Bisnis

Senyumku: Tips Mengelola Keuangan di Masa Pandemi

Sudah setahun lebih pandemi terjadi. Ada yang biasa saja. Banyak yang menjerit karena terkena dampaknya. Kehilangan pekerjaan, penghasilan menurun, ditinggal tulang punggug keluarga… Apapun masalahnya, tentu harus dicari jalan keluarnya. Untuk masalah keuangan, harus pandai-pandai mengelolanya. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

Catat Cashflow

Sudah bekerja bertahun-tahun tapi tidak punya tabungan? Atau penghasilan berkurang karena pandemi? Waktunya mencatat dan mengevaluasi aliran dana yang masuk dan keluar.

Catat pengeluaran tetap bulanan, seperti: bayar kontrakan, listrik, air, WiFi, groceries, biaya skincare.

Catat juga pengeluaran tak terduga lainnya, seperti: musibah, sakit, atau jajan bakso.

Selain pengeluaran, pemasukan yang diterima juga harus didata. Termasuk penghasilan bulanan, bonus, ataupun uang tahunan.

Jika semua sudah dicatat. Bisa dilihat apakah setelah menabung dan dipotong pengeluaran, dana masih tersisa atau malah minus? Kalau masih ada lebihnya, masukkan ke dana darurat (jika sendiri besarnya 3x pengeluaran). Kalau dana darurat sudah terpenuhi bisa ke investasi, asuransi jiwa, ataupun tabungan pendidikan.

Cari Jobside

kalau uangnya berlebih, tentu aman ya bisa diatur. Jika ternyata besar pasak daripada tiang, maka yang harus dilakukan adalah dengan mengevaluasi pengeluaran. Pos mana yang bisa dihemat? Apakah skincare yang dibeli terlalu mahal? Atau malah bocor alus di jajanan?

Kalau ternyata semuanya sudah dikurangi dan keuangan masih tidak aman. Saatnya mencari pekerjaan tambahan. Kamu bisa memilih sesuai keahlian. Misalnya: menjadi blogger, jualan kue, kontributor di website penjualan foto, youtuber, ojek online, dropshiper, dan sebagainya.

Atur Keuangan dengan Senyumku

Agar lebih memudahkan mengatur keuangan. Sebaiknya tiap pengeluaran langsung dimasukkan ke pos keuangan. Hal ini lebih mudah jika menggunakan aplikasi Senyumku.

Mengenal Senyumku

Senyumku adalah produk aplikasi keuangan dari PT Bank Amar Indonesia Tbk. yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta telah beroperasi sejak tahun 2019.

Fitur Unggulan Senyumku

Celengan Senyumku

Fitur layanan dari Senyumku bisa dinikmati setelah membuka rekening secara online dan tanpa setoran awal.

Selain sebagai produk keuangan digital yang digunakan untuk menyimpan uang (menabung) dan melakukan transaksi keuangan. Pengguna bisa memanfaatkan Senyumku sebagai pencatat keuangan karena fitur unggulannya.

Bunga tabungan kompetitif 

Digital Bank Senyumku menawarkan keuntungan bunga tabungan yang kompetitif yaitu hingga 5.5%.

Sistem Analisa Keuangan

Aplikasi Senyumku dilengkapi sistem AI yang mampu menganalisa kebiasaan finansial pengguna. Dimana tujuannya untuk membantu mengelola keuangan lebih bijak. Sederhananya, aplikasi ini bisa melacak seluruh pemasukan dan pengeluaran kas pengguna.

Fitur Celengan Senyumku

Fitur ini memiliki fungsi untuk membuat daftar pos-pos keinginan atau Wishlist yang ingin dicapai sesuai dengan kebutuhan. Pengguna juga bisa mensimulasikan alokasi uang yang harus disisihkan setiap bulannya untuk mencapai target pos tersebut.

Auto Categorization

Fitur Auto Categorization memungkinkan pengguna mengkategorisasikan setiap transaksi yang dilakukan secara otomatis. Jadi tidak perlu bingung dan pusing lagi menamai pengeluaran yang dilakukan. Apalagi bingung kemana larinya uang-uang kamu selama ini.

Spending Alert

Kerennya lagi ada fitur Spending Alert yang memberikan peringatan jika pengeluaran sudah hampir mendekati budget. Wah, dijamin langsung sadar nih ketika akan foya-foya.

Spending Meter, Monthly Spending, dan Daily Digest

Aplikasi Senyumku akan melakukan analisa otomatis berdasarkan pengeluaran yang pengguna lakukan setiap bulannya. Lalu dari kebiasaan ini, pengguna bisa membandingkan keadaan keuangan saat ini dengan target budget dan rata-rata di bulan sebelumnya. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan rekomendasi-rekomendasi cerdas seputar pengelolaan keuangan. Sehingga membantu pengguna dalam memperbaiki keadaan finansial.

Senyumku Deposito

Jika memiliki dana berlebih. Ada baiknya mulai memikirkan investasi. Bagi pemula, disarankan untuk mengikuti investasi rendah resiko dengan keuntungan yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Salah satunya: Deposito.

Keuntungan memiliki Deposito di Senyumku adalah Bunga tinggi 8%per tahun. Serta minimal deposito hanya Rp100.000 dan Bebas pilih periode 1 – 12 bulan.

Jadi sangat menguntungkan bagi pengguna yang baru ingin mencoba berinvestasi.

Bebas Biaya Transfer

Senyumku semakin menjadi pilihan karena kebebasan biaya admin untuk mentransfer dana.

Cara Buka Rekening Online Senyumku

Tiak perlu khawatir antre berjam-jam hanya untuk menikmati fitur unggulan dari Senyumku. Semuanya bisa dilakukan secara online. Berikut syarat untuk buka rekening tabungan online Senyumku

  • Warga Negara Indonesia.
  • Telah berusia 17 tahun.
  • Dokumen KTP.

Cara buka rekening online Senyumku

  1. Download aplikasi Senyumku dari perangkat Android kamu. (untuk saat ini Senyumku baru bisa digunakan di perangkat Android)
  2. Setelah itu buka aplikasi Senyumku dan klik “Daftar”.
  3. Isi data diri kamu beserta alamat domisili dan data-data lain yang diminta.
  4. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengunggah foto KTP dan foto selfie kamu.
  5. Tunggu hingga tim Senyumku menghubungi kamu untuk proses verifikasi.
  6. Proses buka rekening online Senyumku selesai dan kamu telah resmi jadi Sahabat Senyumku.

Wah, praktis sekali ya. Hanya bermodalkan jaringan internet dan smartphone saja sudah bisa menikmati fitur dari Senyumku.

Previous Post Next Post

You may also like

8 Comments

  • Reply Eva De

    Judulnya ambigu kalo nggak baca isinya ya, mbak wkwk kirain tadi kan dengan senyum aja bisa mengelola keuangan 😀 ini mah senyum kalo isi dompet dah menipis haha

    Agustus 23, 2021 at 12:16 pm
  • Reply Milda Ini

    Bagi mak info side job biar bisa beli mobil baru nih, hehehe biar bisa senyum nih

    Agustus 25, 2021 at 5:08 pm
  • Reply Yurmawita

    Semakin mudah sekarang ya buat tabungan online, transaksi online nah kita juga mesti gencar cari kerjaan online biar bisa nabung online juga yee mak adis

    Agustus 25, 2021 at 5:16 pm
  • Reply Intan Novriza KS

    Cari jobside adalah jalan ninjaku yang banyak mau ini mba hehehe. Semoga keuangan tetap terjaga ya. Ketika pandemi, ada sumber income yang tertutup, ada pula yang makin terbuka 🙂

    Agustus 25, 2021 at 5:41 pm
  • Reply Aang Verianto

    senyumku akan membuat orang terbantu dan senyum aseli, keren nih mempermudah dalam urusan yar bayar

    Agustus 25, 2021 at 7:02 pm
  • Reply Mardha

    Ternyata kita emang udh masuk dalam dunia serba online ya…
    Bener2 dilarang gaptek sekarang..

    Agustus 25, 2021 at 9:11 pm
  • Reply Nengsi

    Aku juga udah download nih aplikasi senyumku. Rekomended buat ngelola uang biar lebih teratur.

    Agustus 26, 2021 at 2:29 am
  • Reply Alyxia

    Boleh nih dicoba pake aplikasi senyumku untuk mengelola keuangan yang lebih baik, walaupun dimasa pandemi ini pemasukan lagi seret-seretnya hihi

    Agustus 27, 2021 at 12:34 pm
  • Leave a Reply

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.