Bisnis

Kupesan: Belanja Kebutuhan Dapur dari Rumah

Sudah lama mau review jasa Kupesan ini tapi sok sibuk dengan kerjaan. Nah, mumpung work from home dan semangat menulis sedang ON. Kuylah ditulis.

Disclaimer: tulisan ini murni ya pengalaman sendiri. Gak dibayar sama sekali.

Sejak tahu ada jasa delivery kebutuhan dapur ini, aku yang mageran kalau ke pasar langsung tertarik untuk mencoba. Secara sudah capek Senin s.d Sabtu ngajar di sekolah. Terus Minggu harus berangkat lagi ke pasar, belanja, masak, beres-beres… Haduh… Lelah hayati. Apalagi buat aku pribadi belanja ke pasar itu memakan waktu kurang lebih satu jam.

Jadilah ya aku langsung memanfaatkan jasa Kupesan ini. Stok kebutuhan buat seminggu. Sesuai kebiasaan aku kalau belanja di pasar.

Cara Pemesanan Barang di Kupesan

Pesannya bisa lewat aplikasi Kupesan atau via WhatsApp. Aku pribadi lebih memilih via WA karena lebih praktis. Aplikasinya buat referensi aja, aku mau belanja apa gitu.

Setelah memesan beberapa barang dengan format:

Kupesan – nama barang dan jumlah – alamat pengantaran

Sambil menunggu pesanan diantar ke rumah, aku bisa beres-beres, nyuci baju, mandi, ngurusin anak, dst. Ketika kelar, belanjaanku datang.

Harga Barang dan Ongkos Kirim

Harga barang yang dipesan menurutku masih sesuai dengan harga pasar. Ya, wajar dong kalau pihak Kupesan mengambil sedikit keuntungan. Selisihnya juga tidak banyak paling 500-5000 rupiah. Tergantung barang apa yang dipesan.

Contohnya:

Kalau biasa membeli tempe di pasar lima ribu rupiah, maka di Kupesan hanya lima ribu lima ratus rupiah.

Beli daging sapi setengah kilo biasanya Rp.60.000 nah di Kupesan ini harganya jadi Rp.62.000.

Menurut aku pribadi ya masih masuk akal dong jasa titipnya.

Tapi kalau menghitungnya julid, kan lama-lama jadi banyak untung mereka? Ya, kamu beli aja sendiri sana ke pasar. Gak usah nitip.

Ongkirnya Gimana?

Bayar dong! Tapi gak semahal kalau kalian delivery pakai ojek online. Buat jarak rumahku yang jauh pakai banget ini biayanya cuma Rp.10.000 – Rp.12.000 sedangkan kalau biasanya pakai ojek online bisa sampai Rp.17.000 lebih.

Barang apa saja yang bisa dibeli?

Semua kebutuhan dapur bisa dititip beli. Mulai dari ikan, daging, telur, sayur mayur, cabai, tempe tahu, bumbu masak, buah-buahan, kecap, garam, pasta gigi, Frozen food, makanan siap saji, pokoknya selagi barang-barangnya ada di pasar, bisa dititip buat beli.

Makanya aku sering lihat di aplikasi Kupesan untuk referensi belanjaan, biar tidak ada yang ketinggalan. Sebab di sana sudah dikategorikan sesuai dengan kelompok.

Pada aplikasinya juga ada beberapa gerai UKM yang menjual produknya seperti kopi, olahan durian, ayam tepung, pempek, dan sebagainya.

Buat pengguna android bisa download aplikasinya di playstore.

Saran untuk Kupesan

  • Kualitas barang yang dijual alangkah baiknya selalu dalam keadaan baik. Misalnya, sayuran segar, buah tidak busuk.
  • Ketepatan waktu dalam pengiriman barang perlu ditingkatkan. Beri perkiraan lamanya pesanan tiba di tangan konsumen. Hendaknya jangan terlalu lama.

Tips untuk Konsumen

  • Jika memesan via WhatsApp, pastikan menulis barang dan jumlahnya dengan tepat. Contohnya, Jengkol untuk digoreng – 1/2 kg.
  • Pesan barang sebelum persediaannya habis di rumah. Saran aku, beli hari ini untuk dimasak besok.
  • Cek selalu barang belanjaan dengan nota. Terkadang ada belanjaan lain yang terselip.

Hubungi Kupesan

Demikian. Semoga Kupesan semakin maju. 👍

Previous Post Next Post

You may also like

42 Comments

  • Reply Hidayat

    Membantu sekali reviewnya mba.. Makasih ya.

    Maret 30, 2020 at 4:56 am
    • Reply Apura

      Sama-sama 👍

      April 23, 2020 at 10:19 am
  • Reply sari

    sekarang belanja jadi semakin mudah, banyak juga aplikasi yang menawarkan belanja sayur, daging, kebutuhan pokok lainnya, dan yang paling enak tuh kalau bisa bayar dengan uang cash, COD gitu

    April 20, 2020 at 12:23 pm
    • Reply Apura

      Iya ini bisa COD. Transfer juga bisa

      April 23, 2020 at 10:19 am
  • Reply Ipeh

    Cocok banget nih, karena lagi bingung mau mesen sayur gimana. Kadang butuh dan ngga tau mau nitip sama siapa. Pas mau nitip seringnya abangnya libur atau sayurnya abis. Mesen buah itu itu aja, kan bosen ya pengen coba buah lain buat harian. Pengen coba juga, kira-kira ke bekasi lama ga yaa nyampenya

    April 20, 2020 at 6:36 pm
    • Reply Apura

      Banget mba kalau Bekasi. Soalnya baru wilayah Bengkulu aja

      April 23, 2020 at 10:19 am
  • Reply Lidya

    Praktis ya aplikasi belanja kebutuhan dapurnya bisa membantu masyarakat yang sedang melakukan social distancing. Kebutuhan kita terpenuhi & bisa membantu para UKM juga. Ini melayani daerah mana aja?

    April 20, 2020 at 6:59 pm
  • Reply Mutiara Sy

    Aplikasi kayak gini bakal berguna banget di musim WFH dan PSBB ini. Serba canggih ya jaman sekaranng. Kalau ngambil untung sekitar 500-5000 rupiah aja masih normal banget kok itu,ongkirnya juga murah lagi. Bayangkan capeknya kalau kita yang ke pasar sendiri.

    April 21, 2020 at 11:47 am
  • Reply Puspita Yudaningrum

    Menarik ini mbak, aku belum pernah cobain belanja pake aplikasi ini. Boleh nih besok cobain pake ini buat beli sayur ehhehe

    April 21, 2020 at 11:51 am
  • Reply Samleinad

    Wah makin banyak aplikasi yg bikin hidup jadi makin praktis ya. Boleh juga nih pake ini, buat belanja kebutuhan dapur sehari-hari

    April 21, 2020 at 1:42 pm
  • Reply Rudi G. Aswan

    Enak ada Kupesan, semoga segera merambah daerah ya. Praktis banget dan harga layanan murah loh cuma 2000an. Barangnya banyak pula. Bisa belanja hemat sambil bantu rakyat petani.

    April 21, 2020 at 5:34 pm
  • Reply Khoirur Rohmah

    Btw ini untuk akses Kupesan hanya berlaku untuk wilayah tertentu kah mbak??
    Kalau bisa pesan online gitu lebih memudahkan yg mager buat belanja kebutuhan pokok sehari hari via Kupesan aja ya mbak. Hehehe aku penasaran deh pen tahu lagi
    Makasih sharingnya ya mbak

    April 22, 2020 at 5:56 am
  • Reply Haeriah Syamsuddin

    Aplikasi kayak ini yang sangat dibutuhkan saat mewabah seperti sekarang ini. Memang, teknologi jika dimanfaatkan dengan baik akan sangat membantu dan memudahkan. Btw, Kupesan udah ada untuk wilayah Makassar dan sekitarnya kah?

    April 22, 2020 at 7:25 am
    • Reply Apura

      Belum mba, baru di Bengkulu aja

      April 23, 2020 at 10:17 am
  • Reply Ria Nugros

    Wah baru tau nih aplikasi kupesan ini,cocok banget untuk masa PSBB sekarang. Gak perlu keluar rumah untuk belanja.

    April 22, 2020 at 12:43 pm
  • Reply Arda Sitepu

    Simple banget sekarang mbak, mau pesan kebutuhan dapur langsung cek dan pesan di aplikasi dan sangat mudah. Apalagi di jaman pandemi begini karena ke luar rumah aja sudah cukup sulit ya mbak.

    April 22, 2020 at 5:08 pm
  • Reply Sapti nurul hidayati

    Membantu sekali ya layanan seperti ini di masa sekarang ini. Dari pada kita ke luar rumah mending memang pakai layanan antar semacam ini. Itung-itung membantu usaha orang juga ..

    April 22, 2020 at 8:43 pm
  • Reply Triani Retno

    Murahlah kalau ongkirnya cuma 10-12 ribu. Kalo belanja sendiri ongkos segitu baru buat sekali jalan. Apalagi kondisi sekarang, nggak boleh pergi2 pakai ojek. Untung banget ya ada aplikasi belanja kayak gini.

    April 22, 2020 at 9:07 pm
  • Reply Iim Rohimah

    kalau ada jasa antar gini, belanja jadi praktis. apalagi kalau lagi punya bayi kecil, suami yang harus bolak balik ke pasar. kasian kadang… oh ya Kupesan ini sedia untuk seluruh wilayah Indonesia ga ya mbak? atau cuma di lokasi tertentu?

    April 23, 2020 at 4:00 am
    • Reply Apura

      Baru di Bengkulu aja mba

      April 23, 2020 at 10:18 am
  • Reply Diah Alsa

    ini memudahkan banget ya Mbak, gak perlu repot ke pasar segala tuk beli keperluan kita, praktis.
    kalau ke pasar biasanya niat dari rumah mau beli A, malah yang kebeli bisa B, C, D sampai E hehehehh

    April 23, 2020 at 8:49 am
  • Reply tukang jalan jajan

    sesuatu yang sangat membantu banget dong ya, apalagi kalau musim kaya gini yang kudu nerapin physical distancing. Bakalan mudah banget kalau bisa dipesen lewat smartphone. Selalu ada kemudahan dimasa seperti ini

    April 23, 2020 at 11:17 am
  • Reply Grandys Mawarni

    waa makin canggih banget, aku jadi mau cobain deh belanja di kupesan ini. Dan dengan jangkauan yg jauh aja ongkir ga nyampe 20K ya mba

    April 23, 2020 at 11:53 am
  • Reply Fenni Bungsu

    Estimasi waktu diperlukan memang, agar konsumen bisa mengetahui juga kapan waktu yg tepat untuk mengorder pesanannya

    April 23, 2020 at 2:05 pm
    • Reply Apura

      Makanya aku selalu pesan buat dimasak sore atau besoknya

      April 23, 2020 at 4:33 pm
  • Reply Ainhy Edelweiss

    Wouuww hebat banget aplikasi ini yah gak perlu keluar shopping lagi, plus antri hehehe. Tinggal pesan ap yg diinginkan, tp in udh ad di sulsel blm ya?

    April 23, 2020 at 2:58 pm
  • Reply Lina W. Sasmita

    Duuuh Kupesan ini sudah ada belum ya di kota kami? jadi pengen nyoba. Di zaman pandemi corona ini saya jujur saja jadi malas pergi ke pasar.

    April 23, 2020 at 4:56 pm
  • Reply Ria Rochma

    Kemarin teman ngajar ngasih akun-akun di IG yang bisa dipesan untuk penuhi kebutuhan dapur. Dipikir2, memang kadang butuh ya, apalagi masa #dirumahaja sejak ada covid-19 ini

    April 23, 2020 at 8:34 pm
  • Reply Mei Wulandari

    Wah inovasi baru nih keren, buat emak2 macam akui ini mesti coba wkwkwk. Semua kebutuhan dapur bisa dititip beli ya mb? jadi lebih praktis apalagi ongkir elatif terjangkau ya enak nih kupesan.

    April 23, 2020 at 10:05 pm
  • Reply sitatur rohmah

    enak, nih kalau ada asisten belanjain kenutuhan sehari-hari. selain untuk alasan social distancing, kadang malas antri juga, hehe apalagi kalau beli di toko grosir gitu, kita beli sekeranjang antri di depan pakai dorongan yang penuh banget, huhuhu…kadang nggak sabar

    April 23, 2020 at 10:56 pm
  • Reply sitatur rohmah

    enak, nih kalau ada asisten belanjain kenutuhan sehari-hari. selain untuk alasan jaga jarak, kadang malas antri juga, hehe apalagi kalau beli di toko grosir gitu, kita beli sekeranjang antri di depan pakai dorongan yang penuh banget, huhuhu…kadang nggak sabar

    April 23, 2020 at 10:58 pm
  • Reply Nurul Fitri Fatkhani

    Belanja secara online di Kupesan sangat cocok untuk digunakan di saat masa pandemi seperti ini ya. Bisa lebih praktis dan ekonomis

    April 24, 2020 at 7:26 am
  • Reply Inuel

    Ditambah keadaan yang kayak gini ya mbak, belanja jadi lebih menyenangkann.. kalo kita belanja sendiri ke pasar suka kalap, ada yang suka ditambah tambahnkan tapi bukan korupsi hahaha.. Karena tempatku pinggiran, kupesan belum ada kayaknya hikz…

    April 25, 2020 at 6:08 am
  • Reply Ria Kurniasih

    Belum nyobain nih pake KUPESAN. Padahal ini ngebantu banget nih kalo lagi gak bisa keluar rumah.

    April 25, 2020 at 12:36 pm
  • Reply ZEEVORTE

    wah aku mau coba ah apk KUPESAN, sepertinya mudah digunakan dan sangat membantu saat WFH seperti ini

    April 25, 2020 at 2:16 pm
  • Reply Marfa

    Asyik banget ini Kupesan mendukung saat ini saat social distancing ya, apalagi keperluan dapur kan perlu banget namun was-was kalau keluar. Praktis pula! 🙂

    April 25, 2020 at 2:31 pm
  • Reply Blogger Medan - Ririn Wandes

    Kemudahan di saat seperti ini ya,dengan adanya kupesan menjadi mudah mau belanja kebutuhan dapur. Hmm,berarti memang sayuran yang dijual masih segar disana yah. Kalo harga pun masih tidak beda jauh pastinya lebih enak pesan online biar gak repot keluar lagi.

    April 26, 2020 at 10:51 am
  • Reply KakaKiky

    Aplikasi seperti ini cocok banget di pakai di saat sedang masa pandemi seperti ini. Kita gaperlu repot-repot keluar rumah buat beli barang dapur, tinggal pakai Kupesan aja ^_^ hihi

    April 26, 2020 at 2:52 pm
  • Reply firafirdaus

    Belum pernah coba nih kupesan, karena ortu masih kukuh mau belanja sendiri dipasar. Mungkin nanti kalau karantina sudah diperketat, bolehlah pake kupesan supaya aman belanja

    April 26, 2020 at 3:40 pm
  • Reply Aldhi Fajar

    Malah baru tau aku ada aplikasi beginian, harus dicoba nih. Soalnya keadaan tidak memungkinkan kalo keluar rumah.

    April 27, 2020 at 1:45 pm
  • Reply Melly Feyadin

    Makin banyak aplikasi jasa seperti ini ya. Kita dimudahkan dg teknologi jadi gak repot2 belanja ke pasar lg. apalagi di masa pandemi skrg, semua serba online krn social distance

    April 27, 2020 at 2:49 pm
  • Reply Antin Aprianti

    Kupesan ini bisa menjangkau daerah mana saja kak? di saat seperti ini membantu banget kalau bisa belanja di Kupesan

    April 28, 2020 at 12:46 pm
  • Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.