6 Rekomendasi Taman Menarik di Jakarta

Jakarta. Siapa tak mengenal kota satu ini. Sebagai kawasan yang penting di Indonesia, Jakarta sangat mudah dijangkau. Hampir semua jenis transportasi melayani rute dari atau menuju Jakarta. Salah satunya adalah bus, dengan rute populer dari Bandung. Harga tiket bus Bandung Jakarta pun sangat terjangkau, dan kamu bisa langsung memesannya melalui Traveloka Lifestyle Superapp. Jangan lupa manfaatkan pula promo yang tersedia, misalnya PayDay setiap akhir bulan.

Rekomendasi Taman Hijau Menarik di Jakarta

Namun, terlepas dari kepadatan, kesibukan, dan ingar bingar yang seperti tidak pernah berakhir, Jakarta masih memiliki taman-taman teduh nan hijau untuk tempat kamu melepas penat, menghabiskan waktu bersama keluarga, atau mengobrol dengan teman maupun pasangan. Berikut beberapa rekomendasinya:

1. Taman Menteng

Taman legendaris ini sangat khas dengan rumah kaca yang digunakan sebagai tempat untuk memamerkan lukisan milik para seniman Tanah Air sebagai ikonnya. Sering kali, tempat ini digunakan sebagai lokasi berfoto para komunitas fotografi atau pre-wedding.  Saat malam tiba, rumah kaca di Taman Menteng pun tetap cantik dengan adanya lampu-lampu yang menghiasinya.

Selain melihat pameran, Taman Menteng juga menawarkan banyak fasilitas lain untuk aktivitas kamu. Ada lapangan basket, futsal, taman bermain untuk anak, area jogging, hingga air mancur untuk tempat bersantai. Tak heran mengapa taman ini begitu digemari, terlebih di kalangan anak muda.

2. Taman Cattleya

Berada di tengah sumpeknya kawasan Jakarta Barat, kamu bisa mendapati Taman Cattleya yang hijau dan indah. Tempat ini menjadi yang terbaik untuk kamu yang ingin melepas penat sembari memancing. Ya, Taman Cattleya menawarkan kolam ikan yang bisa dipancing, lho! Jadi, jangan sampai ketinggalan serunya memancing di taman, ya!

Tak ketinggalan, terdapat sebuah patung batu Anne de Kyiv di taman ini. Kabarnya, patung tersebut adalah pemberian dari Ukraina saat Jakarta merayakan ulang tahunnya yang ke-492. Patung Anne de Kyiv menjadi simbol hubungan persahabatan antara Indonesia dan Ukraina.

Rekomendasi taman di Jakarta

3. Taman Spatodhea

Kalau ingin menemukan banyak taman hijau, kawasan Jakarta Selatan jadi tempat yang harus kamu tuju. Masih banyaknya pepohonan membuat Jakarta Selatan masih memiliki suasana yang cukup sejuk. Pun, banyak sekali taman yang ada di sini, salah satunya adalah Taman Spatodhea atau Taman Miring.

Sebutan Taman Miring tentu bukan tanpa alasan. Ini karena adanya undakan yang membuat taman tersebut punya area tinggi dan rendah. Nah, setiap minggu, terdapat aktivitas Taman baca Spatodhea. Tentunya, ini jadi momen yang tepat mengajak Si Kecil ke taman di akhir pekan.

4. Taman Ayodia

Taman satu ini terkenal karena ramah difabel. Ada jalur khusus untuk para difabel sehingga turut bisa menghabiskan waktu menikmati segarnya udara di sini. Selain itu, tersedia pula area olahraga, gazebo, area bermain anak, dan air mancur serta panggung teater.

Tak habis sampai di situ, daya tarik lain dari Taman Ayodia adalah perpustakaan apung yang menawarkan 300 buku koleksinya pada para pengunjung. Jadi, selain berolahraga, kamu juga bisa bersantai sambil membaca berbagai buku di perpustakaan ini.

5. Taman Dadap Merah

Masih di kawasan Jakarta Selatan, ada Taman Dadap Merah yang lokasinya cukup tersembunyi. Taman ini menawarkan rimbunnya pepohonan, sejuknya udara di tengah padatnya Jakarta, dan beragam fasilitas menarik lainnya. Terdapat pula sungai dengan gemericik airnya yang sangat menenangkan, sangat pas untuk melepas kejenuhan.

Jika kamu berkunjung bersama sang buah hati, akhir pekan di hari Minggu jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, para relawan akan membuka taman baca gratis untuk anak-anak yang datang berkunjung. Bahkan, tak jarang ada permainan seru untuk menghibur sang buah hati.

6. Taman Suropati

Berada di kawasan Jakarta Pusat, kamu bisa mengunjungi Taman Suropati yang terkenal dengan burung merpatinya. Selain itu, sisi menarik taman satu ini adalah adanya enam buah monumen yang dibuat oleh para seniman yang berasal dari negara-negara ASEAN.

Tak ketinggalan, ada pula Taman Suropati Chamber, sebuah kelompok orkestra yang memiliki anggota anak-anak hingga orang dewasa. Jadi, kapan lagi kan, menikmati indahnya taman sambil mendengarkan alunan musik orkestra yang mendayu di telinga?

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi taman di Jakarta yang bisa jadi tujuan wisata singkat di akhir pekan. Tak melulu harus ke pusat perbelanjaan, kembali menyatu dengan alam dengan berkunjung ke taman kota juga bisa jadi pilihan yang tepat bersama orang-orang terdekat, lho!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.