Ekosistem Digital blu: Menabung Jadi Lebih Mudah

blu adalah aplikasi mobile banking dari BCA Digital yang diperuntukkan agar pengguna bisa melakukan transaksi finansial dan non finansial melalui ponsel.

Ekosistem Digital blu
Mengenal Ekosistem Digital blu

Beda BCA dan BCA Digital

Sebagai informasi, blu yang merupakan aplikasi mobile banking BCA berbeda dengan rekening BCA konvensional. BCA Digital adalah anak perusahaan BCA, bagian dari BCA Group. Tidak memiliki kantor offline. Semua jenis transaksi dilakukan via handphone. Namun, pengguna BCA Digital tetap dapat bertransaksi di seluruh ATM BCA tanpa kartu ATM.

Fitur Ekosistem Digital blu

blu memiliki beberapa fitur layanan yang bisa digunakan dalam transaksi keuangan. Secara khusus fitur yang hanya ada di aplikasi blu ini boleh dibilang Ekosistem digital blu yang terbilang unik dan berbeda dengan tabungan biasa.

  • bluAccount adalah rekening utama yang akan digunakan untuk bertransaksi, seperti menerima transfer masuk, transfer ke sesama rekening blu atau transfer ke bank lain, tarik tunai di ATM, juga bayar dan beli. 
  • bluSaving adalah rekening tabungan yang dapat dinamai sesuai pos kebutuhan. bluSaving bisa tanpa goal seperti tabungan biasa atau dengan goal misalnya untuk beli gadget atau liburan. Bisa juga menggunakan autodebit untuk mempermudah setoran ke bluSaving.
  • bluGether adalah rekening tabungan single account yang dapat dipakai seperti rekening bendahara. Nasabah yang membuat rekening bluGether disebut Creator, sedangkan nasabah blu yang diundang ke dalamnya disebut Member. Creator dapat mengundang maksimal 24 teman sebagai Member, untuk ikut memonitor transaksi dan saldo rekening bluGether. Saat Creator melakukan penarikan dari bluGether, blu akan mengirimkan notifikasi ke seluruh member, jadi lebih transparan. Cocok ini untuk yang suka bikin arisan online.
  • bluDeposit adalah deposito Non-ARO (tidak secara otomatis diperpanjang). Dimana pada saat jatuh tempo, pokok dan bunga akan masuk ke bluAccount. Minimal penyimpanan adalah 10 juta rupiah dengan tenor 12 bulan.

Berikut ini fitur lainnya yang juga ada pada Aplikasi blu by BCA Digital:

  • Transfer uang
  • Tarik tunai tanpa kartu di ATM BCA
  • Beli pulsa dan bayar tagihan pascabayar
  • Pembayaran internet/TV kabel
  • Top up OVO dan GoPay
  • Pembayaran pakai QRIS
  • Cek saldo
  • Cek riwayat transaksi

Baca juga: Tips Aman Belanja Online

Keuntungan Menggunakan Aplikasi blu by BCA Digital

• Bebas Biaya Admin
• Bebas Biaya Tarik Tunai di ATM BCA
• Bebas Biaya Transfer ke BCA
• Bebas Biaya Transfer dari BCA (melalui BCA Mobile dan ATM BCA)
• Bebas Biaya Transfer ke Bank Lain/Top Up GoPay hingga 20 kali perbulan di dua bulan pertama sejak pembukaan rekening. Setelah itu fitur ini tetap bisa dinikmati jika saldo portofolio rata-rata bulan sebelumnya sebesar satu juta rupiah.

Apikasi blu by BCA Digital
Apikasi blu by BCA Digital

Cara Membuka Rekening blu dan Review Jujur Aplikasi blu

Boleh dibilang saya hanya butuh waktu paling lama 15 menit untuk membuka rekening di Aplikasi blu by BCA Digital ini. Tergantung kecepatan tangan dan kuatnya sinyal internet.

Data dan dokumen yang diperlukan tidak banyak. Pembukaan rekening juga dilakukan secara online.

Dokumen yang dibutuhkan

Sebelum membuka rekening, perlu dipersiapkan dokumen berikut ini:

  1. E-KTP
  2. NPWP (opsional)

Kalau sudah disiapkan dua dokumen di atas, jangan lupa download aplikasi blu di playstore atau appstore yah. Linknya bisa kamu akses di bawah ini:

Link Download Aplikasi blu

Bagi pengguna android, bisa download aplikasinya di google playstore dengan link: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bcadigital.blu

Sedangkan bagi pengguna iOS, bisa search aplikasinya di App store atau melalui link berikut ini: https://apps.apple.com/us/app/blu-by-bca-digital/id1550237185

Oke sudah siap semuanya? Kalau sudah, saatnya buka rekening di blu. Caranya mudah:

  1. Isi nomor E-KTP dengan benar
  2. Foto E-KTP (sesuaikan saja dengan space yang disediakan)
  3. Data kependudukan otomatis terisi sesuai E-KTP
  4. Isi nomor NPWP (jika ada)
  5. Foto juga kartu NPWP sesuai space yang ada
  6. Pilih Ya, Saya Nasabah BCA untuk melengkapi data secara otomatis (alamat, pekerjaan, dll) kalau kamu sebelumnya nasabah BCA dan nomor HP-mu terdaftar di e-banking BCA
  7. Pilih Saya Bukan Nasabah BCA jika kamu tidak memiliki rekening BCA atau nomor HP-mu tidak terdaftar di e-banking BCA
  8. Jika kamu memilih pilihan di nomor 7, maka kamu harus isi beberapa data secara manual.
  9. Cek kembali jika ada yang perlu diperbaiki, lalu konfirmasi jika data sudah benar
  10. Lakukan video call untuk verifikasi data dan mengaktifkan rekening blu. Pastikan koneksi internet kamu aman.
  11. Tunggu 1×24 Jam rekening blu kamu siap digunakan.

Review Aplikasi blu

Berdasarkan pengalaman pribadi saat mengunduh dan mengaktifkan rekening di aplikasi yang punya ekosistem digital blu ini, saya merasakan segala sesuatunya mudah dilakukan.

Review Aplikasi blu
Review Jujur Aplikasi blu

Fitur navigasinya sederhana dan mudah dipahami. Setelah rekening aktif, pengguna bisa langsung mengatur keuangannya. Apakah ingin membuat pos-pos tabungan, deposito, atau menabung bersama untuk kegiatan sosial misalnya.

Mudah dan Cepat

Calon nasabah tidak perlu repot pergi ke bank dan antre berjam-jam hanya untuk membuka tabungan baru. Apalagi di masa pandemi saat ini. Nasabah dan calon nasabah bank dibatasi untuk masuk ke gedungnya.

Pengalaman waktu ke BCA pada hari Senin dan saat pandemi, waktu 30 menit tidak cukup untuk setoran tunai. Padahal di kehidupan normal sebelumnya 5 menit selesai. Untungnya BCA punya ATM setor tunai yang memudahkan nasabahnya untuk menabung tanpa perlu mengantre lama.

Kalau kamu punya bluAccount bisa lebih cepat lagi nih buka tabungan. Sebab satu akun bisa digunakan untuk membuka banyak tabungan dengan tujuan yang berbeda. Duh ini nih salah satu alasan mengapa saya tertarik menggunakan blu.

Membuat Target Tabungan Lebih Terencana di bluSaving

Setelah memiliki bluAccount, hal pertama yang saya pikirkan adalah target memiliki tabungan untuk membeli laptop baru. Sebelumnya saya menyimpan uangnya di e-wallet. Tentu saja godaan belanjanya lebih besar.

Sedangkan di bluSaving ini, saya bisa menargetkan jumlah saldo yang ingin dicapai dan kapan kira-kira saya akan merealisasikan untuk membeli laptop baru ini.

Baca juga: Laptop Baru untuk Mendukung Pendidikan 4.0 Indonesia

Berikut contoh perkiraannya ya:

Review Jujur Aplikasi blu
Review Aplikasi blu

Saya ingin membeli laptop seharga Rp 20 Juta dalam kurun waktu 1 tahun. Artinya saya harus menabung setidaknya Rp 1,6 juta per bulan. Lalu saya bisa mengaktifkan juga fitur autodebet dan bisa diatur juga apakah mau dilakukan setiap hari, tiap minggu, atau sebulan sekali. Wah, sangat memudahkan untuk pengguna seperti saya yang hobinya belanja online ini. Kalau progress-nya terlihat, tentu menabungnya akan lebih semangat.

Kalau bisa dibilang, ini tuh Review Jujur Aplikasi blu dari saya.

Kesan pertama bagi saya, aplikasi blu sangat cocok digunakan untuk semua yang menyukai kehidupan praktis dan instan dalam hal mengelola keuangan. Pas untuk generasi milenial.

Sambil Kerja di rumah, bisa atur-atur cashflow tanpa perlu khawatir bertemu banyak orang. Dana darurat, tabungan pendidikan, tabungan pensiun, jajan gadget, deposito, dan arisan online aman terkendali. Cukup tap tap saja di layar handphone.

Cara top up bluAcclount

Setelah membuat pos tabungan, saatnya mengisi saldo. Sebab rencana tanpa action itu adalah 0 (nol) besar. Berikut ini cara top up saldo di bluAccount:

  1. Transfer bisa dilakukan melalui ATM, Internet Banking, dan Mobile Banking
  2. Kemudian pilih Transfer Antar Bank
  3. Pilih Bank Digital BCA (Kode 501)
  4. Masukkan nomor rekening bluAccount
  5. Masukkan nominal saldo yang diinginkan
  6. Lanjutkan proses hingga selesai.

Yup, caranya persis sama dengan transfer uang seperti biasa.

Bedanya, karena ekosistem digital blu yang canggih ini, pengguna bisa lebih leluasa memantau dan mengelola aset keuangan yang dimiliki hanya melalui satu aplikasi dan layar handphone saja.

Ditambah lagi blu yang merupakan produk dari BCA Digital, Perusahaan BCA Group tentu akan terus melakukan berbagai inovasi yang memberikan layanan terbaik bagi pengguna.

Saya sebagai nasabah BCA puluhan tahun tentu saja memahami betul pengalaman paling baik selama menjadi nasabah bank adalah di BCA. Maka tidak ada keraguan untuk tetap menggunakan aplikasi blu agar lebih memudahkan saya mengelola keuangan.

Review Aplikasi blu
Tampilan Aplikasi blu

Press Release Launching blu

Hari Kamis, 22 Juli 2021 yang lalu saya mengikuti zoom meeting peluncuran aplikasi blu ini. Pada konferensi pers tersebut, dijelaskan bahwa ekosistem digital blu telah menjalin exclusive partnership dengan blibli. Dimana para pengguna marketplace blibli bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan aplikasi blu cukup dengan menginpun PIN saja. Selain memudahkan untuk belanja online, para pelanggan bisa mendapatkan potongan harga khusus.

Selain itu, nantinya ekosistem digital blu juga akan bekerjasama dengan banyak merchant, mesin, ataupun partner lainnya sesuai dengan kebutuhan pasar.

#blubuatbaik

Hal yang juga bikin saya makin mantap memilih menggunakan aplikasi blu adalah adanya program #blubuatbaik. Sebuah program yang dilakukan untuk saling peduli terhadap sesama ataupun lingkungan.

Setiap satu akun blu yang dibuka di tahun 2021, #blubuatbaik akan menyisihkan Rp 1000 untuk membantu pengelolaan sampah ataupun memberi bantuan melalui KitaBisa.

Nah, tunggu apa lagi? Kalau kamu generasi milenial ataupun yang berjiwa muda dan menyukai transaksi dan pengelolaan keuangan yang cepat dan praktis, harus banget menggunakan aplikasi blu. Platform perbankan yang cocok untuk next generation seperti kamu!

47 thoughts on “Ekosistem Digital blu: Menabung Jadi Lebih Mudah”

  1. Awalnya saya penasaran dengan blu ini. Banyak baca tulisan teman wawasan saya makin nambah. Saya juga unduh aplikasi blu by BCA Digital ini dong. Pengen seperti teman-teman bisa nabung sesuai target untuk kebutuhan dan cita-cita pribadi.
    Aplikasi blu by BCA Digital beneran menjawab semua kebutuhan para digital savvy ya

    Reply
  2. Sudah mudah menyenangkan pula menabung di blu by BCA ini, btwe kemarin aku juga ikut nih acara virtual launchingnya dan baru tau kalau blu itu diambil dari nama 3 karakter depan yaitu benni, lea dan utta.

    Reply
  3. Sudah punya blu juga nih, transaksi kadi makin mudah, dan membantu aku untuk fokus nabung, karena bisa buka lebih dari satu rekening. Apalagi bisa gratis transfer dan tarik tunai. Mau konsisten nabung, kemudian lanjut untuk deposito.

    Reply
  4. Karena banyak artikel seliweran tentang review jujur aplikasi blu ini, aku pun ikutan download di playstore. Dan benar saja ada fitur bluSaving yang ngebantu aku untuk lebih mudah menabung.

    Reply
  5. Walau baru launching, aplikasi blu ini keren banget ya, Mba. Bisa nabung sesuai kebutuhan bahkan bisa aktifkan autodebet. The best deh BCA Digital.

    Reply
  6. Saya juga sudah aktivasi blu ini, jujurrr karena blusavingsnya ini jadi tertarik bener-bener buat serius nabung dan tertarget. Jadi dari satu aplikasi aja udah mudah nih bisa narget, nabung sampai transaksi. Kece banget!

    Reply
  7. Yeeyy alhamdulillah ga ribet ya kak. Aku jg udah buka nih akun di blu. Udah mulai nabung juga di blusaving. Membantu bangett. Dan yang paling bikin haru program blubuatbaik ituu loh. MasyaAllaah makin cinta sama si bungsu iniii <3

    Reply
  8. pastinya aplikasi ini sangat bermanfaat buat bertransaksi, buat saya yang super busy dan mobile kerjaannya, jaid kalau mau bertransaksi tinggal klik-klik saja

    Reply
  9. Wah, keren banget ya fitur bluSaving-nya bisa buat beberapa pos tabungan sesuai goal-nya masing-masing. Kalau gini gak bakalan lagi silap pakai uang buat belanja di e-commerce. Hihihi

    Reply
  10. Aplikasi Blu by BCA fitur2nya cukup menarik ya, banyak macam pos untuk tabungan. Yg bikin wow tdk ada bea administrasi bulanan. Jadi pengen buka rekening nih…

    Reply
  11. Aplikasi blu ini semakin memudahkan bagi pengguna yang suka kepraktisan buat nabung atau invest, bisa buat sampe 10 jenis simpanan dan bisa nabung deposito, keren banget ya

    Reply
  12. Aku baru ngeh sama blugether ini salah satu fitur dan benar benar mmebantu para bandar arisan. Sistem nya juga sangat sangat transparan

    Reply
  13. Terobosan baru dari BCA Group emang ngga perlu diragukan lagi yaaa.. kece banget nih blu by BCA Digital, super mudah pula bikin tabungan di blu yaaaa

    Reply
  14. Tertarik bange aku daftar aplikasi blu apalagi ada fitur savingnya juga nih jadi ga perlu punya banyak rekening untuk mengatur pos-pos pengeluaran atau tabungan. BUka rekeningnya juga gambang banget ya lewat smarphone aja juga bisa

    Reply
  15. Udah banyak banget yang ngereview blu. Jadi tertarik juga nih, apalagi ada fitur menabung dengan rekening lebih dari satu. Lebih mudah bikin pos tabungan nih. Biar nggak kepake uangnya…

    Reply
  16. Sebagai fans setia Bank BCA, gak boleh dong ketinggalan sama aplikasi terbaru ini.

    Mana kerrn banget bisa tarik tunai tanpa ATM, buka rekeningnya juga full online. Wagelaseh banget omaigat

    Reply
  17. Enak banget memang aplikasi blu ini, Kak. Aku udah instal dan coba bikin pos di bluSaving untuk sekian target. Unik juga kita dihitungkan berapa setoran per bulan atau per minggunya biar kita tertib. Juga mupeng sama bluDeposit buat cadangan dana biar aman ga kepake jajan atau pemborosan. Udah gitu banyak promos kalau belanja di Blibli pakai blu. Asyikd deh!

    Reply
  18. Alhamdulillah zaman now segalanya dipermudah ya, Mbak. menabung digital tinggal selonjoran lewat samrtphone saja. Apalagi Blu ini anak perusahaan BCA. Bisa pakai ATM BCA tanpa harus pakai kartu. Buka rekeningnya juga mudah.

    Reply
  19. Nah, ini. saya juga pasang target biaya pendidikan anak untuk tahun 2023. Emang masih 2 tahun sih, tapi kalau gak direncanain gak bakalan sampai. sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit karena biaya sekolah bukannya makin murah tapi makin ngeri, kan? Eh, maksudnya makin tinggi.

    Reply
  20. Blu by BCA digital nih inovasi dari BCA ya? Baca review nya kyknya praktis dan fiturnya menarik terutama yg blusaving. JD pngen buka rekening nih…

    Reply
  21. Wah asyik banget ga kena biaya transfer ke gopay atau ovo ya. Keren nih inovasi dari BCA. Dengan adanya BluSaving jadi mempermudah kita yang sedang pandemik gini ya

    Reply
  22. Lebih mudah karena bisa punya beberapa jenis simpanan dalam satu rekening ya kak. Jadi langsung lihat tuh progres abgka tiap tabungan. Nggak ribet pakai beberapa rekening bank kalau targetnya banyak.

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.