Resep Ala Kadarnya

Resep Sambal Terasi Rumahan

Resep sambal terasi rumahan. Bahan yang diperlukan adalah cabe merah secukupnya bukan cabe-cabean. Lalu, bawang merah, bawang putih biarin mereka berantem. Gula merah aren, tomat, garam serta tidak lupa terasi, minyak sayur, dan yang terakhir air buat mereka mandi biar ga bau terasi.

Nah, sekarang kita ke pengolahannya. Siapkan kuali yang tak terlalu besar apalagi terlalu kecil. Pokoknya yang sedang-sedang aja. Lalu mari kita komporin mereka supaya bertengkar.

Caranya mudah, panaskan minyak sayur, masukkan cabe, bawang merah, bawang putih, tomat, garam, gula aren, terasi dan air. Rebus semuanya hingga layu dan ga ribut-ribut lagi. Pastikan pertengkaran keluarga mereka tidak terdengar tetangga dengan cara menutup kuali. Biarkan hingga airnya tersisa sedikit.

Setelah itu jangan lupa matiin kompor. Cek, apakah mereka sudah tidak berantem lagi atau masih dengan egonya masing-masing? Biasanya sih, yang mengalah tomat, terasi, gula, dan garam. Mereka sudah lebur, lunak tiada dendam. Buat cabe-cabean dan bawang-bawangan perlu usaha lebih keras.

Jadi yang harus kamu lakuin, siapkan batu giling (ibu dan anaknya). Nah, terus halusin deh tuh semua bahan yang ada dikuali. Lindes pake batu giling. Inget ya, ga usah terlalu halus. Hati-hati juga tangan anda ikutan panas karena terlalu banyak mencampuri urusan rumah tangga orang lain. Kalau sudah, masukin deh ke mangkuk sambal. Tinggal dihidangkan dengan pecel lele, lalapan dan nasi yang hot. Hmmm yummy…

Demikian resep sambal terasi rumahan ala kadarnya. Selamat mencoba!

Previous Post Next Post

You may also like

2 Comments

  • Reply madeehana

    Aku mau nambah tips nih, Kak Ara.

    Sambil ngulek sambil ngebayangin orang yang suka bikin kesel. Dijamin kecepatan ngulek dan kehalusan sambal lebih dari yang bisa kita bayangkan. #jengjeng 😐

    April 26, 2014 at 3:56 am
    • Reply apura

      Hahhahaha… Nanti kalo bikin sambal terasi lagi, aku coba tipsnya Hana. 😀

      April 26, 2014 at 6:31 am

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.