taman minimalis memiliki banyak manfaat, salah satunya memperindah rumah

taman minimalis memiliki banyak manfaat, salah satunya memperindah rumah

Memiliki taman yang asri adalah impian setiap pemilik rumah, terlebih jika Anda termasuk orang yang cinta akan tumbuhan. Selain bisa membuat udara di rumah segar, dengan memiliki taman di sekitar rumah dapat juga membuat rumah terlihat estetik. Tidak perlu khawatir jika luas rumah Anda tidak terlalu besar. Dengan kreativitas dan konsep taman minimalis yang baik. Anda bisa dengan mudah memiliki taman impian Anda.

Sebelum membuat taman, ada baiknya Anda merancang desain taman minimalis yang sesuai dengan kondisi dan luas lahan rumah. Selain itu, carilah beberapa referensi taman minimalis yang cocok dengan rumah Anda. Desain taman minimalis seperti tanaman dalam pot atau taman vertikal bisa Anda jadikan referensi untuk taman minimalis pada rumah Anda. Dengan memilki taman di rumah tentu banyak manfaat yang akan kita dapatkan, diantaranya yaitu:

  1. Menyerap polusi

    Karbondioksida hasil dari gas kendaraan bermotor dapat diserap oleh tanaman. Sehingga udara di rumah menjadi sejuk dan bersih. Hal ini sangat penting bagi pernafasan Anda dan keluarga. Pelajari beberapa jenis tanaman yang mampu menyerap karbondioksida seperti flamboyan, kenanga dan bunga merak. Udara di sekitar rumah Anda juga akan terasa lebih sejuk dan sehat bila menggunakan tanaman jenis tersebut.

  2. Menyalurkan hobi berkebun

    Bagi Anda yang suka berkebun atau pecinta tumbuhan. Taman minimalis sangat cocok untuk menyalurkan hobi Anda. Anda bisa menaman berbagai jenis tanaman sesuai keinginan Anda. Dengan menanam tanaman hias, mampu menyalurkan hobi sekaligus mempercantik rumah Anda dengan tanaman hias yang ada di taman.

  3. Sumber oksigen

    Seperti yang kita ketahui bahwa tumbuhan atau tanaman mengeluarkan oksigen yang berguna sebagai pernafasan kita. Oksigen yang dihasilkan oleh fotosintesis pada tumbuhan dapat kita dapatkan dengan mudah jika Anda memiliki tumbuhan di sekitar rumah.

  4. Hiburan

    Salah satu manfaat taman di perkarangan rumah adalah tempat hiburan bagi Anda dan keluarga. Anda tidak perlu jauh-jauh untuk piknik, Anda bisa menciptakan hiburan sendiri bagi keluarga di rumah. Setelah seharian beraktivitas, dengan melihat tanaman hijau atau tanaman bunga di sekitar rumah dapat membuat rasa nyaman tersendiri bagi penghuninya.

  5. Mempercantik rumah

    Dengan adanya taman pada rumah akan memberikan keseimbangan terhadap rumah. Anda akan merasa nyaman dan sejuk jika tinggal di rumah yang memiliki taman. Selain itu, taman juga berguna sebagai pelengkap untuk mempercantik rumah Anda. Tanaman atau bunga yang warna-warni membuat rumah Anda terlihat menarik dan fresh.

  6. Sirkulasi udara baik

    Tumbuhan yang terdapat di taman minimalis Anda akan memberikan fungsi penting bagi seluruh isi rumah. Yang paling penting adalah sirkulasi udara yang segar dan bersih. Terlebih jika Anda tinggal di perkotaan yang tingkat polusinya cukup tinggi. Taman pada rumah Anda dapat berguna sebagai penyangga ekosistem dan penyalur oksigen udara yang bersih dan sehat.

  7. Sebagai area resapan

    Taman minimalis Anda bisa digunakan sebagai resapan air hujan sehingga bisa masuk kedalam tanah. Dengan adanya taman, maka Anda turut berperan dalam program green building. Hal ini berupaya untuk mengatasi banjir yang seringkali terjadi jika musim hujan turun. Memiliki taman di rumah kota-kota besar sangat dibutuhkan untuk mengatasi banjir.

Itulah beberapa manfaat yang Anda dapatkan jika memiliki taman minimalis di rumah. Anda tidak harus meletakkan taman di bagian depan rumah. Anda juga bisa membuat taman didalam rumah. Perhatikan komposisi tanaman sebaik mungkin. Hal ini sangat berguna untuk menciptakan taman rumah yang harmonis. Anda juga bisa menambahkan pohon yang tidak terlalu besar pada rumah Anda agar memberikan kesan yang sejuk.


Apura

Seorang ibu dari anak yang bernama Andara (Adis). Sehari-hari mengajar di sebuah SMP. Meluangkan waktu senggang untuk menulis di blog mengenai kehidupan sehari-hari, flash fiction, dan puisi. Saat ini memiliki target menyelesaikan kumpulan puisi berbahasa Inggris.

Untuk melihat profil lebih lanjut dapat mengunjungi media sosial berikut ini:
Twitter: @ara_damiril
Facebook: Apura Meity
IG: @andara_adis
Email: bengkuludara@gmail.com

10 Comments

Mildaini · November 5, 2017 pada 12:53 am

cakep juga ya, ini solusi banget buat rumah dengan lahan sempit

Rach Alida Bahaweres · November 5, 2017 pada 5:37 pm

Halo mba
Kebetulan banget aku juga pakai taman di belakang rumah, mba. Dan memang yang mba tulis itu bener. Hanya saja memang harus drawat dengan baik agar selalu indah ya

Inge Maria Wibowo · November 6, 2017 pada 6:47 pm

Bagus yaa. Pengennya juga punya taman yang cantik di rumah. Besok kalo udah punya rumah sendiri wajib deh bikin taman kayak gini.

andyhardiyanti · November 7, 2017 pada 8:40 am

Kalau ada taman minimalis gini rasanya sejuk gitu dipandang ya mbak. Bikin tambah betah di rumah.

Liza · November 7, 2017 pada 8:48 am

pingin banget punya taman minimalis kalau udah punya rumah sendiri nanti. kalau sekarang, kontrakanku enggak mendukung untuk ditata sedemikian rupa

Yurmawita · November 7, 2017 pada 9:46 am

cakep deh, bisa untuk tempat menulis ya disini enak tempatnya

Eni Rahayu · November 7, 2017 pada 10:46 am

Cantik meski lahan terbatas,terima kasih tipsnya mbak

Indira · November 7, 2017 pada 12:11 pm

Suka deh lihat postingan ttg rumah gini.
Jadi ada masukan buat nanti kalau udah bisa beli rumah.
Emang ngelihat tanaman yg hijau-hijau gini mah berasa sejuk dan terasa tenang ya mba 🙂

April Hamsa · November 9, 2017 pada 11:03 am

Keren banget mbak tamannya. Cita2ku pengen punya teman tapi di dalam atau belakang rumah gtu. Cuma sayang lahan terbatas. Jadinya ya yg mungkin cuma taman depan. Iya bikin sirkulasi udara lancar, jd kalau pagi2 buka jendela bisa seger ya 😀 TFS

    Apura · November 16, 2017 pada 10:36 am

    saat ini aku juga baru ada taman di depan rumah. Maunya renovasi lagi biar bisa bikin taman di samping/dalam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *