Parenting [ANDARA]

Plus Minus dari Suami yang Hobi Burung

Udah dua mingguan ini Bapaknya Andara Adis punya hobi baru (hobi burung). Setelah sebelumnya mencoba peruntungan di klub mancing dengan mancing di rumah mertua. Ternyata hobi mancing itu sudah musnah walaupun kail sudah dibeli dan kolam masih penuh ikan. Kali ini si Abang sayang mulai terjangkit virus main burung dari temannya. ((MAIN BURUNG)) alias pelihara burung. Dari dulu sih sebenarnya dia mengutarakan niatnya. Cuma saya selalu wanti-wanti, jangan minta saya yang ngurusin itu burung dalam sangkar. Saya cukup yang itu… πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

hobi burung

Akhirnya setelah hampir 3 Minggu, sudah ada lima burung di rumah. Nah, kali ini saya mau kasih sisi positifnya dulu dari para suami kalau dia punya peliharaan burung di rumah. Cek cek yuk!

1. Bangun Pagi dan Pulang Kantor Lebih Awal

Iya, sejak main burung, si Abang sayang jadi rajin bangun pagi lebih dari biasanya. Demi menjemur para peliharaannya di bawah sinar matahari pagi dan memberikan pakan, mandiin, juga bersihin kandang. Ah, dia jadi bisa lebih diandalkan juga kalau saya butuh bantuan, beliin ikan ke pasar misalnya. SelainΒ itu pulang dari kantor langsung ke rumah. Malahan kadang lebih dulu dia yang sampai rumah. Sangat disarankan loh buat emak-emak yang suaminya hobi nongkrong agar suaminya cepat pulang.Β πŸ˜‚

2. Hobi Burung Bikin Suasana Rumah Jadi Makin Asri

ihiw… tinggal di tengah kota beriklim tropis kalau sedang musim kemarau rasanya gersang banget! Apalagi dengan halaman super mungil di depan rumah. Sesak ibu ibu! Untunglah sejak banyak kicauan burung, rumah rasanya jadi kayak di tengah hutan. LOL. Selain itu suami juga jadi lebih perhatian sama taman di depan rumah yang luasnya seiprit. Ya, buat saya jadi lebih asri aja ketimbang ramai dengan gosip tetangga. Tapi yang bikin kaget kalau masa mastering burung (suami muterin suara rekaman burung buat ngajarin peliharaannya berkicau) bangun tidur sudah rame aja suara burung di mana-mana dan saya dengan sigap matiin tuh speaker.

3. Bonding Suami dan Anak Jadi Lebih Kuat

Yes, anak saya perempuan usia 3 tahun selalu kepo liatin bapaknya. Semua burung dia kasih nama, si burung kenari kuning diberi nama Tweety, si kecil itu tuh (saya lupa jenis burungnya) Twitter, yang warna hijau namanya Zuizi (padahal saya ngusulin namanya Greentea, tapi ditolak mentah-mentah), yang ke empat namanya Pipi (sering diplesetin jadi pipis ama si kecil), dan terakhir yang sama jenis dengan Pipi, namanya Qiubi. Ahahaha… Saya jadi kayak punya banyak anak, padahal baru satu si Andara. Seru lah liat bapak dan anak-anaknya kalau lagi asyik. Bapaknya asik ngasuh “adek-adek”nya Andara, eh si Andara asik mainan masak-masakan sambil jongkok jagain “adek”nya. Kompak banget! Bahkan si kecil asik-asik aja waktu diajak bapaknya lihat pertandingan kicau burung.

Tapi ya apapun hobi ada sisi positif negatifnya dong. Beberapa hal ini mungkin juga bisa jadi perhatian kalau si suami mulai melihara burung

  1. Sayuran dan buah di kulkas jadi cepat habis
  2. Ingetin supaya uang belanja ga kepotong gara-gara suami beli burung melulu
  3. Ingetin juga sangkar burungnya supaya ga digantung di sembarang ruang
  4. Kompetisi burung mungkin penting, tapi jangan sampai ganggu kualitas having fun bareng keluarga
  5. Ingetin lagi kalau dia juga punya bini yang perlu dielus-elus dan diajak mandi bareng *hahahaha kabuuurrr

Nah, demikian sisi positif dan negatif yang perlu diperhatikan ketika si abang sayang mulai koleksi burung. Alhamdulillah suami saya belum ke tahap negatifnya. Jangan sampai deh kalau saya malah jadi saingan itu burung-burung. *bukain pintu kandangnya satu-satu.

Previous Post Next Post

You may also like

6 Comments

  • Reply Ria Kurniasih

    Mending hobi main burung mba, ketimbang hobi ngadu ayam.
    di dukung mba, kan cuitan pagi pagi bikin nyaman suasana rumah.

    April 13, 2017 at 9:12 am
    • Reply Apura

      Ih.. jangan sampai mba.. kalau ngadu ayam mah *jewer kuping

      April 13, 2017 at 12:46 pm
  • Reply Aang verianto

    Kalo buat dikembang biakan kan jadi bisnis baru t. .

    April 13, 2017 at 9:55 am
    • Reply Apura

      Iya, mas. Bisa banget. Bisa dimasukkan ke sisi positifnya ya…

      April 13, 2017 at 12:46 pm
  • Reply kopi curup

    Hobi itu ada manfaatnya ya, selagi positif

    April 14, 2017 at 3:18 pm
  • Reply Mas Ahmad

    Orang yang hobi burung biasanya telaten dan sabar, hehehe. Sangat memperhatikan kondisi burung yang dipelihara.

    April 15, 2017 at 10:06 pm
  • Leave a Reply