Review True Beauty: Lim Ju Kyung yang Menginspirasi

Review True Beauty – Awalnya aku tahu True Beauty ini dari aplikasi komik yang suka aku baca semasa liburan dan saat hamil anak keduaku. Asik lah santuy baca komik di ponsel mengisi waktu luang sambil nunggu sore. Tapi begitu melahirkan, bubar semua dah itu namanya me time.

Mana sempat baca komik online? Terus nungguin tiap minggu itu rasanya lamaaa banget. Belum lagi pasca lahiran udah sibuk lagi dengan urusan kerjaan. Aku sampai lupa rasanya menjadi diri sendiri. Lalu, baca blog salah satu teman yang cerita kalau ternyata True Beauty ini di-film kan. Jadilah aku nekat nonton akhirnya.

Pemeran utama perempuan di drama Korea, True Beauty ini sedikit banyak mengingatkan diri sendiri semasa masih suka galau. Hahaha…

review drakor true beauty
Ju Kyung sempat mau mengakhiri hidupnya

Sepertinya memang semua anak perempuan di masa pubertas itu punya masalah percaya diri yah. Ada yang krisis percaya diri, banyak juga yang over percaya diri (narsis).

Terus kenapa aku bilang Lim Ju Kyung ini mirip sama aku zaman sekolah dulu? Yah gimana yah 🀣 Zaman SD aku tuh orangnya penakut banget, kayak minder dan gak percaya diri. Padahal kalau muka sih mulus, ga jelek-jelek amat. Cuma gak berani aja mau mengungkapkan sesuatu. Super pendiam dan sempat dibilang kesambet sama teman-teman. Orangtua aku juga bolak-balik dipanggil guru ke sekolah karena masalah aku ini.

Beda ya ama Lim Ju Kyung yang walaupun dia dirundung sama teman-temannya karena jelek: muka merah dan penuh jerawat. Tapi dia bisa cari jalan keluar dari masalahnya itu. Sedangkan aku biasanya kabur dari masalah.

Sosok Lim Ju Kyung yang Menginspirasi

Fokus pada solusi

Selain karena Lim Ju Kyung ini pandai memecahkan masalah dan pintar mencari solusi. Hal lain yang bisa aku lihat dari karakternya adalah dia tahu apa yang dia inginkan.

review drakor true beauty, Ju Kyung

Pada cerita di drakor True Beauty, Lim Ju Kyung yang di-bully karena wajahnya ini tidak takut untuk mencoba belajar make up. Menurut aku dia karakter yang sudah mengenal dirinya, merdeka dan tahu dengan apa yang dia lakukan.

Aku sih kagum karena di usia sekolah dia sudah bisa berpikir dewasa untuk mengatasi masalahnya. Alih-alih membalas dendam pada orang yang menyakitinya, dia lebih memilih memperbaiki kekurangan yang ada pada dirinya.

Pantang menyerah

Meskipun ketika di awal mencoba make up hasilnya mirip riasan hantu. Putih dan menor banget. Dia malu. Tapi dia tidak menyerah sampai di sana. Lim Ju Kyung tetap mengasah kemampuan make up-nya sampai hasilnya bikin orang-orang di sekitarnya pangling karena kecantikannya.

review drakor true beauty, ju kyung belajar make up
Awal ketika Ju Kyung nekat belajar make up

Aaa… pokoknya aku menyesal kenapa tidak dari dulu drama Korea ini tayang. Kan aku jadi punya inspirasi untuk segera bangkit dari ketidakpercayaan diri yang aku alami.

Sebenarnya kalau dipikir-pikir, dulu itu aku gak berani mengungkapkan pendapat dan memilih itu ya karena sepertinya sedikit trauma di masa kecil. Apa-apa semuanya udah diatur dan ditarget. Sampai ke urusan gaya berpakaian pun dilarang-larang. Padahal waktu itu aku cuma pengin punya baju yang ada hoodie-nya aja tapi dibilang jelek. Gak pernah ada yang dukung pilihan aku. (Lah malah curhat wkwk).

Berani untuk speak up

Hal yang paling keren menurut aku dari karakter Lim Ju Kyung yang diperankan oleh Moon Ga Young ini adalah ketika dia berani speak up. Membela dirinya dari orang-orang yang melakukan perundungan. Di adegan ketika dia magang menjadi asisten make up artist, dia berani tuh menolak keinginan si artis tengil yang emang diluar kerjaan dia sebagai asisten dan ini mengakibatkan artisnya marah-marah. Tapi dia gak pusing dan takut dengan resikonya. Penting buat dia untuk tidak terjerumus kembali menjadi pesuruh orang lain seperti ketika masa sekolah.

Selain membela diri sendiri, ketika Lim Ju Kyung ini sudah populer dan punya banyak teman karena kecantikannya, dia tidak takut untuk membela anak lain yang dirundung karena fisiknya.

review drakor true beauty, ju kyung dengan make up
Penampilan Ju Kyung yang memesona

Salah satunya di adegan ketika adiknya Seo Jun yang dikata-katain tidak pantas jadi lead vocal di kelompok paduan suara karena wajahnya dianggap jelek. Wah, tanpa tahu itu siapa, Ju Kyung yang kebetulan melihat langsung membelanya. Lalu di hari pementasan membantu merias wajahnya agar tampak rupawan.

Berani jadi diri sendiri dengan dukungan orang terdekat

Ketika akhirnya penyamarannya sebagai Ju Kyung yang cantik terbongkar. Dia sempat beberapa hari tidak masuk sekolah.

Huhu.. aku sempat mewek deh nontonnya. Ju Kyung malu, seolah terbangun dari mimpi ketika video perundungan yang terjadi di sekolah lamanya disebar ke website sekolah.

Belum lagi ketika di rumah ibunya marah-marah mengapa anak gadisnya ini bolos sekolah. Tanpa tahu sebabnya. Ibunya sempat naik darah dan menuding Ju Kyung hanya sibuk dengan make up-nya saja. Tidak serius belajar. Bahkan ibunya juga terkejut karena Ju Kyung mendaftar kelas make up tanpa sepengetahuan dirinya.

Ju Kyung merasa bahkan ibunya sendiri tidak memahami apa yang terjadi dengan dirinya. Bahkan tidak bertanya alasan mengapa dia suka menggunakan make up saat ke sekolah.

Saat sang ibu bertemu wali kelasnya Ju Kyung, barulah ia sadar. Kalau anaknya selama ini di-bully. Terpukul banget. Sampai sempat-sempatnya membawa Ju Kyung ke ahli bedah. Seperti permintaan putrinya itu dulu sebelum jago make up.

Ujung-ujungnya sih ga jadi operasi plastik, tapi malah mendukung keinginan Ju Kyung untuk menekuni bidang kecantikan.

Setelah itu Ju Kyung akhirnya berani muncul ke sekolah dengan wajah tanpa riasan. Tentu saja ada sekelompok anak yang menertawakan. Namun karena ini drakor, pastilah ada oppa ganteng menggemaskan macam Soo Ho (diperankan oleh Cha Eun Woo) yang membela dan langsung mengumumkan kalau Ju Kyung adalah teman dekatnya (pacar). Mingkem dah itu para perundung.- ketawa puas aku πŸ˜‚.

True Beauty: Kecantikan itu ketika menjadi diri sendiri dan peduli

Menurut aku Ju Kyung cukup bisa menjadi inspirasi bagi para anak muda yang mencari jati diri. (Terlepas dari beberapa adegan yang tidak sesuai budaya kita ya.)

Kecantikan sebenarnya itu akan muncul ketika kita kenal dengan diri sendiri, tahu tujuan hidup, dan bagaimana cara untuk menggapainya. Tanpa harus menjatuhkan orang lain. Ju Kyung sudah melakukan itu semua. Dia juga sosok yang ketika salah akan meminta maaf dan begitu peduli dengan orang lain meskipun tidak mengenal orang tersebut.

cha eun woo, review true beauty
Soo Ho yang ternyata sudah menyukai Ju Kyung sedari kecil

Masih ingat gak ketika pertama kali dia bertemu dengan Soo Ho kecil di lapak Komik Pangeran? Saat itu Soo Ho menangis, sedih mengenang mendiang ibunya. Eh, si Ju Kyung dengan tingkah polosnya bisa membuat Soo Ho tersenyum dan tertawa. Hingga akhirnya mereka menjadi teman.

Iya, dia yang mengenal dirinya akan lebih mudah berbuat baik pada orang lain. Sebab dia tidak akan sibuk menutupi semua kebohongan dengan topeng. Hanya untuk mendapat pujian dari orang lain.

Alasan Kembali Nonton Drama Korea

Rasanya setelah maraton nonton drama korea True Beauty ini, aku pengin nonton drakor kocak dan penuh cinta lainnya deh.

Lumayan banget menghilangkan penat selepas bikin materi ngajar dan soal ujian euy! Terus bisa nimbrung kalau anak-anak murid di sekolah ngomongin oppa oppa Korea.

Kalau sama suami juga rasanya aku pengin manja-manjaan melulu jadinya. Sebab beberapa adegan cerita bikin nostalgia hahaha…

nonton drakor di viu, true beauty
My me time: Drakoran euy!

Dulu sebelum nikah, aku sempat berhenti total nonton drakor. Bawaannya baper melulu. Sambil selalu batin, β€˜halah cowok Korea mah cuma ada di hayalan. Ga ada di dunia nyata.’

Terus mungkin karena masih galau, aku tuh suka ekspektasi tinggi ke para lelaki, mereka bisa kayak oppa oppa itu. Super manis bin romantis ke pasangannya. Wkwkwk.

Tapi sekarang udah ngerti lah yah. Udah ketemu dan nikah sama Soo Ho versi kearifan lokal juga yang selalu dukung pilihan hidup aku. Jadi nonton drakor harus dilanjutkan. Tentu saja aku lebih memilih drakor yang ada unsur komedinya. Biar gak bikin pusing dan over thinking lagi.

Alasan Nonton Drama Korea di Aplikasi Viu

Nah, kalau nonton drama Korea aku seringnya nonton di aplikasi Viu. Ada banyak pilihan genrenya. Sampai-sampai dua hape yang aku pegang, semuanya aku install aplikasinya. Biar bisa puas maraton nonton drakornya.

Selain itu nonton drakor di aplikasi Viu ini gratis dong. Bayangin aja 16 episode True Beauty aku tonton secara cuma-cuma. Tanpa perlu langganan. Tapi kalau kamu gak suka terganggu iklan di tengah-tengah film, bisa daftar jadi anggota premiumnya. Perbulannya murah. Sedang ada promo 15 ribuan loh.

nonton drama korea di aplikasi viu
Nonton drakor di aplikasi Viu aja!

Wow banget kan yah bisa puas drakoran tanpa harus dijeda iklan. Terus kalau jadi anggota premium, bisa download tiap episodenya juga. Jadi gak perlu khawatir buffering karena harus streaming. Lebih hemat dong kuota jadinya. Selain itu tentu saja bisa bebas menonton semua konten premium di aplikasi Viu.

Tenang saja. Aplikasi Viu bisa di unduh di playstore maupun appstore. Jadi nonton drama Korea di aplikasi Viu bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja.

Yuk, yuk kita nonton Drama Korea di aplikasi Viu. Agar bunga-bunga cinta selalu bermekaranbylly. Biar gak lupa, kalau selain sebagai ibu, kita itu juga seorang istri yang perlu bermanja-manja. Sarangheo Soo Ho!

Disclaimer: semua foto pemeran True Beauty diambil dari cuplikan adegan di aplikasi Viu

34 thoughts on “Review True Beauty: Lim Ju Kyung yang Menginspirasi”

  1. Aku juga senang nonton ini jadi keiingat dulu suka insecure ama diri sendiri wkwk
    Ju kyung tangguh banget bisa nemuin potensi dia dan bertahan jadi dirinya sendiri

    Reply
  2. Sangat menyenangkan ya, bisa menikmati me-time secara fokus. Kalau sudah punya anak, kita masih bisa melakukan me-time, hanya saja durasinya dan waktunya yang perlu diatur dengan baik, agar pekerjaan rumah tidak terbengkalai.

    Semangat si Lim Ju Kyung ini sangat tinggi. Dia punya karakter yang sangat bagus. Dia punya prinsip yang kuat ya, tahan banting dan tidak mudah menyerah.

    Tema seperti ini sangat sederhana, tapi drakor sukses mengolahnya dengan baik ke dalam film ini, sehingga hasilnya keren.

    Satu lagi judul drakor dikumpulin dan diserahin ke istri yang penggemar drakor, hahahaha..

    Makasih atas sharing yang super duper keren dari blog keren ini Mba….

    Reply
  3. Cerita drakor True Beauty sangat inspiratif terutama untuk anak muda yang masih krisis rasa percaya diri. Saya juga termasuk remaja yang mengalami itu dulu. Haha.. Kagum banget sama anak yg pede dengan keadaan apapun dan bisa aktif di sekolah tanpa malu dengan penampilan.

    Reply
  4. Mbak, tahu nggak….
    Setelah off nonton drakor di Viu sejak tahun 2017 ehh sekitar 2 bulan lalu aku download lagi aplikasi Viu dong. Wkwkw

    Dan beberapa kali nonton drakor yang seru2. Tapi kalau yang True Beauty belum nonton nih.

    Reply
  5. Saya biasanya nggak suka nonton drakor yang tema young ini tapi karena banyak yang ngomongin true beauty ini akhirnya saya jadi penasaran dan yaah emang jalan ceritanya kocak banget. Suka juga dengan sosok Ju Kyung dan karakternya dalam drama ini

    Reply
  6. Reaaaallly? You feel insecure before?
    Apura, you look so amazing now, kayak nya kamu cucok deh jadi guru kepribadian, buat memotivasi para ciwi ciwi cowo cowo kecil yang feel insecure juga

    Reply
  7. Nah, aku juga waktu penayangan true beauty tuh menanti banget karena dah pernah bacanya komiknya di webtoon
    Aku juga cukup suka karakter Kim ju Kyung. Selain polos dan kocak ia cukup mengenal dirinya, dan tau apa yang ingin dilakukan nya

    Reply
  8. Duh selain kagum sama Jukyung yang akhirnya berhasil mencintai dirinya sendiri aku juga merasa terbelah ama kisah cinta segitiganya. Bingung milih antara Suho dan Seojun nih! *berasa Jukyung*

    Reply
  9. Ngakak baca bagian sudah ketemu Suho versi kearifan lokal.. Aku belum nonton True Beauty tapi jadi tahu jalan ceritanya karena nongol melulu di timeline, inspiratif banget ya dia..

    Reply
  10. Banyak tokoh wanita dalam drakor yang menginspirasi ya.. akupun suka nontonnya dan memang kelebihan drakor tuh selalu kasih value yang baik banget buat kita para penontonya.. nonton drakor di VIU emang ngga rugi ya mak

    Reply
  11. Nonton True Beauty jadi pengingat diri sebagai orang tua jangan asal judging ke anak. Langsung marah tanpa bertanya terlebih dahulu mengapa si anak bolos atau belajar make up. Kasihan juga anak dirundung di sekolah, di rumah pun tidak mendapat dukungan.

    Reply
  12. Habis baca artikel ini jadi pengen nonton True Beauty soalnya mengingatkan dulu jaman masih muda sering galau, tidak percaya diri dan tidak bisa jadi diri sendiri. Tapi beneran deh jaman sekolah tuh dibully temen sangat menyakitkan, nyesel juga dulu nggak berani speak up seperti tokoh utama di True Beauty ini.

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.