Arsip Tag: kesehatan rambut

8 Kebiasaan ini Ternyata Merusak Rambut

Merawat Rambut Rusak

Merawat Rambut Rusak

Rambut adalah mahkota, sekalipun berhijab rambut tetap harus dirawat. Ga mau kan jadi botak lebih cepat dari waktunya? Jadi, jangan cuma kondisi kulit wajah aja yang diperhatikan, kondisi rambut juga dong. Nah, kali ini saya mau kasih tau beberapa kebiasaan yang secara ga  sadar kita lakukan dan ternyata merusak rambut. Cek, yuk!

1. Terlalu Banyak Kondisioner

Pakai kondisioner setelah keramas emang bikin rambut lembut, halus, mudah diatur, dan gampang disisir. Tapi, kamu tau gak? Ternyata terlalu banyak pakai kondisioner malah bikin rambut kamu lepek dan kalau kondisionernya kena kulit kepala tak jarang malah bikin ketombean, gatal atau iritasi. Ga banget kan? Makanya sebelum pakai kondisioner pastikan dulu membaca cara pakainya. Cukup diusapkan aja dari bagian tengah sampai ke ujung rambut, setelah itu bilas hingga bersih.

2. Sinar Matahari

kalau kulit terlalu lama kena sinar matahari jadi gosong. Terus kalau rambut? *prok-prok-prok jadi apa hayo dibantu ūüėÄ tentu saja jadi gatal dan ketombean. Betul? Selain itu bisa bikin rambut kering dan bercabang. Kalau aktivitas kamu banyak di luar ruangan, jangan lupa gunakan penutup kepala, seperti topi atau hijab. Payung juga boleh, pokoknya jangan biarkan rambut kamu terpapar sinar matahari terlalu lama ya. Kalau terlanjur rusak gimana? Bisa kamu atasin dengan menggunakan shampoo anti ketombe atau kondisioner. Bila perlu berikan vitamin rambut agar tetap kinclong.

3. Mencuci Rambut Setiap Hari

Wah, ternyata mencuci rambut alias keramas tiap hari ga bagus. Bisa bikin kamu jadi suster keramas, eh maksudnya malah bikin rambut rusak, loh. Rambut jadi kering dan kehilangan kelembapannya. Terus waktu paling baik untuk keramas kapan? Keramas lah 2 – 3 hari sekali agar rambut tetap sehat.

4. Menggunakan Pengering Rambut

Saya sih kalau buru-buru ngantor atau pergi pasti pakai pengering rambut alias hair dryer. Panasnya pun disetel ke tingkat maksimum, biar cepat kering. Maklum pakai jilbab, kalau rambut basah langsung digulung rambutnya jadi bau apek dan bikin kulit kepala gatal. Lah, solusinya apa dong? Solusinya setelah keramas biarkan rambut kering dengan sendirinya, bisa dengan digulung pakai handuk atau diangin-anginkan aja. Kalaupun harus pakai hair dryer, jangan langsung disetel ke panas maksimum atau bisa juga tentukan waktu keramasnya, misalnya sore hari. Jadi ga buru-buru kan ngeringin rambutnya?

5. Menyisir Rambut Saat Basah

Hayo siapa yang sering nyisir rambut saat masih basah? Ternyata kalau rambut basah disisir malah bikin rontok dan bercabang. Terus kulit kepala juga masih lembap, sehingga kalau disisir bisa saja bikin luka. Ih, serem ya… Maka lebih baik keringkan dulu rambutnya baru kemudian disisir. Kalau rambut kamu mudah patah atau rontok, sisirlah dengan sisir yang bergigi jarang agar mengurangi kerontokan.

6. Salah Pilih Jenis Shampo

Saat ini emang banyak banget ya berbagai jenis shampo dan mereknya. Kamu tinggal sesuaikan saja dengan jenis rambut yang kamu punya. Misalnya, rambut kering, berketombe, rontok ataupun berhijab. Jangan salah pakai shampo, bisa-bisa rambut kamu bukannya makin bagus, malah makin rusak. Yuk, baca dulu keterangan di botol shampo biasanya tertera shamponya buat jenis rambut seperti apa.

7. Malas Potong Rambut

Hihihi… Buat para perempuan atau emak-emak biasanya sayang banget motong rambut yang udah panjang atau malah potongan rambutnya pendek terus? Wah, ternyata rambut juga butuh dipangkas loh. Selain bikin rambut lebih rapi, memotong rambut ternyata bisa membuat rambutmu lebih sehat. Sebab, semakin panjang rambut ternyata nutrisi yang diperlukan juga makin banyak. Gak jarang kan kamu nemuin rambut yang ujungnya bercabang atau merah? Jadi, cara mudahnya buat ngilangin rambut rusak bisa dengan dipotong. Setelah potong rambut pun kepala jadi lebih ringan. So, jangan malas potong rambut ya? Biar tetap kece

8. Terlalu Banyak Pemakaian Zat Kimia

Yup, yang terakhir hindari memakai terlalu banyak zat kimia pada rambut. Apa aja? Misalnya, kamu yang sering gonta-ganti warna rambut, gaya rambut, atau keseringan keramas. Sudah pada tau kan kalau pewarna rambut ataupun hair spray  yang digunakan mengandung zat kimia? Mendingan dihindari deh. Jangan terlalu sering pakai pewarna rambut ataupun obat-obatan untuk rambut lainnya. Kalau mau ganti warna atau gaya rambut, cukup pakai Wig (rambut palsu) aja simple kan? Lebih simple lagi nih buat para perempuan tinggal pakai hijab. Wah, dijamin rambut sehat, iman pun makin kuat. Iya apa iya?

Sip, ya itu dia 8 Kebiasaan yang sering kamu lakukan dan secara ga sadar bisa merusak rambut. Selamat keramas! ūüôā

Baca juga tulisan saya mengenai Infeksi Saluran Kemih dan Cara Mengatasinya