Parenting [ANDARA]

Makanan Kesukaan Anak, Jangan Asal Enak!

Makanan kesukaan anak biasanya enak bagi anak-anak ya, moms? Terus-terus, sebagai emaknya suka pusing tentunya kalau si anak mau makan yang itu-itu aja. Nah, seperti biasa di hari Rabu kami dari duo macan eh #ocehmak pada sesi kolaborasi kali ini mau ngobrolin makanan kesukaan anak.

Makanan Kesukaan Anak Gadis (Adis)

Adis sukanya makan apa? Banyak! Kecuali nasi. Wkwkwk. Padahal itu makanan pokok ya, moms. Aku juga udah pernah nulis tentang tips Mengatasi Anak Sulit Makan Nasi dan beberapa caranya masih bisa diaplikasikan sampai sekarang. Jadi, untuk tulisan kali ini aku fokusnya ke lauk pauk atau sayuran kesukaan Adis aja ya sehari-hari, berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Udang
  2. Telur
  3. Ayam
  4. Ikan
  5. Daging
  6. Wortel
  7. Kentang
  8. Sayuran hijau

Nah, kedelapan makanan itu biasanya sih gak ditolak sama Adis, asalkan pengolahannya sesuai dengan selera dia.  Semuanya juga makanan sehat dong ya? Jadi, pinter-pinter iboknya lagi nih mau diapain ((padahal iboknya ga jago masak)).

Menurut aku sih, ketika sudah jadi seorang ibu, ga harus tiba-tiba langsung jadi chef profesional sih masakannya. Tinggal sesuaikan aja dengan pola makan biasanya dan apa kesukaan anggota keluarga. Alhamdulillahnya, suami dan anak makannya gak neko-neko. Aku ga dituntut harus bisa masak lauk yang namanya aja susah disebut. Cukup yang simple aja. Misalnya, nih dari kedelapan makanan di atas aku biasa mengolahnya seperti berikut ini:

1. Udang

Aku sama Adis penggemar makanan laut. Apalagi kalau sudah ketemu udang, wah bisa kalap makannya. Beda dengan Bapaknya Adis yang alergi dengan udang. Biasanya udang ini aku goreng tepung. Tapi, kalau lagi males bikin adonannya, ya udangnya digoreng mentega aja. Kalau tingkat malasnya udah semakin tinggi, biasanya aku tumis sekalian dengan sayur-sayuran. Jadi sekali masak aja kelar. Praktis dan gak pake ribet.

Makan di luar pun udang seolah tak terpisahkan. Kalau Adis milihnya menu nasi goreng seafood, akunya pilih cumi goreng tepung atau rica-rica dan sejenisnya. Biar bisa icip-icip rasa.

2. Telur

Nah, biasanya ini favorit semua ya? kalau dulu Adis alergi makan telur ayam ras, jadi biasanya aku beliin telur ayam kampung, telur bebek ataupun telur puyuh. Kalau sekarang sih jenis telur apa aja dia habiskan. Direbus gitu aja, boleh. Didadar atau diceplok juga suka. Hebatnya lagi nih kalau lauknya telur, dia suka makan sendiri. Emaknya gak perlu nyuapin. Hehehe…

3. Ayam

Untuk ayam, favoritnya anak-anak ya apalagi kalau bukan ayam guring upin-ipin. Ayamnya juga buat Adis aku usahain ayam kampung juga. Soalnya kalau ayam potong, itu katanya ga sehat kan? Bahkan dulu waktu aku konsul mempersiapkan kehamilan Adis, sama dokternya aku dilarang makan ayam potong.

4. Ikan

Jenis ikan favoritnya Adis apa? Ikan belut! Bahkan sejak hamil Adis, setiap hari aku goreng belut buat makan. Entah, mengapa rasanya lezat sekali. Sayangnya, saat ini ikan belut susah didapat. Kalaupun ada harganya mahal banget. Dulu masih bisa dibeli dengan harga 30-40ribuan. Sekarang paling murah 50ribuan, bahkan pernah nanya udah 75ribu sekilonya. Bagian favorit Adis dari segala jenis ikan adalah… EKOR IKAN GORENG CRISPY! Hohoho…

5. Daging

Untuk olahan daging, Adis suka rendang atau daging yang digulai santan. Asalkan gak pedas aja. Hanya saja masaknya harus empuk banget, kalau tidak nanti dagingnya bakal dibuang sama dia karena ga bisa dikunyah.

6. Wortel

Yuhuu.. makan wortel baik buat mata. Adis sih wortelnya direbus aja juga suka. Kadang aku tumis aja dengan sayuran lain, bikin sup atau dijadiin campuran bakwan sayur.

7. Kentang

Nasib kentang ditangan aku biasanya hanya direbus doang atau digoreng aja. Sesekali disup juga untuk campuran sup daging. Hahaha… maafkan ibokmu ya, nak. Menunya itu-itu aja.

8. Sayuran Hijau

Apakah Adis suka sayur? Sebenarnya gak bisa dibilang suka banget juga. Tapi ada beberapa jenis sayur yang biasanya aku masakin buat dia. Misalnya aja sayur bayam yang dibening, kangkung yang ditumis, lumai yang disantan. Sayurannya juga itu lagi-itu lagi. Hehehe.. Lumayan lah ya ketimbang dia gak makan sayuran sama sekali.

Nah, itu dia moms makanan kesukaan Adis sehari-harinya. Aku replay aja gantian menunya. Biar gak bosen. Pastinya semuanya makanan sehat dan enak ya, moms. Jadi, makanan kesukaan anak, jangan asal enak aja. Harus kita perhatikan juga menunya. Apakah sudah sehat dan bergizi?

Previous Post Next Post

You may also like

15 Comments

  • Reply Komi Kendy

    Jadi ibok emang harus kreatif yaaaa walau ga pandai pandai amat masak 😄 kalo Sean rada milih makanan… Kadang ayam doyan, terus ada harinya ga mau sama sekali makan ayam..

    April 19, 2018 at 4:39 pm
    • Reply Apura

      Iya Mak.. aku kayak ayam atau daging itu 2 minggu sekali aja, biar gak bosan. 😁

      April 19, 2018 at 9:12 pm
  • Reply Fira Firdaus

    menyiasati anak yang pilih-pilih makanan harus diperhatikan ya mbak, makanan kesukaannya apa.. biar ga ada acara ‘ga mau makan’ hehe

    April 19, 2018 at 7:04 pm
  • Reply Puspita Yudaningrum

    Makanan enak san sehat emang harus banget ya mbk. Klo ibu di rumah masaknya gak pernah pake msg biar lebih sehat hehe

    April 19, 2018 at 7:30 pm
    • Reply Apura

      Betul, aku juga masaknya pake garam doang dan bumbu dapur seadanya. Ga ngandelin MSG. Biar makin sehat

      April 19, 2018 at 9:16 pm
  • Reply Apura

    Iya.. kesukaannya apa aja dikasih, kalau nafsu makannya membaik bisa ganti menu

    April 19, 2018 at 9:14 pm
  • Reply zefy

    betul itu mbak, gizi juga harus diperhatikan biar sehat……..:)

    April 20, 2018 at 7:56 am
  • Reply Junita Susanti

    Wah.. Adis hebat ya suka sayuran hijau walaupun ga semuanya. Nih, pastinya emaknya keren, masakannya enak… hehe. Anak-anak biasanya susah kan ya diajak makan sayuran…

    April 20, 2018 at 12:01 pm
  • Reply Nengsih Hariyanti

    Bukan hanya makanan kesukaan anak itu kak. Kesukaan emak dan kakakny jga. Hehee

    April 20, 2018 at 7:34 pm
  • Reply Tanjungbungo

    Kalo saya dahulu paling gak suka sayuran, tapi ternyata banyak sekali manfaatnya

    April 21, 2018 at 1:22 pm
  • Reply Anindita Ayu

    Anin alergi udang mbak, sama dengan bapaknya adis. Padahal orang-orang di rumah pada suka udang semua.

    April 22, 2018 at 10:55 pm
  • Reply Misu Pinku

    Kalo ga suka sayur gimana mbak? *nunjuk diri sendiri

    April 22, 2018 at 10:56 pm
  • Reply Milda Ini

    Adis gemuk kok, udah pas kayaknya sama BB seusia dia.

    April 22, 2018 at 11:21 pm
  • Reply Ketimpuk Buku (@Inokari_)

    Ih samaaa deh Dis, onty Intan juga suka sekali sama pucuk lumai disantan. Sayang kalo nyari di warung makan gitu,susah dapetnya euy. Kudu masak sendiri ato nunggu pas dimasakin ibu. 😀

    April 23, 2018 at 7:34 am
  • Reply Dahlia Siregar

    Hahaha..kesukaanku sama dgn afis, ekor ikan goreng cripsy. 🙂
    Ayam potong aku memang gak makan mbak. Kalo udang jangan ditanya. Mau kukasih resep serundeng udang? 🙂

    April 24, 2018 at 10:17 am
  • Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.