Resep Ala Kadarnya

Resep Mudah Donat Mini Lembut dan Enak

Beberapa waktu lalu saat liburan, iseng bikin donat. Setelah browsing sana sini dan modifikasi di mana-mana dengan bahan dan alat ala kadarnya akhirnya jadi juga donatnya. Yuk, dicek bahan dan cara membuatnya…

Bahan-bahan:

250 gram tepung terigu. *aku kira-kira aja seperempatnya. Soalnya nyetok kiloan

1 butir kuning telur. *putihnya dicampur di adonan bakwan jagung sayur. Resep nyusul ya

2 sendok makan gula pasir

2 sendok makan susu bubuk *aku pakai susu bubuknya Andara, kebetulan rasanya vanila

1 sendok teh Fermipan

1 sendok makan Margarin *aku pakai blue band serbaguna. Sesuain stok di rumah 😀

100 ml Air *aku nakarinnya pakai botol susu anak gadis di rumah. 😛

keju, meises, susu kental manis untuk topping donat secukupnya. Boleh juga pake gula halus, selai roti atau apa aja deh yang ada di rumah.

secukupnya minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Aduk gula, fermipan dan kuning telur sampai gula larut. (Aku aduk pake sendok aja, adanya cuma sendok ga punya mixer atau alat lainnya. Jadi, gulanya ga gitu larut. Wkwkwkwk).
  2. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, lalu aduk rata.
  3. Tambahkan air dan uleni (pake tangan ya) sampai setengah kalis. Masukan margarin (margarinnya ga aku cairkan kok, langsung cemplungin aja) dan uleni sampai kalis.
  4. Tutup adonan dengan serbet dan biarkan satu jam. (Bisa ditinggalin beres-beres rumah, nyuci piring atau nonton drakor)
  5. Kempiskan adonan (kalo ga ngembang setelah sejam ya lanjut aja, hajar!) bagi menjadi kira-kira 15 buah bola-bola dan biarkan kurang lebih 15 menit. (karena ga sabaran nunggu setelah dibulatkan dan dibolongi, aku langsung goreng aja)
  6. Bentuk bulatan bola menjadi bentuk donat, dengan cara bolongin aja dengan jari. Pastikan jarinya ga bekas ngupil. Kalau agak lengket, bisa pake tepung terigu kok untuk membentuk bola-bola atau melubangi donatnya.
  7. Panaskan minyak dan goreng donat dengan api sedang agar matang hingga ke bagian dalam dan warnanya berubah keemasan eh kecokelatan
  8. Oleskan mentega atau margarin ke atas donat yang telah matang, taburi mesis, keju dan susu. Hasilnya donat mini lembut siap disantap

Andara suka banget makan topping kejunya. Tapi, donatnya juga kok. Selamat mencoba resep donat mini ini!

 

Previous Post Next Post

You may also like

Leave a comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.