membuat Target Tabungan Lebih Terencana di bluSaving

Setelah memiliki bluAccount, hal pertama yang saya pikirkan adalah target memiliki tabungan untuk membeli laptop baru. Sebelumnya saya menyimpan uangnya di e-wallet. Tentu saja godaan belanjanya lebih besar.

Sedangkan di bluSaving ini, saya bisa menargetkan jumlah saldo yang ingin dicapai dan kapan kira-kira saya akan merealisasikan untuk membeli laptop baru ini.

Baca juga: Laptop Baru untuk Mendukung Pendidikan 4.0 Indonesia

Berikut contoh perkiraannya ya:

Saya ingin membeli laptop seharga Rp 20 Juta dalam kurun waktu 1 tahun. Artinya saya harus menabung setidaknya Rp 1,6 juta per bulan. Lalu saya bisa mengaktifkan juga fitur autodebet dan bisa diatur juga apakah mau dilakukan setiap hari, tiap minggu, atau sebulan sekali. Wah, sangat memudahkan untuk pengguna seperti saya yang hobinya belanja online ini. Kalau progress-nya terlihat, tentu menabungnya akan lebih semangat.

Kesan pertama bagi saya, aplikasi blu sangat cocok digunakan untuk semua yang menyukai kehidupan praktis dan instan dalam hal mengelola keuangan.

Cara top up bluAcclount

Setelah membuat pos tabungan, saatnya mengisi saldo. Sebab rencana tanpa action itu adalah 0 (nol) besar. Berikut ini cara top up saldo di bluAccount:

  1. Transfer bisa dilakukan melalui ATM, Internet Banking, dan Mobile Banking
  2. Kemudian pilih Transfer Antar Bank
  3. Pilih Bank Digital BCA (Kode 501)
  4. Masukkan nomor rekening bluAccount
  5. Masukkan nominal saldo yang diinginkan
  6. Lanjutkan proses hingga selesai.

Yup, caranya persis sama dengan transfer uang seperti biasa.

Bedanya, karena ekosistem digital blu yang canggih ini, pengguna bisa lebih leluasa memantau dan mengelola aset keuangan yang dimiliki hanya melalui satu aplikasi dan layar handphone saja.

Ditambah lagi blu yang merupakan produk dari BCA Digital, Perusahaan BCA Group tentu akan terus melakukan berbagai inovasi yang memberikan layanan terbaik bagi pengguna.

Saya sebagai nasabah BCA puluhan tahun tentu saja memahami betul pengalaman paling baik selama menjadi nasabah bank adalah di BCA. Maka tidak ada keraguan untuk tetap menggunakan aplikasi blu agar lebih memudahkan saya mengelola keuangan.

Previous Post

You may also like

Leave a comment

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.