Bisnis Ilmu BoBe Tips Tricky

Pengertian Serta Perbedaan Hosting Unlimited dan Hosting Limited

Dulu, sewaktu masih nge-blog di wordpress gratisan, aku mana tahu apa itu blog TLD, apa itu domain, hosting, DA, PA, google analytic dan lain-lainnya. Pengetahuanku hanya sebatas menulis di blog, posting dan biarkan saja mau berapa banyak yang membaca atau tidak. Bahkan sempat hibernasi bertahun-tahun. Nah, setelah akhirnya di Bengkulu ada komunitas blogger, aku mulai sadar ternyata blog bisa di-monetize. Alias bisa dapat penghasilan dari hobi nge-blog. Mulai deh aku berpikir untuk mengubah blog menjadi TLD (top level domain) alias mudahnya blog berbayar. Soalnya menurut tips dari beberapa teman yang lebih dulu punya blog TLD, brand atau agensi akan lebih banyak melirik blog yang sudah TLD. Dengan bantuan salah satu anggota komunitas juga akhirnya aku migrasi dari wordpress.com menuju domain sendiri dan jadilah blog katapura.com ini.

Ternyata kalau punya blog wordpress tak hanya sebatas beli domain. Harus punya hosting juga. Nah, hosting ini ada yang unlimited dan limited. Lah, terus hosting itu apa? Beda hosting limited dan unlimited juga apa? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Apa itu hosting?

Sebelum mencari tahu apa itu hosting unlimited, alangkah baiknya kita mengetahui dulu pengertian hosting. Hosting adalah sebuah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang dibutuhkan oleh semua website. Nantinya data-data tersebut dapat diakses lewat internet. Data di sini bisa berupa file, email, gambar, aplikasi/program dan database.

Untuk lebih dimengerti, hosting bisa diibaratkan sebagai berikut:

Manajemen mall menyewakan, ruangan beserta infrastruktur, listrik, telepon, dan fasilitas lainnya supaya orang-orang dapat membuka usaha. Tiap kios memiliki pengelola yang berbeda-beda, begitupun dengan desain dan dekorasinya. Mereka pun menetapkan jam operasi yang berbeda-beda. Dalam hal ini, kios atau ruangan yang disewa tentu memiliki sebuah batasan, misalnya ruangan yang disewakan seluas 10mx7m, maksimalnya adalah besarnya gedung mall tersebut.

Dari perumpamaan di atas, perusahaan hosting seperti menyediakan hardware (ruangan), jaringan (infrastruktur), email (telepon), dan lain sebagainya supaya Anda bisa membuka/membuat sebuah website. Satu gedung mall terdiri dari beberapa ruangan. Setiap ruangan diisi oleh pelanggan yang berbeda. Setiap pelanggan telah memiliki batas penggunaan diskspace (batas ruangan) yang berbeda. Hal ini membuat mereka menjalankan website yang berbeda-beda.

Bagaimana cara memilih hosting yang baik?

Cara Memilih Hosting Yang Baik

Pemilihan hosting sendiri berbeda-beda sesuai dengan target dari pengunjung Anda. Untuk itu bagi Anda yang ingin menargetkan masyarakat Indonesia sebagai targetnya, maka akan lebih baik memilih hosting lokal. Terlebih ada sejumlah kelebihan yang bisa didapatkan dari hosting lokal, misalnya di bawah ini:

  • Harga yang cenderung lebih terjangkau dibanding hosting luar negeri
  • Komunasi menjadi lebih mudah
  • Tersedia artikel referensi apabila Anda mengalami kesulitan yang berkaitan dengan tata-kelola hosting
  • Biasanya menawarkan garansi refund/pengembalian uang
  • Server yang satu ini juga memiliki tingkat kecepatan yang cukup baik

Dari kelebihan di atas, kita sudah bisa melihat bahwa hosting lokal sudah cukup baik untuk menjamin kelangsungan website Anda nanti. Akan tetapi, Anda juga harus memperhatikan kekurangannya seperti di bawah ini:

  • Hosting lokal kurang cocok untuk website dengan target pengunjung luar negeri. Untuk itu, bagi Anda yang target pengunjungnya luar negeri akan lebih baik menggunakan hosting luar negeri.
  • Tidak semua provider lokal yang menawarkan reliable hosting. Untuk itu, Anda harus lebih jeli dalam memilih penyedia layanan hosting.

Hosting unlimited

Kepercayaan dan kualitas sebuah web hosting memang menjadi pertimbangan tersendiri sebelum menentukan mana web hosting terbaik. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan fasilitas dan juga layanan dengan harga yang ditawarkan.

Salah satu web hosting yang sudah terpercaya di Indonesia adalah IDwebhostcom. Idwebhost menyediakan sejumlah paket hosting yang sangat menarik dengan sejumlah fasilitas menguntungkan bagi pembeli. Selain itu, pelayanan yang diberikan pun sangat memuaskan bagi pelanggan. Hal ini terbukti dengan kepuasan para pelanggan idwebhost. Tidak heran jika idwebhost menjadi pilihan terbaikΒ  untuk menjamin kelangsungan website.

Apa Itu Hosting Unlimited?

Hosting sendiri dibagi menjadi dua, yaitu hosting limited dan hosting unlimited. Dilihat dari namanya saja, keduanya tentu sangat berbeda. sebelumnya, kata limited dan unlimited pasti sudah tidak asing di telinga Anda, karena sering sekali digunakan setiap hari. bahkan kini kata unlimited sering digunakan oleh penyedia layanan seperti provider simcard handphone ataupun provider lainnya.

Ternyata istilah unlimited pun sering digunakan untuk sejumlah web hosting yang tersedia. Sejumlah fasilitas pelayanan hosting unlimited ini memang sudah bisa Anda nikmati. Akan tetapi dari semua itu, tidak ada yang tidak ada batasnya. Se-unlimited apapun itu, pasti ada batasnya. Sebenarnya dengan kemudahan fasiltias web hosting unlimited ini, membuat para pengguna web atau web designer semakin dimudahkan dalam mengelola akun web ataupun blog yang mereka miliki. Untuk lebih jelas perbedaan antara keduanya, simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Hosting Unlimited

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hosting sering digunakan untuk pengelolaan sebuah web atau blog. Hosting sering juga diibaratkan sebagai tempat untuk mendirikan sebuah rumah atau bangunan. Tentu, tanpa adanya tempat, Anda tidak akan bisa membangun sebuah bangunan seperti yang Anda impikan selama ini. Di samping pengertian hosting tersebut, kini banyak bermunculan dalam pengelolaan web hosting yang unlimited. Lalu apa itu hosting unlimited?

Hosting unlimited merupakan sebuah layanan provider hosting yang memberikan pelayanan tanpa batas. Teknologi yang semakin berkembang seperti saat ini tentu saja membuat kita lebih mudah dalam mengelola sebuah website untuk menjadi sebuah situs yang besar. Perusahaan-perusahaan besar seperti, Amazon, Google, Yahoo dan lainnya pn telah banyak menyediakan hosting unlimited untuk memudhakan aktivitas blogging Anda.

Dari penggunaan web hosting unlimited tersebut tentunya banyak sekali kegunaan yang bisa didapatkan. Berdasarkan pengalaman dari sejumlah blogger, yang sering mengalami overquota diskspace ataupun kasus bandwidth yang mengalami overlimit, adanya hosting unlimited ini sangat membantu. Meskipun pada akhirnya diskspace ataupun bandwidth yang disewakan tidak akan digunakan secara terus menerus.

Kemudahan Dalam Menggunakan Hosting Unlimited

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tentu banyak sekali kemudahan yang bisa Anda rasakan saat menggunakan sebuah provider web hosting yang menyediakan hosting unlimited. Sejumlah hal bisa dilakukan dengan bebas di website Anda. Meski begitu, web hosting unlimited pun akan memberikan pelanggaran bagi mereka yang tidak memenuhi ketentuan yang sudah ditetapkan. Sejumlah kemudahan tersebut sangat nyata dan bisa dirasakan saat Anda telah menggunakannya. Anda tidak perlu khawatir bila hosting yang Anda gunakan selama ini akan overlimit atau dengan kata lain sudah tidak bisa digunakan lagi. Dengan hal ini, aktivitas blogging yang selama ini dilakukan akan lebih mudah.

hosting unlimited

Seberapa Unlimited Sebuah Hosting Unlimited Itu?

Hosting unlimited sendiri perhitungan penggunaan spacenya dibatasi dengan menggunakan sistem inodes. Inodes adalah perhitungan banyaknya file dan juga folder. Misalnya, Anda menyimpan sebanyak 10 file atau folder, maka Anda sudah menggunakan 10 inodes.

Lebih jelasnya, paket hosting unlimited dari Provider A menetapkan bahwa maksimal inodes 10.000, lalu berapa banyak space hardisk yang dapat digunakan?

  • Kemungkinan 1, Anda dapat menyimpan 10.000 file dengan ukuran 1KB, maka space yang didapatkan sebesar 10.000KB atau sekitar 10MB.
  • Kemungkinan 2, Anda dapat menyimpan 10.000 file random dengan ukuran 10KB sampai 10MB, jadi berapa total space yang dipakai?
  • Kemungkinan 3, dst… dan kemungkinan-kemungkinan lainnya.

Kesimpulannya, besar space hardisk yang digunakan tidak bisa dipastikan karena perhitungannya sendiri tidak menggunakan perhitungan kuota space, melainkan memakai inodes. Di mana tiap inodes bisa saja memiliki ukuran yang berbeda.

Pengertian Hosting Limited

Hal ini tentu berbeda dengan hosting Limited. Hosting limited merupakan hosting yang memiliki perhitungan kuotanya menggunakan ukuran seperti Megabyte atau Gigabyte. Untuk itu, tidak seperti hosting unlimited yang menggunakan perhitungan inodes.

Hosting limited biasanya menawarkan sejumlah jenis paket rencana dengan batasan yang berbeda-beda. Disertai juga dengan pilihan untuk upgrade ke paket yang lebih tinggi. Sejumlah pemilik website yang memilih hosting limited berpendapat bahwa yang satu ini lebih memuaskan karena batas pemakaiannya sudah diinformasikan dengan jelas dan dapat disesuaikan dengan permintaan klien.

Bagaimana? Penjelasan di atas sudah jelas bukan? Keputusan akhir menggunakan hosting unlimited atau hosting limited, semua ada di tangan Anda. Sesuaikan juga dengan budget dan kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Previous Post Next Post

You may also like

39 Comments

  • Reply ZILQIAH

    sebenarnya sama sama sesuai kebutuhan aja sih ya mau unlimited atau limited, kalau misal buat nulis artikel yang kebanyakan tulisan aja mending memang limited aja cukup ya mbak. beda lagi ya kalau saya suka upload banyak foto hehehe

    November 15, 2018 at 10:49 am
  • Reply Lidya

    Pemilihan hosting limited atau unlimited disesuaikan kebutuhan masing-masing ya mbak. Dulu blog aku juga pakai hosting, tapi skr udah gak lah nitip blogspot aja πŸ™‚

    November 15, 2018 at 11:23 am
  • Reply Mugniar

    Mengerti sekilas tapi harus baca lagi lebih detail πŸ˜…

    November 15, 2018 at 12:13 pm
  • Reply Keke Naima

    Saya hostingnya nitip ke blogspot aja hihihi. Suka bingung sendiri kalau itung-itungan begini. Meskipun ada juga yang bilang kalau blogspot pun sebetulnya terbatas

    November 15, 2018 at 12:43 pm
  • Reply Emanuella Christianti

    Aku pakai hosting limited ni sepertinya πŸ™‚
    Harus bijak banget melekatkan plugin dan gambar biar ga boros space hehehe

    November 15, 2018 at 4:20 pm
  • Reply Dewi Sulistiawaty

    Aku hosting masih minjem sama blogspot hehe…tapi nyewa domain, Mba πŸ™‚

    November 15, 2018 at 4:59 pm
  • Reply Yoanna Fayza

    Awal2 blogku pake hosting limited, lalu megap2 bayar hostingnya (dasar pelit aja sih sebenernya) haha.. jadi sekarang cukup nitip di blogspot :))

    November 15, 2018 at 5:13 pm
  • Reply Indah Nuria

    AKu pun ber-TLD baru dari tahun 2015 mba.. dan sampai sekarang menikmati sekaliii. Jadi tambah ilmu lebih banyak soal hosting limited dan unlimited nih

    November 15, 2018 at 5:33 pm
  • Reply Kurnia amelia

    Hehe kalau aku sih ya masih nitip nih hostingnya sama blogspot karena beli hosting agak mahal buat kantong ku hehe.

    November 15, 2018 at 9:00 pm
  • Reply Hidayah Sulistyowati

    Aku punya website satu lagi pakai wordpress, udah domain dotcom juga. Tapi urusan hosting aku pasrah sama anak sulungku. Semua dia yang ngurus, emaknya gak paham urusan hosting

    November 15, 2018 at 9:48 pm
  • Reply Noe

    Pertimbanganku oakai hosting dalam negri ya salah satunya itu, kemudahan komunikasi dg customer services. Gk ada kendala bahasa

    November 15, 2018 at 10:08 pm
  • Reply Mama Karla

    Aku pakai hosting unlimited, lebih leluasa aja mau upload apapun. Dulu pernah pakai yg limited, eeh cpt penuhnya. Lelah

    November 15, 2018 at 10:10 pm
  • Reply Nyi Penengah Dewanti

    Alhamdulillah tercerahkan mba, maunya yang unlimited aja deh ya hehehe biar nggak ada pembatasan gitu. Perbedaan harganya beda jauh apa selisih dikit ya Mba.

    November 16, 2018 at 2:40 am
  • Reply Diah

    Terkadang pengen juga ngeblog di WP, tapi merasa ribet karena harus ngurusin hosting segala dan artinya harus keluarin budget lebih lagi untuk itu padahal penghasil dari ngeblognya masih seadanya, Alhamdulillah, hehehh.
    Makanya masih bertahan dengan BP yang hostingnya gratisan. Cukup beli domain doang dan tentunya di IdWebhost yg udah 3 tahun ini jd provider andalan πŸ˜‰ *kali dilirik dapat job jg, heheh

    November 16, 2018 at 2:54 am
  • Reply Eryvia Maronie

    Bermanfaat banget artikelnya.
    Begitu dijelasin perumpamaannya dengan mall, sebagai mantan karyawan manajemen, saya langsung ngerti hehehe..

    November 16, 2018 at 5:56 am
  • Reply Siti Faridah

    Aku pun baru-baru ini mengenal domain dan TLD. Dan setelah baca postingan ini jadi makin tahu apa itu hosting. Dan baru tahu juga kalau hosting terbagi menjadi dua. Nice info, kak.

    November 16, 2018 at 6:26 am
  • Reply Rani R Tyas

    Aku masih numpang di google Mbak, dan itu sebenarnya aku cuma dapat 15GB kapasitas, udah termasuk email dan photo. Belum beralihnya aku ke WP ya ini, bingung mau milih hosting yang mana, hehehe.

    November 16, 2018 at 8:02 am
  • Reply Tuty Queen

    Aku baru ngerti nih soal hosting apalagi limited dan unlimited udah kayak provider ya mbak.

    November 16, 2018 at 8:25 am
  • Reply handriati

    wah makasih infonya mba, aku baru tahu ada limited unlimited gitu kl hosting… selama ini masih betah pakai blogger soalnya πŸ˜€

    November 16, 2018 at 9:49 am
  • Reply Jiah

    Aku blm beranin domainin blog wordpressku karena blm paham soal hosting2 ini. Kalau buat web dagang sih kudu coba walau mungkin bkn sekarang

    November 16, 2018 at 11:53 am
  • Reply Ainhy

    Aku Blogger pemula mba, masing terasa asing bagiku soal hosting dll, tapi waktu mengurus domain jg mau gak mau harus memahami ini, andai aja aku tau kalau ada hosting u limited sebelumnya. Tapi ini bisa jadi referensisiku, thanks mba

    November 16, 2018 at 1:12 pm
  • Reply Eka Mustika Sari

    Penjelasannya mudah dimengerti. Top deh.
    Aku masih pakai yg limited. Sama kayak aku limited jg.#eaa

    November 16, 2018 at 1:51 pm
  • Reply Echi mustika

    Wah ak baru tau mba kalo ada hosting unlimiteid jadi nggak udah perpanjang-perpanjang lagi karna kita puas buat pakainya tanpa mikir yaa

    November 16, 2018 at 2:32 pm
  • Reply retno

    nah, ilmu yang sepertin ini bermanfaat banget buat aku. Karena aku sama sekali enggak mengerti soal hosting dan lain sebagainya. Maklum aja ya, aku belajar ngeblog otodidak heheheh, makasih sharingnya…

    November 16, 2018 at 2:49 pm
  • Reply Rani Yulianty

    Waah jadi tahu perbedaannya, saya sekarang masih pakai yang limited, sih, kalau mau upgrade ke unlimited bisakah? terus biayanya berapa ya kira-kira untuk yang unlimited?

    November 16, 2018 at 5:23 pm
  • Reply Mechta

    Wah..masih banyak banget yg harus kupelajari sebagai new comer di TLD WP. Lha..ditanyain hostingku limited / unlimited saja aku tak tahu..hehe.. TFS mba, makin memacu semangatku utk terus belajar..

    November 16, 2018 at 7:39 pm
  • Reply Nurul Fitri Fatkhani

    Saya salah satu pengguna IDwebhost. Sudah bertahun-tahun dan saya puas banget dengan fasilitasnya. Tidak pernah down dan adminnya fas respon serta ramah :))

    November 16, 2018 at 8:18 pm
  • Reply Rotun DF

    Aku pake hosting yang limited, tapi mudah-mudahan sangat amat cukup untuk menampung tulisan dan foto-foto di blog. Makanya aku rajin ngompress gambar sebelum upload ke galeri blog, biar nggak cepet habis, hihi.

    November 16, 2018 at 8:40 pm
  • Reply Rahmah

    Alhamdulillah karena semua domain yang kami punya unlimited hosting semua. Jadinya ga perlu khawatir akan upload apa saja.

    November 17, 2018 at 4:07 am
  • Reply Leyla

    Paling enak pakai hosting unlimited ya supaya nggak dibatasi pemakaian hostingnya kan enak, ngeblognya nyaman.

    November 17, 2018 at 4:36 am
  • Reply Siti hairul

    Aku belum beli hosting. Cuman punya domain. Aku masih memanfaatkan kebaikan hati blogspot

    November 17, 2018 at 4:58 am
  • Reply April Hamsa

    Blog suamiku sampai skrng msh pakai hosting dr idwebhost, lumayan sih hampir gak pernah ada gangguan. Kalaupun servernya down, biasnaya dikasi tau kalau ada perbaikan.

    November 17, 2018 at 5:42 am
  • Reply Helena

    hmm kayaknya punyaku tuh limited deh. Ga ngerti beginian, asal beli aja sesuai budget :))

    November 17, 2018 at 5:50 am
  • Reply Novi H

    hostingku masih yang limited nih, kayanya pengen pindah ke yg unlimited aja deh ya biar lebih besar kapasitasnya

    November 17, 2018 at 6:07 am
  • Reply Ade anita

    Aku kurang ngerti sebenernya. Pokoknya beli domain aja yg murah. Hahaha. Mungkin limited kali ya

    November 17, 2018 at 6:14 am
  • Reply Noorma

    Aku belum paham hosting2an sampe skrg karena blog aku blogspot based. Tapi baca postingan mba jadi sedikit paham.

    November 17, 2018 at 6:15 am
  • Reply Uniek Kaswarganti

    Ooo ternyata hosting unlimited pun sebenarnya juga dibatasi ya, meskipun pakai istilah inodes juga berarti si pemilik blog harus memperhitungkan sudah menggunakan berapa inodes. Baru ngerti nih cara hitungan hosting heheee..

    November 17, 2018 at 6:15 am
  • Reply Indri Noor

    Wah musti di bookmark banget, aku soalnya masih rada bingung tentang hosting ini

    November 17, 2018 at 8:35 am
  • Reply lendyagasshi

    Oh..begini penjelasannya yaa..
    selama ini aku ngiranya hanya sebatas, hosting mau unlimited mah…enakan pakai blogspot.
    Kalau wp, harapan bayar lebih banyak dan mahal tentu kalau pilihannya unlimited.

    November 17, 2018 at 9:54 am
  • Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.