Parenting [ANDARA]

Parenting Ala Andara: Belajar Mengenal Angka

Belajar Mengenal Angka: Moms! Si kecil belajar mengenal angka dari mana? Ada banyak cara ya mengenal angka. Biasanya untuk anak usia dini angka yang dikenalkan mulai dari 1 – 10. Nah, kali ini saya mau kasih tips belajar mengenal angka yang sudah saya terapkan pada Andara.

Usia 0 – 2 Tahun

Saat si kecil mulai bisa berbicara, moms bisa mulai dengan sounding  atau membiasakan menyebut angka. Misalnya saat si kecil berjalan atau menaiki anak tangga, ajak dia menghitung jumlah anak tangga. Ulangi menyebut angka mulai dari 1 – 10 sampai dia ikut menyebutkan angka-angka tersebut.

Di usia ini juga saya mulai membeli beberapa poster gambar angka, huruf latin dan huruf hijaiyah. Kemudian poster ini saya tempelkan di pintu ruang tengah, tempat dia biasa bermain dan keluar masuk. Di sela-sela waktu bermain, moms bisa mengajak si kecil melihat poster sambil menujuk dan menyebutkan angka-angkanya.

Dengan cara ini, biasanya sebelum usia dua tahun, si kecil sudah bisa menyebutkan urutan angka 1 – 10 dengan tepat.

Usia 2 – 4 Tahun

Sebenarnya sebelum usia dua tahun saya sudah mengenalkan Adis untuk mengidentifikasi angka yang dia lihat. Paling sering, sih Adis belajar mengidentifikasi angka saat di mobil. Saat menyetel lagu atau jam digital di tape mobil aktif dia sering bertanya. “Bu, ini angka berapa?”

Stimulasi ini kami lakukan setiap hari hingga dia sudah lebih lancar menyebutkan dan mengidentifikasi angka yang dilihat. Untuk chanel televisi favorit pun dia sudah mulai bisa mengingatnya sendiri. Misalnya chanel nomor tujuh belas untuk film kartun Upin Ipin, maka dia akan menekan angka di remote televisi, 1 dan 7.

Di usia ini juga saya mulai mengenalkan cara menulis abjad dan angka. Tentu saja dimulai dari belajar menulis angka 1 – 10. Angka yang sulit diingat dan ditulis oleh Adis adalah angka 6 dan 9, kemudian angka 2 dan 5. Masih sering terbolak-balik saat menuliskannya. Angka favoritnya apalagi kalau bukan angka 1 dan 0. Hehehe…

Baca juga: Ketika Anak Mogok Sekolah

Itu dia, Moms belajar angka ala Andara. Sekarang, di usianya yang sudah 4 tahun dan mulai bersekolah (lagi), dia udah mulai mengenal juga hitungan sederhana sambil bermain dan bernyanyi. Moms, punya tips lainnya untuk anak belajar mengenal angka? Boleh sharing ya moms di kolom komentar? Terimakasih

Previous Post Next Post

You may also like

19 Comments

  • Reply Dian Safitri

    Terima kasih tipsnya, Mbak. Waktu adikku kecil aku pun rajin beli poster huruf dan angka untuk merangsang dia melihat bentuk angka dan huruf.

    Maret 19, 2018 at 10:50 am
    • Reply Apura

      Iya mba jurus jitu juga nih, murah lagi posternya

      Maret 21, 2018 at 3:16 pm
  • Reply Noe

    Anakku skrg umur 2th 6 bulan, sudah kenal angka, huruf alfabet, warna, dan huruf hijaiyah, belajar awalnya dari yutup dan games. Hehe iyaa, aku termasuk ortu yang membolehkan anak main gadget. Nah, selebihnya sama sih, setiap liat angka, huruf atau warna di sekitar, disebut bareng2, dieja dan dibaca. Sampe2 jaket mamang gojek jg dieja-eja :))

    Maret 19, 2018 at 1:40 pm
    • Reply Apura

      Hahahaha… Emang ya Mak, stimulasi anak itu perlu dilakukan di mana aja. Sekalipun jaket mamang ojek jadi objeknya

      Maret 21, 2018 at 3:17 pm
  • Reply Aswinda Utari

    Dulu anak saya juga sering terbalik angka 6 dan 9. Bukan cuma itu, hufuf b, d, p, dan q juga sering terbalik. Kadang dia nulis pakai gaya cermin. Hihi. Belakangan saya tau tentang disleksia. Saya rasa untuk umur belia wajat sih sering terbalik begitu. Konon katanya, anak disleksia itu lebih cerdas.

    Maret 19, 2018 at 6:51 pm
    • Reply Apura

      Wah, apakah si Adis disleksia juga? Sering banget belajar nulis angka dan huruf terbolak-balik

      Maret 21, 2018 at 3:18 pm
  • Reply Rotun DF

    Anakku umur 3th. Pernah ada masanya kalau menghitung pasti angka 6 selalu kelewat, abis 5 langsung 7, hahaha. Sekarang udah lancar karena sering banget ikutan kakaknya belajar 😀

    Maret 19, 2018 at 8:31 pm
    • Reply Apura

      Asyik juga kalau ada kakaknya ya, jadi bisa sekalian belajar bareng.

      Maret 21, 2018 at 3:19 pm
  • Reply ernawati Lilys

    Setiap anak istimewa jangan dipaksakan saja belajarnya, selalu jadi teman dekatnya,itu yang penting.

    Maret 19, 2018 at 9:55 pm
  • Reply Helena

    Nah, anakku lagi suka belajar angka. Favoritnya 7 jadi dia suka banget kalau balapan trus juara 7 (padahal peserta cuma 3 orang, hahah). Caranya kurang lebih sama dengan yang mbak lakukan, plus main dengan angka dari artfoam dan wooden puzzle. Jadi si anak memegang utuh bentuk angka 0-9 tersebut.

    Maret 20, 2018 at 7:45 pm
    • Reply Apura

      Whoaaa… Boleh dicoba juga nih artfoam dan wooden puzzle. Ntar Googling ah

      Maret 21, 2018 at 3:20 pm
  • Reply Titis Ayuningsih

    Keponakan saya sudah belajar mengenal angka dari umur setahun dan lafalnya indonesia bisa inggris juga. Kemajuan anak skrg mah harus di upgrade sejak dini ya

    Maret 20, 2018 at 8:44 pm
    • Reply Apura

      Iya, mba. Biasanya anak-anak untuk pelafalan lebih lancar. Saat mengidentifikasi suka masih bingung

      Maret 21, 2018 at 3:21 pm
  • Reply April Hamsa

    Wah keren dah diajarin menuliskannya. Kalau anak2 masih pengenalan. Tapi kyknya jd pengen kubelikan buku yg ada pola titik2 utk nulis angka huruf jg nih 😀

    Maret 21, 2018 at 7:25 am
  • Reply Apura

    Wah boleh juga idenya itu mba, buku berpola ya. Biar lebih mudah

    Maret 21, 2018 at 3:22 pm
  • Reply Rizka Edmanda

    keren, mulai dari 0 tahun harus sudah dilatih dan dibiasakan ya

    Maret 21, 2018 at 4:04 pm
  • Reply Ria Kurniasih

    Kalo aku karena mereka suka banget gangguin aku ngeblog, naya (4 tahun) suka aku kasih keyboard yg udah ga kepake, nah disana aku mulai ajarin mengenal huruf dan angka. Jadi sekarang kalo laptop ke kunci Naya udah bisa masukin paswordnya begitu juga sama hp kalo ke kunci hahhah

    Maret 22, 2018 at 11:25 am
  • Reply Naqiyyah Syam

    Aisyah belajar angka dari nonton film Diva dan juga poster angka, serta langsung menghitung benda-benda di dalam rumah

    Maret 22, 2018 at 6:52 pm
  • Reply andyhardiyanti

    Anak saya sekarang usia 6 tahun senang sekali dengan angka. Hobinya itu bikin soal penjumlahan dan pengurangan yang nantinya dia jawab sendiri. Terus minta kita yang dewasa untuk memeriksa 🙂

    Maret 26, 2018 at 8:42 pm
  • Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.