Parenting [ANDARA]

Anak Saya Alergi Buah


Hai!

Sebenarnya masih uring-uringan karena blog-nya masih kena spam, tapi dari dulu mau cerita tentang Andara yang usianya sudah tiga tahun sekarang dan masalah alerginya terhadap jenis makanan tertentu masih ada. Kalau soal makan udang, ayam dan telur ras, serta vetsin segala macam mungkin banyak juga ya yang anaknya alergi. Nah, kali ini saya akan cerita tentang alergi dia makan buah tertentu yang bisa menimbulkan rasa gatal yang berlebihan pada kulit.

Ada beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari oleh anak Saya,

  1. Pepaya
  2. Jeruk
  3. Rambutan
  4. Lengkeng
  5. Anggur merah

Iya itu beberapa buah-buahan yang biasanya menyebabkan alergi pada Andara. Biasanya setelah dia mengonsumsi jenis buah-buahan tersebut di sekitar bibirnya akan muncul benjolan seperti digigit serangga, rasanya pun sangat gatal, bahkan bila terlalu banyak bentol-bentol merah ini bisa menyebar hingga ke seluruh kepala dan leher. Akibatnya dia jadi anak paling rewel sedunia. Padahal dia suka banget makan buah.

Memang, sih sifat alergi bentol-bentolnya tidak permanen, beberapa jam akan segera hilang. Tapi demi kau dan si buah hati, mana tega lihat anak menangis karena menahan rasa gatalnya. Jadi, cara saya mengatasinya ya selain menghindari jenis buah-buahan tersebut, jika terlanjur dimakan maka saya akan segera membasuh seluruh bagian di sekitar mulut dan tangannya dengan air mengalir, setelah itu memberinya minum susu dan saya Nina Bobo-in. Biar dia ga terlalu tersiksa, garuk sana-sini menahan rasa gatalnya.

Sempat sih tanya ke dokter dan orang tua, malah pada heran kok bisa alergi buah. Biasanya kan jenis makanan sea food yang bikin alergi. Huhuhu saya jadi was-was dan terus mewanti-wanti orang terdekat agar tidak memberikan jenis buah-buahan itu ke Andara. Tapi ya namanya anak-anak, dikasih masih ditelan juga. Akibatnya emaknya yang ngomel panjang lebar. ?

Terus karena ga dapat jawaban yang memuaskan, (malah disarankan tetap diberikan biar imun) saya jadi browsing di internet deh… Eh, ternyata jenis alergi buah ini memang ada.

Previous Post Next Post

You may also like

4 Comments

  • Reply Zefy

    Batu tahu juga mbak kalau ada yang namanya alergi buah

    Maret 20, 2017 at 3:07 am
    • Reply Apura

      iya, aneh tapi nyata ya mba..

      Maret 21, 2017 at 4:04 pm
  • Reply Milda Ini

    loh, kok bisa, biasanya buah termasuk aman ya

    Maret 20, 2017 at 5:04 am
    • Reply Apura

      Bisa ternyata mba, makanya awalnya ga percaya tapi ya emang gitu

      Maret 28, 2017 at 7:00 am

    Leave a Reply