Parenting [ANDARA]

Yuk Sikat Gigi Sekarang! Senyum Sehat untuk Hidup Lebih Sehat

Tentu sudah sering mendengar, “Senyum adalah ibadah/sedekah yang paling mudah”

Tapi bagaimana mau senyum kalau gigi sakit?

Pepsodent menggelar aksi “Yuk, #SikatGigiSekarang!” di Hari Kesehatan Gigi dan Mulut 2021 untuk mengajak masyarakat Indonesia menyadari urgensi merawat kesehatan gigi dan mulut.

Konferensi Pers Pepsodent: Yuk Sikat Gigi Sekarang!

Pada hari Jumat, 19 Maret 2021 yang lalu, saya mendapat kesempatan mengikuti konferensi pers virtual dari Pepsodent. Acaranya diawali dengan registrasi terlebih dahulu di ruang Zoom. Tidak lama setelah itu acara dibuka oleh MC dan dilanjutkan sambutan Unilever Indonesia, Ibu Ira Noviarti selaku Presiden Direktur Unilever Indonesia.

Beliau menyampaikan tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan aksi sederhana. Yakni, sikat gigi dua kali sehari.

Setelah itu Presiden FDI World Dental Federation, Dr. Gerhard Seebergers juga menyampaikan beberapa kata. Beliau mengingatkan di masa pandemi ini untuk saling peduli dengan orang terdekat di sekeliling kita. Hal ini bisa dimulai dari diri sendiri, dengan cara menjaga kebersihan, salah satunya kesehatan mulut dan gigi kita.

Selanjutnya drg. Oscar Primadi, MPH – Sekretaris Jenderal Kementrian Kesehatan RI juga ikut membuka acara ini dengan menyampaikan sambutan. Intinya hampir sama. Bahwa menjaga kesehatan tubuh itu sangat penting, terlebih ketika pandemi. Jika selama ini hanya fokus pada memakai masker dan mencuci tangan, maka saat ini juga harus memperhatikan kesehatan gigi dan mulut. Sebab penyakit lain bisa muncul dari gigi dan mulut yang tidak bermasalah.

Oleh karena itu di prosesi peresmian Peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut 2021 ini Pepsodent menyerukan aksi Yuk Sikat Gigi Sekarang! Agar kesehatan gigi dan mulut terjaga. Sehingga Senyum Sehat untuk HIdup Lebih Sehat bisa terwujud.

Pada konferensi pers virtual ini juga diadakan sesi talkshow dan tanya jawab. Sesi talkshow dihadiri oleh:

  • drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent, MDSc. _ Head of Sustainable LIving Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation
  • Dr. drg. R. M. Sri Hananto Seno, Sp.BM (K). MM – Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI)
  • Duma Riris – celebrity mom dan ibu dua anak.

Sesi talkshownya sangat menarik. Ada banyak hal yang dibahas terkait fakta di masyarakat mengenai kesehatan gigi dan mulut.

Berdasarkan hasil survei didapatkan data bahwa 70% masyarakat memberi perhatian lebih ekstra dalam menjaga kesehatan fisik dan mental dibandingkan merawat gigi dan mulut. Artinya lebih banyak yang ingat untuk mencuci tangan daripada menyikat gigi. Lebih sering menggunakan handsanitizer dibandingkan menggunakan mouthwash.

5 Masalah Gigi dan Mulut

Hal ini menyebabkan 73% orang mengalami masalah pada gigi dan mulut selama pandemi. Adapun 5 masalah yang sering muncul adalah sebagai berikut:

  • Mulut kering (36%)
  • Bau mulut (34%)
  • Gusi dan gigi berdarah saat menyikat gigi/flossing (34%)
  • Nyeri pada gigi, gusi atau mulut (31%)
  • Kemunculan karies baru (27%)

Penyebab masalah ini muncul kebanyakan karena alasan MALAS. Bahkan sebanyak 30% orang dewasa mengaku pernah sama sekali tidak menyikat giginya dalam kurun waktu 24 jam.

Peran Orangtua untuk Mengikuti Ajakan Yuk, Sikat Gigi Sekarang!

Dibandingkan 2018, secara global terjadi penurunan kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari pada orangtua dan anak. Penurunan paling banyak terjadi pada usia anak-anak.

Padahal jika orangtua malas untuk menyikat giginya, maka kecenderungan anak akan tujuh kali besar kemungkinan tidak menyikat gigi mereka.

Artinya orangtua perlu menjadi teladan bagi anak-anak untuk menerapkan kebiasaan sikat gigi dua kali sehari. Baik setelah sarapan ataupun sebelum tidur.

Caranya bisa dengan mengajak anak menyikat gigi bersama-sama. Seperti apa yang dilakukan oleh Kak Duma Riris (celebrity mom).

Cegah Penyakit Gigi dan Mulut dengan Menyikat Gigi Dua Kali Sehari


Apalagi ketika masa pandemi, banyak orang menghindari untuk memeriksakan giginya ke dokter gigi.

Kebanyakan masyarakat merasa takut untuk ke dokter gigi. Akibatnya timbul lah keluhan sakit gigi.

Sakit gigi bisa makin parah dan memicu penyakit lainnya jika tidak segera diatasi. Terlebih di masa pandemi, jika penderita sakit gigi juga terkena virus Covid-19 maka kondisi tubuh akan semakin memburuk.

Oleh karena itu Unilever melalui Pepsodent mengajak kita untuk mengikuti gerakan Yuk Sikat Gigi Sekarang. Selain untuk mencegah penyakit lainnya, juga agar masyarakat terbebas dari karies. Sebagaimana target dari Pepsodent: 2023 Indonesia Bebas Karies.

Jadi cara paling sederhana untuk merawat kesehatan gigi dan mulut adalah dengan menyikat gigi dua kali sehari. Setelah sarapan dan sebelum tidur. Serta menggunakan mouthwash agar mulut lebih sehat dan segar.

Selain itu, orangtua juga harus menyiapkan kesehatan gigi dan mulut anak sejak masih berada di dalam kandungan. Tidak ada salahnya berkonsultasi pada dokter gigi tentang bagaimana perawatan gigi anak nantinya ketika sudah lahir. Sehingga, ketika anak sudah tumbuh gigi, orangtua sudah tahu langkah yang tepat untuk merawat gigi si kecil. Serta membiasakan anak untuk menyikat giginya dua kali sehari sesuai anjuran.

Yuk, sikat gigi sekarang! Agar senyum sehat untuk hidup lebih sehat bersama Pepsodent!

Previous Post Next Post

You may also like

22 Comments

  • Reply winda - dajourneys.com

    sejak pandemi saya belum bawa naak buat kontrol ke dokter gigi mba, alhasil makin strict aku sama kesehatan giginya, makin jarang makan yang manis2 dan selalu mengingatkan untuk sikat gigi setelah makan

    April 1, 2021 at 4:08 pm
  • Reply Nurul Rahma

    Children see, children do.
    Ini termasuk kebiasaan menyikat gigi, ya.
    Teladan baiklah yang akan dilihat oleh anak-anak.
    Kalau mau anak punya kebiasaan baik dalam menyikat gigi, tentu orangtua harus memberikan contohnya dulu.

    April 1, 2021 at 7:33 pm
  • Reply indah nuria

    sikat gigi tuh sebenernya kan gampaang ya mba tapi ya ampuun malesnya itu lhoo yang sukabikin repot hehehe. Yang penting disiplin untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi kita

    April 1, 2021 at 7:55 pm
  • Reply Farida Pane

    Aku udah berasa ga nyaman sih kalau sampai lupa sikat gigi. Biasanya lebih karena ga sempat karena lagi punya baby newborn hihihi..

    April 2, 2021 at 6:30 am
  • Reply Rach Alida

    Memang wajib banget sih sikat gigi sehari dua kali ya mba . Gigi sehat juga mempengaruhi kesehatan gigi secara keseluruhan ya mba

    April 2, 2021 at 9:26 am
  • Reply Sovi Nur Wakhidah

    Aku malah sikat gigi sehari tiga kali. Kebanyakan dong, ya? Wkwk. Katanya kalau terlalu sering sikat gigi nggak baik juga ya, Mbak?

    April 2, 2021 at 5:54 pm
  • Reply thya

    keren acaranya mba.. menumbuhkan kesadaran betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi. Kalo gak dirawat lama2 timbul plak, gigi berlubang. aduhhh, sakitnya gak nahan kalo udh berlubang..

    April 2, 2021 at 7:36 pm
  • Reply Bibi Titi Teliti

    Memang anak-anak harus dibiasakan untuk sikat gigi 2 kali sehari yah mbaak supaya terbawa kebiasaannya sampai besar nanti

    kalo udah sakit gigi, bisa ribet urusannya. Lebih baik dirawat dari sekarang yaah

    April 2, 2021 at 8:54 pm
  • Reply Nchie Hanie

    Udah auto kalo soal sikat gigi 2x sehari, cuma kadang jam nyemil malam pas tidur malem kadang bolak balik makan, hahhaaa. Lupa deh sikat lagii ..

    April 2, 2021 at 9:29 pm
  • Reply Keke Naima

    Dari dulu saya gak mau remehin urusan kesehatan gigi. Kalau udha sakit rasanya gak nyaman banget. Ke dokter gigi juga suka takut. Biar gak masalah tentunya harus rajin sikat gigi

    April 2, 2021 at 10:00 pm
  • Reply Reyne Raea / Rey

    Saya pernah sakit gigi yang parah, sampai nonjok dinding saking sakitnya.

    Akhirnya, setelah punya anak, bahkan belum tumbuh gigi, saya udah ribut aja masalah kesehatan mulut dan gigi.

    Alhamdulillah anak-anak jadi rajin sikat gigi setidajnya ga nolak diajak sikat gigi, dan off course pakai Pepsodent 🙂

    April 2, 2021 at 11:10 pm
  • Reply Nia Haryanto

    Ini nih yang penting di masa pandemi ini, jaga kesehatan gigi dan mulut. Soalnya banyak orang yang parno ke dokter gigi. Huhu aku banget. Di awal pandemi kami sekeluarga punya masalah ini. Dan cuma berbekal info dari internet aja. Alhamdulillah sembuh. Jadinya sekarang, dimaksimalkan rajin sikat gigi pake Pepsodent. Gak lagi2 deh lupa dan skip sikat gigi.

    April 3, 2021 at 9:11 am
  • Reply Nyi Penengah

    selain pake sendiri di rumah juga jualan pepsodent aku kak ada toko kelontong
    udah jadi sahabat masyarakat banget ya. hepinya jadi semangat senyum

    April 3, 2021 at 9:53 am
  • Reply Emanuella Christianti

    Setujuuuu!!! penting banget ini menumbuhkan kesadaran untuk menjaga kebersihan gigi. Pas pandemi gini kalau sampai sakit gigi, repoooot…..

    April 3, 2021 at 9:54 am
  • Reply Jiah

    Meski pakai masker, sikat gigi memang wajib ya. Kan kita bauin mulut sendiri. Kalau gak enak, kita juga yang gak nyaman. PR-nya ngajarin Bocah nih karena masih malas

    April 3, 2021 at 10:06 am
  • Reply Desri Desri

    selalu pakai produknya Pepsodent dari kecil sampai sekarang anak ku juga pakai Pepsodent jadinya karena kualitas produknya sudah terpercaya.

    April 3, 2021 at 10:41 am
  • Reply EkaRahmawatizone

    Meski mudah tapi kegiatan sikat gigi kadang bikin anak2 malas dan lupa kalo gak diingatkan orang tua ya. Makanya orang tua juga perlu mencontohkan biar anak rutin sikat gigi ya

    April 3, 2021 at 10:46 am
  • Reply Bundabiya.com

    aku juga pakai pepsodent, mbaa.. syukurlah cukup menjaga kesehatan gigiku selama pandemi. karena aku belum berani ke dokter gigi lagi saat pandemi, nunggu aku udah dapat vaksin dulu deh hehe

    April 3, 2021 at 11:28 am
  • Reply Rani Yulianty

    Seneng deh sekarang pepsodent makin banyak variannya, ada varian herbal juga, mendisiplinkan anak-anak untuk sikat gigi 2X sehari memang butuh effort nih, mereka suka ngeyel dan alasannya lupa

    April 3, 2021 at 11:38 am
  • Reply Zahra Rabbiradlia

    Setujuu… Menanamkan kesadaran untuk menjaga kesehatan gigi mulut itu yg penting. Bagus event edukasi spt ini ya

    April 3, 2021 at 1:49 pm
  • Reply Sri Widiyastuti

    Ternyata gak boleh menyepelekan gigi ya, kalau gigi sakit bisa berpengaruh juga kepada organ tubuh lainnya ya. jadi skrg harus rutin sikat gigi untuk hidup lebih sehat

    April 7, 2021 at 10:34 pm
  • Reply Monica Anggen

    Pepsodent ini brand yang usianya luama banget rasanya. Soalnya seingatku, dari aku kecil, sudah ada Pepsodent di rumah dan mama tipenya jarang suka ganti-ganti produk. Dan sekarang Pepsodent masih ada, luar biasa sekali, kan? Masa pandemi begini juga penting rajin sikat gigi karena virus masuk dari saluran pernapasan dan mulut. Sikat gigi membantu banget untuk cegah penularan virus dan penyakit memang

    Mei 12, 2021 at 2:47 am
  • Leave a Reply

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.