Apura's Blog - Pilih Jadi Full Time Blogger atau Part Time Blogger? | Apura's Blog
Ilmu BoBe

Pilih Jadi Full Time Blogger atau Part Time Blogger?

Blogger sekarang sudah bisa dibilang sebuah pekerjaan loh karena ternyata bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Namun, bagi aku sendiri lebih memilih part time blogger. Alasannya aku jelasin di bawah ini, keep reading yah!

Pendapatan Seorang Blogger Tidak Tetap

Ini alasan utamanya mengapa aku lebih memilih sebagai part time blogger. Aku terbiasa sejak dulu mengelola uang sendiri, jadi kalau tiba-tiba satu bulan sama sekali tidak pegang uang kok rasanya aku gak siap ya? Mungkin karena aku juga termasuk dalam golongan orang-orang yang tidak berani mengambil resiko, berspekulasi terhadap masa depan diri sendiri. Jadi, aku mungkin akan tetap melanjutkan pekerjaanku sebagai seorang guru dimana setiap bulannya sudah mendapatkan gaji ditambah lagi jika ada sertifikat pendidik bisa dapat uang sertifikasi. Hehehe…

Namun, bukan berarti aku tidak pernah kepikiran mau jadi seorang full time blogger. Pernah tapi tidak yang mau banget. Selain masalah penghasilan alasan lainnya adalah Bosan.

Bukan Orang yang Selalu Betah di Rumah

Aku orang yang kalau seharian di rumah, maka besoknya harus pergi keluar. Terserah mau ngapain, sekadar beli buah di simpang atau ke warung. Ho oh aku bosan dengan rutinitas di rumah yang itu-itu saja. Tapi giliran sibuk kerja kadang maunya libur dan tiduran di rumah. 😛

Loh, tapi kan blogger ada event-nya? Bisa ikut event gitu kan? Iya. Blogger di kota besar bisa saja mempunyai banyak event. Menghadiri launching ini itu di mana-mana. Sedangkan untuk kota kecil seperti Bengkulu, blogging event itu jarang banget loh ada. Biasanya hanya sekadar kelas blogger saja di setiap bulannya. Artinya cuma sebulan sekali dong? yah, aku mau lebih.

Belum Konsisten Menulis

Nah, ini PR-nya. Sekalipun aku sudah punya dua blog berdomain TLD. Bukan berarti aku rajin banget nulisnya. Enggak. Malah blog yang satunya paling di-update sebulan sekali saking tidak konsistennya. Tambahan lagi itu blog yang ber-niche pendidikan bisa terabaikan dong kalau aku resiign sebagai guru. Gak bisa pamer lagi. Hahahha

Sungguh konsisten menulis itu sulit, walaupun hanya seminggu sekali misalnya. Makanya aku ikutan challenge nulis selama 30 hari dari Blogger Perempuan, agar memaksa diri menulis. Semoga rajin dan istiqomah kamu ya!

Aku rasa tiga alasan diatas jadi penyebabnya mengapa aku lebih memilih sebagai part time blogger. Aku lebih suka menulis blog ini sebagai hobi yang (kadang berbayar) ketimbang menjadikannya mata pencarian. Kalau yang pilih sebagai full time blogger alasannya apa? Share ya:)

Previous Post Next Post

You may also like

Leave a comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.