Jalan-Jalan

Wisata Kuliner di Medan, Menu-Menu Ini Harus Dicicipi

Medan memiliki berjuta pesona yang pasti membuat Moms dan keluarga jatuh cinta. Salah satunya adalah keragaman kulinernya, yang punya ciri khas tersendiri dan tak akan moms temukan di kota lainnya. Saking lezatnya, banyak yang rela berburu tiket murah ke Medan hanya untuk mencicip kulinernya (termasuk saya). Pastinya kalau jalan-jalan dengan lebih murah tiketnya, pastinya lebih banyak kuliner yang bisa dicicipi. Hmm, bikin penasaran kan apa saja yang wajib banget diicip selama di Ibukota Provinsi Sumatera Utara ini?

Soto Kesawan

sumber:goodindonesianfood.com

Di antara banyak penjual Soto Medan, Soto Kesawan yang terletak di Jl. A. Yani 116 ini adalah yang paling banyak dicari pecinta kuliner. Yang membuat soto di sini khas adalah menu soto udang dengan lauk udang galah berukuran besar. Selain itu di Soto Kesawan kamu juga bisa pesan soto sapi, ayam atau campuran antara udang โ€“ sapi dan ayam. Soto ini disajikan secara terpisah antara kuah, nasi dan sambalnya. Kuahnya pun khas, pekat dengan santan dan rempah yang membuatnya lezat.

Bihun Bebek Asie

sumber:ksmtour.com

Makanan yang satu ini sangat legendaris di Medan dan sudah terkenal sampai mancanegara. Untuk mendapatkannya, Moms harus merogoh kocek yang cukup dalam karena harganya mencapai ratusan ribu per porsinya. Meski demikian, harga yang dipatok oleh Bihun Bebek Asie pasti tidak membuatmu kecewa. Harga makanan ini mahal karena proses pengolahannya yang memerlukan waktu sampai berjam-jam untuk mendapatkan kaldu bebek yang sempurna.

Banyak pelanggan yang tak masalah dengan harga mahal yang diberikan oleh Bihun Bebek Asie, dan setiap hari resto ini selalu penuh dengan pengunjung. Bahkan ada yang niat berburu tiket murah ke Medan hanya demi mencicip Bihun Bebek Asie.

Lontong Kak Lin

sumber:ksmtour.com

Sajian lontong khas Medan tersaji di depot Lontong Kak Lin yang terletak di Jl. Teuku Cik Di Tiro no 76. Berbagai pilihan menu lain pun disediakan oleh depot Lontong Kak Lin, seperti pecel, nasi gurih dan banyak menu lainnya yang sangat khas Medan.

Mie Balap Wahidin

sumber:mhm.asia

Seperti apa rasa mie balap? Pastinya Moms harus beli tiket pesawat ke Medan dan langsung menuju Mie Balap Wahidin yang terletak di Jl. Gajah. Menu unik ini disajikan di atas selembar daun pisang dan proses masaknya sangat cepat. Karena itulah masakan ini dinamakan Mie Balap, sesuai dengan proses masak dan penyajiannya.

Kedai Kopi Apek

sumber:jenzcorner.net

Ini adalah kedai kopi tertua di Medan dan selalu jadi kunjungan para penikmat kopi di sana. Tidak hanya wisatawan, masyarakat sekitar pun selalu kangen dengan warung kopi yang racikannya sangat dicintai oleh banyak orang.

Kopi di kedai ini memiliki rasa yang khas, tidak akan Moms temukan di tempat lain meski menggunakan biji kopi yang sama. Rahasianya ada di teknik memasak air, pemilihan biji kopi, pengolahan sampai teknik mengaduk. Hmm, menarik kan?

Durian

sumber:ucokdurian.id

Ke Medan tanpa nongkrong di lapak penjual durian itu namanya belum lengkap. Durian Medan sudah lama dikenal lezat dan berdaging gurih, berbeda dengan durian dari kawasan lain di Indonesia. Banyak tempat makan durian di Medan, Moms tinggal menyesuaikannya dengan lokasi terdekat dari penginapan atau tempat wisata.

Seafood Wajir

sumber:gianaryanti.blogspot.co.id

Salah satu alasan berburu tiket murah ke Medan adalah tak sabar ingin mencicip lezatnya Seafood Wajir. Tidak jarang wisatawan langsung menuju ke rumah makan ini begitu mendarat dari pesawat. Sebagai pencinta seafood saya rekomendasikan banget nyicipin makanan yang satu ini.

Kalau Moms ingin mencicipi makanan seafood yang maknyus di Bengkulu, ada juga. Moms datang aja ke Pantai Panjang. Ada banyak pilihan mulai dari makanan ringan sampai berat dan tentunya berbagai jenis seafood sesuai selera Moms dan keluarga.

Ayo, Moms kita wisata kuliner!

Previous Post Next Post

You may also like

40 Comments

  • Reply Junita Susanti

    wow.. siang-siang kayak gini baca tentang kuliner jadi laper kak, kuliner medan emang enak-enak sih, yang paling sering dibawain sebagai oleh2 biasanya bika ambon sih…

    Januari 2, 2018 at 1:00 pm
  • Reply Khoirur Rohmah

    Buah Duriannya melambai-lambai ingin diicip, hee
    Kuliner Medannya menggoyang lidah banget, ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ‘ผ

    Januari 2, 2018 at 1:13 pm
  • Reply mpo ratne

    Ha… Ha… Ha aku ketawa pas baca, kesawan. Kalau di jakarta itu kaya epilepsi. Ternyata makanan. Nanti kalau mpo kerumah you. Ajakin mpo makan di sana ya

    Januari 2, 2018 at 2:09 pm
  • Reply miss dapur

    Waduh jadi lapar. Enak banget kelihatan nya. Biasanya soto cuma satu macam, ini campur campur. Laut dan darat. Udang, ayam sapi. Unik pasti rasanya

    Januari 2, 2018 at 2:12 pm
  • Reply Atiqo

    Bikin ngiker mbaa kulinernyaaa apalagi duriannya jejehehhe

    Januari 2, 2018 at 3:02 pm
  • Reply Rach Alida Bahaweres

    Waduh teryata Medan memang surga kuliner ya. DUa kali ke medan teryata aku baru mencicipi aneka olahan Durian dan Kue Meranti yang terkenal itu. Doain bisa mampir ke Medan lagi ya mba ๐Ÿ™‚

    Januari 2, 2018 at 3:52 pm
  • Reply Nyi Penengah Dewanti

    Waaaaaaaa liurku mau netes nih Mba, enak semuanya. Duriannnya itu lho durinya tajem-tajem banget, beda ama durian di Jawa.

    Januari 2, 2018 at 5:32 pm
  • Reply monique firsty

    Wah jadi pengen nyobain soto medan yang asli di kotanya, kalau di batam banyak tapi belum pernah coba aslinya

    Januari 2, 2018 at 6:55 pm
  • Reply dunialingga

    masya Allah…mupeeeng….dari semua makanan yang ada, cuma duren yang pernah dicobain..yang lain…aduuuuh kapan bisa ke medan..

    Januari 2, 2018 at 7:23 pm
  • Reply Nova DW

    Benar-benar surga kuliner nih apalagi buat pecinta seafood ya mbak ^^

    Januari 2, 2018 at 7:34 pm
  • Reply Helena

    Tadinya naksir bebek tapi harganya… mau coba seporsi dulu deh. Kalau memang enak banget ya worth it.

    Januari 2, 2018 at 7:52 pm
  • Reply Munasya

    Biasanya soto itu kuahnya bening, tapi yg itu kok hampir mirip kuah santan

    Januari 2, 2018 at 8:13 pm
  • Reply Okti Li

    Aduh lihat fotonya langsung deh terbayang aroma dan wanginya.
    Kapan ya bisa ke Medan…
    Semoga ada kesempatan biar bisa mencicipi semua kulinernya ๐Ÿ™‚

    Januari 2, 2018 at 9:36 pm
  • Reply andyhardiyanti

    Kedai Kopi Apek? Beneran namanya gitu? Huhuuhu..unik bener… Sepertinya saya tertarik sama kedai kopi ini nih.

    Januari 2, 2018 at 10:48 pm
  • Reply rizka dmanda

    mie balap wahidin sepertinya enak. semoga ada rejeki pengen banget main ke medan..

    Januari 3, 2018 at 8:22 am
  • Reply Niee

    Kalau aku biasanya lagi liburan keluar kota gak pernah wisata kuliner mbak. kurang cocok dilidah aku yang katrok deh ๐Ÿ˜…

    Januari 3, 2018 at 11:08 am
  • Reply Khairiah

    Kapan2 kalo ke medan mo nyicip kuliner ini ah

    Januari 3, 2018 at 5:05 pm
  • Reply Khairiah

    Kapan2 kalo ke medan mo nyicip kuliner ini ah doakanbisa jalan 2 ke medan

    Januari 3, 2018 at 5:06 pm
  • Reply Fira Firdaus

    Malam-malam niatnya diet, di meja cuma ada air lemon.
    Mampir ke blog mbak pura…

    lapar :'(

    Januari 3, 2018 at 8:49 pm
  • Reply lorenikooo

    Tahun 2014 pernah ke medan, tapi ga sempat cicip makanan lokalnya karena dikasih nasi kotak mulu sama panitia baksos. Mudah-mudahan bisa kesana lagi

    Januari 3, 2018 at 8:53 pm
  • Reply Icha faizah

    Astagaaa, baru sempet bw malem dan baca ginian.๐Ÿ˜… lapeerrrr

    Jadi referensi nih kalau pankapan maen ke Medan

    Januari 3, 2018 at 11:53 pm
  • Reply Eni Martini

    Baca ini tengah malam bikin lapeeer

    Januari 4, 2018 at 12:04 am
  • Reply Beautyasti1

    What?! Kaldu bebek? Unik nih mba, aku baru tau kalau masak bebek bisa berjam jam demi kaldu nya. Wajib coba. Mie balap dan seafood nya juga menggiurkan

    Januari 4, 2018 at 5:31 am
  • Reply naqiyyah syam

    Wah sennagnya info ini, kalau ke Medan lagi mau mencicipi semua nih hehe

    Januari 4, 2018 at 8:34 am
  • Reply Akarui Cha

    Duriannya sih yang pengen banget bisa langsung aku cicipi kalau suatu waktu nanti, punya kesempatan ke Medan.

    Januari 4, 2018 at 10:35 am
  • Reply Ika Pasca

    Jadi pengen ke medan nih mbak, lihat kuliner nya enak enak

    Januari 4, 2018 at 2:21 pm
  • Reply zefy

    pagi-pagi

    lapar-lapar

    baca ginian

    cocok

    Januari 5, 2018 at 6:21 am
  • Reply Turis Cantik

    Kuliner di medan memang bikin badan cepat genduuutt heheheh

    Januari 5, 2018 at 11:28 am
  • Reply Aang verianto

    Makanan berat euy, kalo aku durianers..

    Januari 5, 2018 at 4:15 pm
  • Reply Travel Malang Juanda

    Ternyata banyak makanan khas Medan yang tanpa bumbu pedas ya

    Januari 6, 2018 at 7:03 am
  • Reply retno

    Di medan ada Mie Balap , kalau di Surabaya ada lontong balap hihihi…

    Januari 6, 2018 at 3:21 pm
  • Reply Anindita Ayu

    Mbak pura, Anin jadi laper.. Semua makanannya terlihat enaak dan menggoda iman hiks

    Januari 6, 2018 at 5:19 pm
    • Reply Apura

      hahahaha ayoo makan, lupakan diet

      Januari 7, 2018 at 1:03 am
  • Reply Intan Novriza Kamala Sari

    Aaaaaaaa aku suka bebek. Penasaran banget pengen cobain bihun bebeknya loh ๐Ÿ˜€

    Januari 6, 2018 at 10:27 pm
    • Reply Apura

      aku juga suka bebek kak. yuk cobain

      Januari 7, 2018 at 1:02 am
  • Reply Ria Kurniasih

    Wahhh pengen nyobain Mie balap nihh mbak

    Januari 7, 2018 at 12:00 pm
  • Reply sunardi

    Mie balap nih yang sering diceritakan istri saya, tambah penasaran pengen icip

    Januari 8, 2018 at 11:10 am
  • Reply adi pradana

    Duriannya itu lho, foya-foya nikmatnya…. yuk pesta durian.

    Januari 9, 2018 at 10:12 am
  • Reply Juli

    Pagi buta baca ini, lapeerr. Hehe.
    Sayabdi Batam, sukaa bgt sama soto Medan. Penasaran soto Medan asli Medan gmn ya rasanya. Makin lapar.. hehehe

    Januari 14, 2018 at 4:01 am
  • Reply Yogyakarta Bromo Ijen Tour Package

    ini nih salah satu yang wajib kalo lagi wisata, nyicipin semua kuliner daerahnya, heheheh,

    November 16, 2018 at 8:33 am
  • Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.