Moms blogger kali ini saya mau kasih Cara Mudah Bikin Review Produk yang Menarik.

Kelas Blogger 3 Materi Review Produk

Kelas Blogger 3 Materi Review Produk

Ilmu kali ini saja dapat dari kelas blogger ke-3 dari Komunitas Blogger Bengkulu kerjasama dengan TDA (Tangan di Atas) dan Salimah Food dan bertempat di Kantor Telkom Simpang Lima Bengkulu. Apa saja sih do dan don’ts dalam mereview produk?

Pembicara pertama yaitu dari Mba Milda Ini. Beliau menyampaikan untuk mereview bisa menggunakan prinsip 5W+H. Nah, apa aja nih ayo kita cek ricek

1. What

Yup, moms harus tau dulu nih, jasa atau produk apa yang akan direview. Artinya moms harus cari tau semua tentan produk/jasa yang akan ditulis di blog agar ulasannya lengkap.

2. Where

Setelah moms tahu apa yang akan direview, selanjutnya moms juga harus memberikan informasi di mana produk jasa tersebut bisa didapat. Bisa lokasi, tempat wilayah kerja atau di mana kalau mau order/pesan produknya.

3. When

Selain itu moms juga bisa tambahkan info mengenai latar belakang atau sejarah rintisannya, misalnya Kapan usaha jasa tersebut mulai berdiri. Jika berupa produk bisa juga dijelaskan kapan produk tersebut bisa digunakan. Apakah memiliki website sehingga akses waktunya bisa kapan saja dan seterusnya.

4. Who

Mengenalkan sebuah brand atau jasa tak lengkap rasanya jika tidak menginformasikan siapa yang punya. Selain itu, moms juga bisa menyampaikan siapa saja yang bsa menggunakan jasa/produk ini, sasaran produk/jasanya untuk siapa, dan siapa sebaiknya yang menggunakannya.

5. Why

Penting juga moms menyampaikan alasan mengapa moms memilih menggunakan jasa atau produk tersebut. Kalau moms memberikan alasan personal, biasanya pembaca akan lebih percaya dengan isi review moms.

6. How

Nah, hal yang terakhir adalah menyampaikan bagaimana cara menggunakan produk atau menghubungi sebuah badan jasa.

Oke, moms kalau sudah punya ke enam bahan materi di atas, moms bisa mulai menulis. Nah, hal yang perlu diperhatikan saat menulis review adalah sebagai berikut,

1. Judul

Pilihlah judul yang menarik, maksimal 90 karakter atau 11 kata. Gunakan tata bahasa yang baik meski tidak baku. Tulislah secara sistematis dan hindari penggunaan kata yang berulang atau paragraf pengulangan.

2. Pokok Bahasan

Selesaikan setiap pokok bahasan dengan ringkas dan tuntas. Jangan setengah-setengah ya moms.

3. Ketentuan dan Syarat Kepenulisan

Baca dan perhatikan dengan saksama semua ketentuan dan syarat kepenulisan dari brand ya moms. Jangan sampai salah sehingga review moms akhirnya ditolak dan harus direvisi ulang.

4. Gunakan Gambar yang Sesuai

Pastikan juga moms memperhatikan aturan pemuatan informasi atau gambar sesuai dengan brief yang sudah diberikan ya moms. Gambar yang digunakan sebaiknya jelas dengan kualitas yang oke.

5. Bahasa yang digunakan

Saat mereview sebaiknya moms sampaikan dengan bahasa personal dan sesuai dengan apa yang dirasakan. Ga usah dibuat-buat atau berlebihan ya moms.

Hal yang Perlu dihindari Saat Membuat Review

Sip, ya moms sekarang udah tahu ya hal penting apa saja saat mereview. Sekarang saatnya moms memperhatikan hal-hal berikut ini yang perlu dihindari dalam membuat Review

1. Haram atau tidak baik
2. Di luar kepribadian kita
3. Tidak realistis
4. Tidak berlebihan memuji
5. Sampaikan saja sesuai dengan kadar keilmuan kita

Itu tadi materi dari pembicara pertama moms, nah dari pembicara kedua Mba Ria M Fasha ga kalah pentingnya, loh. Ayo, kita baca lagi ilmunya dari moms kece ini

Pemateri kedua mengenai Review Produk

Pemateri kedua mengenai Review Produk

Kata beliau cara review produk harus memperhatikan juga hal-hal berikut ini:

  1. Gunakan Gambar yang Bagus. Bisa menggunakan foto yang diberikan brand
  2. Deskripsi Produk yang lengkap. Bisa berupa bentuk, warna, fitur, komposisi dan kemasannya
  3. Pengalaman dan Bukti saat Menggunakan Produk. Moms bisa sampaikan cara menggunakan produk tersebut, jika perlu gunakan gaya before-after. Sepertti para beauty blogger
  4. Deskripsi Pembeli. Moms juga perlu menjelaskan siapa saja yang bisa menggunakan produk yang kita review tersebut, apakah khusus anak-anak, ibu hamil atau bisa untuk semua umur
  5. Kekurangan Produk. Untuk menuliskan  kekurangan produk, bisa mengkonfirmasi dengan brand apakah kekurangan dari sebuah produk bisa ditampilkan dalan tulisan kita
  6. Ajak Pembaca. Yup, yang terakhir ajak pembaca agar tertarik menggunakan juga produk/jasa yang telah kita review

Nah, tips berikutnya saat menulis review, moms bisa perhatikan juga hal-hal berikut ini,

  1. Sampaikan siapa kita
  2. Bahas produknya sesuai keyword yang diminta
  3. Gunakan bahasa yang ringan, enak dibaca dan tidak terkesan langsung ngiklan
  4. Kreatif dan lengkap, yaitu melihat dari berbagai sudut pandang (sudut pandang ekonomis, fungsional, efek jangka panjang, dll)

Selain itu moms juga perlu tahu, loh ada 2 jenis review

1. Soft Selling

Artinya moms tidak secara langsung membicarakan produk atau jasa yang akan direview, melainkan memberikan paragraf pengantar yang akhirnya menggiring ke bahan review. Cara ini biasanya lebih disukai oleh para brand.

2. Hard Selling

Merupakan review produk atau jasa yang langsung menyebutkan produk atau jasa yang akan direview. Biasanya pembaca sedikit males moms saat baca gaya tulisan seperti ini.

Peserta Flash Blogging

Peserta Flash Blogging

Wah, materinya banyak ya moms. Selain itu ada juga flash blogging loh. Alias menulis on the spot dengan berbagai hadiah menarik dari para sponsor. Tertarik bergabung di kelas blogger? Ayo, gabung di blogger bengkulu, moms banyak ilmu dan teman yang seru di sini. Sampai jumpa ditulisan saya berikutnya.

google-site-verification: google712a0b60c93ff129.html


Apura

Seorang ibu dari anak yang bernama Andara (Adis). Sehari-hari mengajar di sebuah SMP. Meluangkan waktu senggang untuk menulis di blog mengenai kehidupan sehari-hari, flash fiction, dan puisi. Saat ini memiliki target menyelesaikan kumpulan puisi berbahasa Inggris.

Untuk melihat profil lebih lanjut dapat mengunjungi media sosial berikut ini:
Twitter: @ara_damiril
Facebook: Apura Meity
IG: @andara_adis
Email: bengkuludara@gmail.com

5 Comments

Mbak Elva · Oktober 22, 2017 pada 4:04 pm

Keren mbak, jadi nambah nih ilmu saya. Makasih ya

heripal danindra · Oktober 22, 2017 pada 4:06 pm

Thank’s sharing tentang ilmu nge-reviewnya ya mbak. Komplit

elva susanti · Oktober 22, 2017 pada 4:08 pm

Lengkap mbak catatan ilmu nge-reviewnya, izin save ya buat belajar

Dila Augusty · Oktober 22, 2017 pada 4:25 pm

Wah sharingnya lengkap dan jelas. Buat saya sangat berguna banget. Apalagi saya belum pernah mereview suatu produk barang di blog

Latifika Sumanti · Desember 2, 2017 pada 1:20 pm

Wah keren ada acara blogging di daerahnya…akupun pengen banget ada yg beginian buat upgrade skill. Tapi baca ini udah lebih dari cukup… Izin bookmark y

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *