Jalan-Jalan Resep Ala Kadarnya

5 Tempat Makan Favorit di Bengkulu yang Pernah dikunjungi

Bengkulu punya banyak restoran atau tempat makan yang lagi hits loh. Tapi dari sekian banyak restoran, aku baru coba beberapa saja. Nah, ini 5 tempat makan favorit di Bengkulu versi aku yang pernah aku kunjungi dan beberapa selalu didatangi lagi.

Buffet Tris

Tempat makan satu ini awalnya sepsialis Mie Pangsit aja. Langganan sejak pacaran dengan suami. Mienya dibikin sendiri loh jadi rasanya beda. Kuah pangsitnya juga dipisah dan disajikan dengan irisan sayur sawi serta entah apa namanya ada yang putih dengan isian, yang aku suka banget. Mienya juga dilengkapi dengan daging ayam serta ati dan ampela, rasanya bikin nagih dan balik lagi tiap kali pengin makan pangsit. Kalau dulu lokasinya ada di Sawah Lebar, saat ini lokasi utamanya sudah pindah ke Sport Center Pantai Panjang Bengkulu. Menunya juga sekarang bervariasi, selain beragam makanan berbahan dasar mie, ada juga bermacam makanan dengan bahan nasi. Plus beraneka minuman seperti jus buah, es kelapa muda dan lain-lain.

Bebek Sambal Pecut

Berlokasi di Pagar Dewa Bengkulu, tempat makan yang satu ini sesuai namanya mengunggulkan makanan berbahan dasar bebek. Mulai dari bebek goreng, bebek bakar dan banyak juga menu lainnya. Kalau ke sini tentu saja aku pesannya bebek goreng sambal pecut. Buat Adis bebek goreng kremes. Menu enak lainnya yang wajib dicoba sambal ikan belutnya. Enak banget, pedes yummy karena daging ikan belutnya masih segar. Ditambah dengan tumis kangkung bawang putih, makin endesss. Aneka minuman dan jenis makanan lain juga ada loh, jadi gak perlu khawatir kalau tidak suka bebek pesan aja ikan bakar, ayam atau makanan khas laut seperti cumi.

Oya kenapa namanya sambal pecut? Buat penyuka pedas pasti cocok sekali dengan sambalnya. Pedas tapi sedap gurih. Kalau gak tahan pedas, minta pisahin aja sambalnya dan minta juga kecap manis buat ditambahin di sambal supaya jadi pedas manis.

Kedai Pesonk

Masih di seputaran Pagar Dewa, tak jauh dari restoran Bebek Sambal Pecut ada tempat makan yang lagi viral di Instagram sampai bikin yang liatnya mau nyicip saat itu juga. Apalagi kalau bukan Kedai Pesonk. Kedai makan yang terletak di lantai 3 sebuah sentra oleh-oleh ini sedang ramai-ramainya pengunjung. Menyajikan beragam macam hidangan khas hasil laut, alhasil banyak menyedot perhatian para pencinta seafood. Termasuk aku dan suami-yang maksa makan di sini karena penasaran padahal alergi udang- jadi waktu ke sini kita pesan paket untuk berdua sampai berempat seharga 200 ribu. Isi paketnya, 2 nasi, 1 pitcher teh dan satu wajan seafood (terdiri dari udang, lobster, kepiting dan baby gurita). Sausnya juga boleh pilih, mau lada hitam, saus padang atau lainnya.

Hal yang menarik adalah cara makannya yang tidak menggunakan piring. Jadi ketika ada pelanggan datang, maka mejanya akan dialasi dengan semacam kertas roti selebar meja. Kemudian, setelah pesanan datang maka makanannya akan disajikan di atas kertas roti tadi. Sungguh seru dan menggugah selera memang. Menurut aku juga, cara penyajiannya yang unik inilah yang juga menjadi daya tarik bagi para pengunjung.

Sate Padang Tuneh Mudo

Sumber: Eyelen Fotografi

Ondeh mandeh, entah aku jadi teringat sama warung makan sate yang satu ini. Spesialis penjual sate padang. Ada sate ceker, sayap, daging, lokan… semuanya disajikan dengan kuah sate padang yang pedes dan endes. Ditambah keripik ubi balado, wah mengingatnya saja aku jadi lapar. Berlokasi di Kelurahan Surabaya Kota Bengkulu, tempat makan yang satu ini mulai buka sekitar jam 17.30 WIB. Belum buka aja yang ngantri udah ada.

Uniknya lagi, saking ramainya yang ngantri sampai penjualnya bikin nomor antrian kayak di bank itu loh. Masya Allah, aku yang kemarin udah lama gak ke sini kaget waktu mau beli lagi terus dikasih nomor antrian. Hahaha… Cobain deh sensasi ngantrinya.

Two-B Chicken

Ada banyak tempat makan ayam goreng crispy. Bahkan tempat makan yang sudah terkenal seperti KFC juga sudah ada sejak dulu di Bengkulu. Saat ini makin banyak gerai makan ayam ini dengan berbagai merek dagang, sebut saja Albaik, Labbaik dan sejenisnya termasuk Two-B Chicken ini. Jadi tempat favorit karena dekat rumah sih. Rasanya juga tidak kalah dengan gerai ayam yang sudah lebih dulu terkenal. Paling penting buat emak-emak sih, beli di sini selain enak juga murah. Insya Allah juga halal karena yang punya muslim. Seingat aku gak pakai PPN juga 10%. Jadi kalau beli paha ayam bawah atau sayap di harga 8000 rupiah, ya bayarnya segitu. Gak tiba-tiba jadi sepuluh ribu. Selain ayam goreng, bisa juga beli nasi goreng spesial dengan petai, mie kangkung hot plate, burger dan makanan lainnya. Boleh banget buat ajak si kecil kalau lagi malas makan.

Masih banyak sih tempat makan favorit lainnya, mungkin kapan-kapan aku review juga. Buat yang suka pempek kamu bisa cicip di Warung Kopi Palembang yang berlokasi di Pintu Batu, boleh juga Pempek Saskia di KM 6,5, atau Pempek Betty di seberang Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu. Buat yang suka pizza dan pasta, ada Pizza Hut dan Panties Pizza. Suka pecel lele dan ayam geprek? Banyakkkk… tinggal pilih.

Nah, kalau kamu kira-kira mau nyobain makan di mana nih?

Previous Post Next Post

You may also like

Leave a comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.