9 TEMPAT WISATA POPULER DI SEOUL

tempat wisata populer di seoul
9 Tempat Wisata Populer yang Wajib Kamu Kunjungi

Anyeong! Kali ini aku mau ngajakin kalian ke Seoul. Mengunjungi 9 tempat populer di Ibu Kota Korea Selatan ini. Yuk, berangkat!

1. SEODAEMUN PRISON HISTORY HALL

Dahulunya tempat ini merupakan sebuah penjara. Namun saat ini sudah menjadi museum. Museum ini melestarikan dan menampilkan Penjara Seodaemun yang menandakan penderitaan dan rasa sakit orang Korea selama periode modern. Di sini, para aktivis kemerdekaan dan aktivitas pro-demokrasi dipenjara dan menjadi martir. Terlepas dari sejarah penderitaan seperti itu, akhirnya orang Korea mencapai kemerdekaan dan demokrasi. Tempat ini wajib kamu kunjungi karena Aula Sejarah Penjara Seodaemun mewakili sejarah perjuangan untuk mencapai kemerdekaan dan demokrasi Korea dengan semangat dan potensi yang gigih.

2. THE FIVE ROYAL PALACES OF SEOUL

Lima Istana Kerajaan di Seoul adalah Istana Gyeongbokgung, Istana Changdeokgung, Istana Changgyeonggung, Istana Deoksugung dan Istana Gyeonghuigung. Istana Gyeongbokgung bisa dibilang yang paling indah dan tetap yang terbesar dari semua lima istana. Changdeokgung adalah istana utama bagi banyak raja dinasti Joseon dan merupakan istana yang paling terpelihara dengan baik dari lima istana kerajaan Joseon yang tersisa. Istana Changgyeonggung awalnya dibangun oleh Raja Sejong untuk pensiunan ayahnya, Raja Taejong. Istana Deoksugung terletak di sudut persimpangan pusat kota tersibuk di Seoul dan terkenal dengan jalan berdinding batu yang elegan. Istana Gyeonghuigung berfungsi sebagai istana sekunder bagi raja, tempat raja pindah pada saat darurat.

3. IKSEON-DONG

Kalau Indonesia punya Yogyakarta dan Jalan Malioboronya yang terkenal. Nah Seoul punya Ikseon-dong yang wajib dikunjungi. Jalanan Ikseon-dong yang seperti labirin menyimpan harta karun berupa kafe, restoran, dan toko kerajinan tangan dengan konsep dan desain unik yang dioperasikan oleh seniman dan pengusaha muda. Ikseon-dong memiliki cukup banyak hal menarik untuk dilihat dan berbagai makanan untuk mengisi setengah hari tur saat ke Seoul.

4. N SEOUL TOWER

Namsan Seoul Tower adalah menara serbaguna pertama yang didirikan di Korea, secara efektif menggabungkan observatorium wisata ke menara penyiaran. Selama 40 tahun terakhir, Namsan Seoul Tower telah menjadi landmark ikonik Korea dan objek wisata yang representatif. Observatorium menara menyajikan pemandangan seluruh kota tanpa terhalang, menjadikannya salah satu tempat favorit bagi warga Seoul serta turis domestik dan internasional. Hal menarik lainnya dari menara ini adalah Kereta Gantung Namsan. Kereta gantung ini mulai beroperasi pada tahun 1962, memindahkan penumpang dari kaki gunung ke dasar menara. Bus antar-jemput ke Kereta Gantung Namsan dari pusat kota Seoul juga tersedia untuk kenyamanan pengunjung.

5. SEOUL MUSEUM OF ART (SeMA)

Museum Seni Seoul adalah museum jaringan yang dibangun bersama oleh pengguna, mediator, dan produsen.

Museum Seni Seoul (SeMA), dibuka pada 19 Agustus 1988, adalah museum seni modern yang berlokasi strategis di area Istana Deoksugung dekat Teater Jeongdong. Fasad museum menampilkan arsitektur tahun 1920-an, sedangkan sisa bangunan direnovasi pada tahun 2002.

SeMA adalah gedung 3 lantai dengan enam ruang pameran, ruang kuliah untuk program pendidikan, dan perpustakaan tempat buku, majalah, dan bahan referensi visual yang berhubungan dengan seni tersedia untuk umum. Di salah satu ruang pameran adalah koleksi permanen berjudul “The Soul of Chun Kyung Ja”, sebuah pameran karya seniman terkenal Korea Chun Kyung Ja.

Sebuah museum seni yang populer di kalangan penduduk lokal dan pengunjung, SeMA mengadakan pameran internasional terkenal dua kali setahun dan telah menyelenggarakan Chagall, Matisse, Picasso, Van Gogh, Pompidou, dan banyak koleksi terkenal lainnya.

6. DONGDAEMUN DESIGN PLAZA (DDP)

Bangunan Dongdaemun Design Plaza atau DDP didesain oleh salah satu arsitek legendaris Britania yaitu Zaha Hadid.

Dongdaemun Design Plaza (DDP) memiliki arti Dream, Design, and Play. Tempat ini mengadakan berbagai pameran, peragaan busana, forum, konferensi, dan acara domestik dan internasional lainnya. Kompleks bangunan dibagi menjadi beberapa bagian, yang diberi nama Allimteo, Beaumteo, Sallimteo, DDP Design Museum, Design Market & Eoullim Plaza, dan Dongdaemun History & Culture Park. Eksterior bangunan menarik perhatian banyak fotografer dengan lekukan halus dan bentuknya yang berani.

7. HONGIK UNIVERSITY (HONGDAE) STREET

Universitas Hongik adalah perguruan tinggi seni terkenal dan tentu saja, jalan-jalan di sekitar Hongdae (bentuk singkat dari Universitas Hongik dalam bahasa Korea) berkembang dengan selera anak muda yang trendi.

Tempat ini dikenal dengan suasana muda dan romantis, budaya bawah tanah dan kebebasan berekspresi.

Terdapat Kafe unik, galeri nyaman, toko aksesoris, toko mode, kafe, klub, pasar seni, dan restoran gourmet menjadikan Hongdae tempat nongkrong yang populer bagi anak muda setempat.

8. COEX (STARFIELD)

Starfield COEX Mall, terletak di pusat kota Seoul, menjadi pusat tren dan budaya. Menggabungkan fashion, makanan, budaya dan hiburan, mal ini menyediakan semua yang dibutuhkan pengunjung. Bahkan ada Perpustakaan Starfield yang menawarkan ruang untuk beristirahat dan hiburan dengan buku-buku.

Memiliki luas total 165.000, 204 toko ritel, 91 gerai makanan dan minuman dengan di lengkapi 4 layanan publik: Kantor Pos, Klinik Donor Darah, Bioskop Megabox, Akuarium menjadikan tempat ini wajib dikunjungi. Jam beroperasinya mulai pukul 10:30 sampai pukul 22:00.

9. LOTTE WORLD

Dioperasikan oleh Lotte Group, Lotte World adalah tempat yang sempurna untuk hiburan dan jalan-jalan bagi orang Korea dan turis internasional. Taman hiburannya dibagi menjadi Lotte World Adventure dalam ruangan, dan Pulau Ajaib di tepi danau luar ruangan, dengan fasilitas tambahan termasuk pusat perbelanjaan, museum rakyat, gelanggang es, hotel, dan banyak lagi.

Lotte World Adventure adalah taman hiburan dalam ruangan terbesar di dunia, lengkap dengan wahana terbaik, parade dan pertunjukan fantastis, serta makanan dari seluruh dunia. Museum Rakyat menampilkan model miniatur Korea sepanjang 5.000 tahun dalam sejarah. Lotte World Garden Stage mempersembahkan berbagai musikal bertema untuk dicocokkan setiap musimnya dan Lotte World Star Avenue adalah tempat yang sempurna untuk melihat bintang Korea dan dunia hiburan.

Biaya Masuk

[Pass Universal (Lotte World + Museum Rakyat)]
Satu hari: Dewasa 59.000 won / Remaja 52.000 won / Anak-anak 47.000 won / Bayi 15.000 won
After4: Dewasa 48.000 won / Remaja 42.000 won / Anak-anak 36.000 won / Bayi 15.000 won

[Tiket Taman (khusus Lotte World)]
Satu hari: Dewasa 56.000 won / Remaja 50.000 won / Anak-anak 46.000 won / Bayi 15.000 won
After4: Dewasa 45.000 won / Remaja 40.000 won / Anak-anak 35.000 won / Bayi 15.000 won

Hmm.. kayaknya kalau ke Korea Selatan tidak cukup satu hari ya untuk mengunjungi semua tempat wisatanya. Kalau kamu ada kesempatan pergi ke Seoul, paling penasaran mau ke mana nih?

25 thoughts on “9 TEMPAT WISATA POPULER DI SEOUL”

  1. Salah satu negara impian yang pingin aku kunjungi, Korea. Selin pingin explore kota dan desanya,pingin incip makanan khasnya dan tentunya jalan jalan ke tempat wisata yang populer seperti namsan tower

    Reply
  2. Pengen ke Namsan Tower..Ini artikelnya kubintangin dulu, buat bekal info kalau ntar jadi main ke Seoul. Sekalian bikin artikel tentang rekomendasi tempat belanja dong mak..

    Reply
  3. Wah! gak pernah membayangkan wisata ke tempat2 ini. Susah juga ya mengingat-ingat namanya hihihii… Tp kl nonton film2 drakor suka juga dan gak pernah bosan. Sukak liat kebanyakan aktor2nya muda dan ganteng.

    Reply
  4. Wow harus berapa hari biar bisa ke semua destinasi ini.

    Aku tertarik dengan palace yang no 2, anakku yang sulung suka karya seni jadi ke nomor 7 juag perlu, yang bungsu demen ke wahana pasti singgah ke no 9 juga..

    Wah kalau bisa ke semuanya

    Reply
  5. Pengen mampir ke semua tempat terutama namsan tower sama royal palace nya. Terus nyobain makanan khasnya juga. Sekarang nabung dlu sama banyakin doa biar cepet nyampe korea hehhee

    Reply
  6. Kalau ke Seoul? Hmm..gak ada bayangan lain kecuali meetup sama Hyun Bin. Wkwkwkw. Halu! Kayaknya bayangin Korea tuh yang kepikir ya meetup sama Hyun Bin aja. Kek gampang amat yakk, padahal orang Korea pun belum tentu pernah ketemu langsung dengan sosok Captain Ri satu itu..

    Reply
  7. Wah kl ditanya msu kemans, rasanya pengennya sih ke semua tempat yang di luzt tuh, hehehe.. Serakah ya? Tapi gimana nih nabungnya harus dipatok berapa per bulan biar terkabul melangkahkan kaki ke semua tempat2 indah itu. Ah, mudah2an bisa jalan2 di mimpi dulu ajalah.

    Reply
  8. Mau ke Lotte World dan museumnya aja nih, menarik buat bermain dan belajar seni. Kalau transportasi di Seoul sendiri naik apa aja ya? apakah di sana ramah turis mengingat aku enggak bisa bahasa Korea dan baca huruf Korea?

    Reply
  9. Jangankan satu hari, seminggu pun gak cukup untuk menikmati berbagai objek wisata di Seoul maupun tempat lainnya di Korsel 😀 Tapi kalau sekadar untuk menyambangi 9 tempat wisata populer tersebut, 3 hari cukuplah ya. Tapi ga kemana-mana lagi mungkin ya.

    Reply
  10. Mungkin yang familiar dengan saya baru Lotte World. Karena ini dari Lotte Group, jadi konsep dan rancangannya mungkin gak jauh beda dari negara lain.

    Semoga suatu saya bisa ke Korea biar bisa melihat dan merasakan gimana Lotte world di sana.

    Reply
  11. Anak sulung saya pengen banget bisa pergi ke Korea. Sepertinya dia tahu 9 tempat wisata populer ini. Selain tempat wisata di sana, anak saya juga udah hafal makanan yang mau dia cicipi di sana hehehe

    Reply
  12. Menarik..pengen ke 5 istana seol.. Itu barang-barang yang ada di istana masih ada atau tinggal bangunannya ya? Suka lihat peninggalan kejayaan masa lampau gini…smg kapan2 bisa ke korea..

    Reply
  13. Gara-gara nonton Drakor aku juga pingin deh jalan-jalan ke Korea terutama ke Seoul apalagi banyak tempat popular di sana yg bisa dikunjungi.

    Reply
  14. Sehari ga cukup maak paling ga seminggu jalan jalan ke korea selatan. Pengennn ke istana trs foto keluarga pake baju korea mupengg banget…

    Semoga bisa terwujud amiin 🤲🤲🤲

    Reply
  15. Namsan Seoul Tower itu sering muncul di drama apalagi yang genre romcom. Jadi kudu banget dimasukkan ke list kunjungan kita. Terus istana kerajaan-kerajaan juga tuh bikin penasaran

    Reply
  16. Paling penasaran sama Ikseon-Dong, Mba. Selalu suka dengan ciri khas suatu jalan di tempat tertentu. Ya itu, kayak Malioboro di Yogyakarta, Srigunting di Semarang dan satu lagi yang di Bandung itu apa yaa… lupa namanya. Nah, yang Ikseon-Dong ini kayak apa sih bikin penasaran kok bisa sampai mewakili kekhasan Seoul.

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.