Tips Tricky

Mau Kredit Mobil, Moms? Pertimbangkan Dulu 5 Hal Berikut ini!

Kredit mobil adalah salah satu jalan saat ingin memiliki barang mewah yang satu ini ya moms. Emang sih, kita bisa aja beli cash tapi harganya ga semurah seikat sayur bayam di tukang sayur keliling kan? Kebutuhan akan kendaraan ini biasanya akan semakin meningkat ketika anggota keluarga semakin bertambah. Bisa moms bayangkan ribetnya mau hangout bareng keluarga jika tidak ada mobil. Memang sih bisa pakai kendaraan umum atau rental. Namun, jika mendesak agak sulit mengandalkan dua solusi ini. Makanya moms kali ini saya akan beri tips untuk membeli mobil secara kredit.

  1. Kredit mobil baru atau bekas?

Rata-rata jika akan kredit mobil, calon pembeli memilih untuk membeli mobil baru meskipun harganya cukup tinggi. Padahal jika ingin membeli mobil bekas secara kredit pun bukan masalah ya, moms. Moms cukup mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai showroom mobil bekas terpercaya, calon penjualnya dan tentu saja kondisi mobil yang dijual. Penting sekali moms, jika moms memilih untuk membeli mobil bekas artinya moms harus siap untuk menyediakan dana servis mobil jika dalam waktu dekat mobil bekas ini bermasalah. Jadi, sebaiknya beli mobil baru saja moms selain kondisi mobil masih baik, tentu saja jika membeli secara kredit moms bisa mendapatkan asuransi mobil yang bisa dimanfaakan jika terjadi sesuatu.

  1. Pilih mobil sesuai fungsi dan anggaran

Selanjutnya, jika moms sudah menentukan akan membeli mobil baru atau bekas, moms bisa lanjut mempertimbangkan jenis atau merk mobil yang akan dibeli. Saran saya, beli lah mobil sesuai fungsi dan anggaran yang moms punya. Misalnya nih jika moms ingin membeli mobil yang ditujukan untuk dipakai mudik keluarga, tentu sebaiknya moms tidak memilih mobil jenis sedan karena kapasitas penumpangnya terbatas. Ada baiknya moms memilih mobil jenis minibus yang ruangnya lebih lega.

Setelah menentukan fungsi mobil, moms juga harus mempertimbangkan anggaran yang dimiliki. Jangan sampai nantinya saat kreditan mobilnya sudah jalan malah tidak dapat membayar cicilan setiap bulannya. Alih-alih senang karena punya mobil baru, ujungnya malah meradang karena terlilit utang.

  1. Siapkan uang muka dan besar cicilan

Saat ini banyak sekali dealer mobil yang menawarkan kredit mobil dengan uang muka rendah. Ya, meskipun biasanya syarat utama DP mobil minimal 30% dari harga jual mobil yang disepakati. Namun, ada juga yang berkata lebih baik uang muka lebih besar agar jumlah cicilan tiap bulannya tidak terlalu tinggi.

Tips lainnya jika tidak ingin cicilan perbulan terlalu tinggi, moms juga bisa menambah jangka waktu kredit menjadi lebih dari 3 tahun. Tentu saja moms juga harus pertimbangkan biaya tetap dan tak terduga lainnya seperti pajak dan servis mobil.

  1. Pilih kredit via bank atau leasing?

Nah, tips yang selanjutnya ini juga tak kalah penting. Bank ataupun leasing, keduanya bisa moms pilih sebagai lembaga untuk membantu proses kredit mobil nantinya. Cara kerja keduanya pun sama jika kredit sudah berjalan. Yang membedakan moms,  bila moms memilih kredit mobil via bank maka moms akan diberikan penawaran bunga pinjaman lebih rendah dibandingkan jika moms mengambil kredit dari leasing. Selain itu jika punya rezeki lebih, moms bisa melunasi sebagian utang pokoknya juga loh. Hanya saja untuk pengurusan administrasinya moms harus melakukannya secara mandiri berbeda dengan leasing yang bisa mengurus smua administrasinya untuk moms. Mungkin ini juga alasannya mengapa suku bunga kredit leasing cukup tinggi.

  1. Asuransi Mobil

Terakhir, moms juga bisa memilih jenis asuransi untuk calon mobil moms nantinya. Ada dua jenis asuransi,

  1. Total Lost Only, artinya asuransi menjamin jika mobil hilang
  2. All Risk, artinya asuransi menanggung semua kemungkinan buruk yang terjadi. Seperti penyok karena tabrakan sampai mobil hilang.

Sip ya moms, itu dia 5 hal yang perlu moms pertimbangkan saat ingin membeli mobil secara kredit. Apapun pilihan moms yang penting tetap bahagia ya moms dengan pilihannya. Jangan lupa juga untuk selalu mengkomunikasikan pendapat moms dengan suami sebelum mengambil keputusan. Sampai jumpa di tips saya yang lain. Semoga bermanfaat.

Previous Post Next Post

You may also like

11 Comments

  • Reply Rita Asmaraningsih

    mending kredit mobil baru aja ya Mba.. Lima tahun berjalan mobil masih kondisi bagus apalagi kalo pakai sendiri..

    Januari 7, 2018 at 8:17 pm
  • Reply nhie

    penting banget nij tipsnya. makasih ya mom 🙂

    Januari 7, 2018 at 9:50 pm
  • Reply andyhardiyanti

    Gak berani kredit-kreditan euy sekarang. Kalau ada yang bekas dan murah, ya itu aja. Lebih bagus lagi kalau baru dan harganya cocok, jadi bisa cash. Semoga dimudahkan deh. Amiiin…

    Januari 7, 2018 at 10:27 pm
  • Reply Nchie Hanie

    Mesti dipertimbangkan secara mateng untuk kredit, ada budget khusus buat kreditnya agar ga macet hiii, makasih tipsnya mbaa

    Januari 8, 2018 at 7:43 am
  • Reply Dian Safitri

    Wahhh makasih banyak tipsnya, Mbak. Penting banget ini. Kalau milih kredit segala asuransi harus jadi pertimbangan buat jaga-jaga ya.

    Januari 8, 2018 at 12:03 pm
  • Reply April Hamsa

    Saya sih kepikirannta kalau pas ada dana mau beli mobil yang second dengan cash aja. Tapi liat2 nanti hehe.
    TFS tipsnya 😀

    Januari 8, 2018 at 4:11 pm
  • Reply Beautyasti1

    Wah sekarang mau beli mobil jad lebih mudah ya mba.. dp nya ringan dan bisa dicicil bertahun tahun..

    Januari 8, 2018 at 5:42 pm
  • Reply Nova DW

    Beli mobil, baru ataupun seken, harus tetap mempertimbangkan banyak hal ya mbak. Terima kasih sharingnya ^^

    Januari 9, 2018 at 6:24 am
  • Reply Anindita Ayu

    Makasih tipsnya mbak.. Biar ga pusing memilih kredit mobil dengan kredit bank atau leasing, berguna banget tipsnya..

    Januari 9, 2018 at 9:32 am
  • Reply Lina W. Sasmita

    Sekarang kalau saya mulai berfikir juga sih, jika nanti beli mobil dan menyerahkan perkreditan mobil ke leasing karena menyangkut hukumnya apakah halal haram.

    Januari 15, 2018 at 12:12 pm
  • Reply Aang verianto

    Kalo aku suka yg cash aj mbak, soalny banyak keuntungan nya bisa bebas tanpa beban Jga..nggak ap2 walaupun itu bekas

    Januari 27, 2018 at 5:53 am
  • Leave a Reply