Tips Tricky

5 Kebiasaan yang Perlu Dilakukan Mamah Muda Agar Tetap Sehat

Working Mom

Working Mom

Jadi Ibu dengan segudang prestasi emang membanggakan, ya? Eits, tapi jadi ibu artinya juga punya segudang tanggungjawab. Mulai dari ngurusin pekerjaan rumah tangga, anak dan suami, gosip tetangga, hobi, arisan sana-sini, ditambah lagi kalau bekerja di luar rumah. Wah, seorang ibu jadi bisa cepat stress. Ujung-ujungnya mulai mengeluh sakit. Sakit pinggang, sakit mata, sakit hati liat tetangga beli kulkas baru, LOL.

kali ini saya mau bagi tips 5 Kebiasaan yang perlu dilakukan oleh para mamah agar tetap sehat (jiwa raga)

Minum Air Minimal 8 Gelas Sehari

Yup! Sudah sering baca atau dengar ya ma bahwa tubuh manusia 75% adalah air? Artinya, usahakan mencukupi supply air di tubuh kita agar tidak terkena dehidrasi. Caranya, cukup dengan minum air putih 8 gelas sehari agar tubuh kita tidak dehidrasi. Ga mau kan muka cantik mamah yang ala Korea itu tiba-tiba keriput dan kering karena dehidrasi?

Makan Makanan Sehat

Makanan Sehat

Makanan Sehat

Makanan sehat? Makanannya olahraga? Bukan. Tidak berarti juga mamah harus menciptakan menu diet super ketat agar tetap langsing paripurna. NO! Melainkan hindarilah junkfood yang super menggiurkan itu. Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur agar kebutuhan vitamin terpenuhi dan badan akan terasa sehat dan bugar. Sebab makan makanan sehat secara tidak langsung juga menjaga berat badan mamah agar tetap ideal, loh. Hayo? Sudah makan sayur dan buah belum hari ini, mah?

Tidur Cukup

Tau gak? Ternyata menurut riset, wanita butuh waktu 20 – 30 menit waktu tidur ekstra dibandingkan para pria. Maka, perlu sekali mengatur pola tidur agar bisa nyenyak dan bangun lebih segar. Sering dengar juga kan kalau setidaknya tubuh kita perlu tidur 6-8 jam sehari? Selain itu begadang alias kurang tidur cendrung bikin cepat stress dan marah-marah, loh.

Lakukan Hobi yang Disukai

Mamah punya hobi apa? Ngemil? Ngemol? Ngeblog? Iyaaa… apa aja pokoknya lakukan apa yang mama suka. Luangkan waktu untuk mengerjakannya, misalnya mama suka sama tanaman, nah habiskan waktu sekitar 15-30 menit sehari untuk ngurusin bunga-bunga mamah. Istilah kerennya ME TIME. Boleh nonton bareng temen, ke salon, nulis artikel kayak gini… Bebaskan diri mamah dari rutinitas sehari-hari agar sekembalinya dari me time bisa tetap bahagia kembali menghadapi kenyataan. 🙂

Minta Bantuan Jika Perlu

Pakaian numpuk seminggu belum disetrika, anak-anak merengek minta ditemanin main, ini belum kelar yang itu apalagi… Wah, jadi ibu memang super sibuk. Bisa-bisa stress dan letih kalau gini terus. Rasa-rasanya ga sanggup lagi. Badan udah capek, protes diajak kerja melulu. Ups! Jangan sungkan untuk minta bantuan, Mah. Misalnya, urusan setrikaan lempar ke laundry, anak-anak minta bantuan papahnya buat temenin main, sesekali makan di luar biar ga bosen ngadepin kompor, kuali dan teman-temannya. Iya, mamah bukan robot yang kerjanya ga kenal lelah. Jika mama rasa perlu bantuan, maka utarakan niat mama ke orang terdekat, bisa ke suami atau ke anak sekalipun agar mereka bisa meringankan sedikit pekerjaan mamah.

Oke! Itu tadi 5 tips agar mama tetap sehat secara jiwa raga. Silakan dicoba yaa…

Previous Post Next Post

You may also like

15 Comments

  • Reply Mildaini

    Wah, ini resep banget buat sayah, pan mamah muda ya

    April 30, 2017 at 7:39 am
  • Reply Keluarganawra

    Nah, ini yang juga harus dilakukan meminta bantuan, minta masak, mencuci dan beres rumah, hehehe

    April 30, 2017 at 7:40 am
  • Reply Rach Alida Bahaweres

    Kebiasaan minum air putih yang harus aku lakukan lagi nih mba

    April 30, 2017 at 7:49 am
  • Reply zefy

    perispan untuk aku jadi mamah 😀

    Mei 1, 2017 at 8:03 am
  • Reply @TheOskarscom

    Wah keren nih tipsnya 🙂

    Mei 1, 2017 at 12:05 pm
  • Reply Kuma Seo

    wah, kayaknya bukan cuma mama muda ini tipsnya.. untuk papa muda juga, hehehe

    Mei 1, 2017 at 9:23 pm
    • Reply Apura

      Boleh pap.. praktik bareng aja

      Mei 3, 2017 at 3:12 pm
  • Reply Aang verianto

    Bagus memang harus menjaga jasmani dan rohani jgan sampai stress , ini mantap tips nya . .

    Mei 4, 2017 at 12:26 am
    • Reply Apura

      mari mas aang dilakoni

      Mei 9, 2017 at 1:47 pm
  • Reply Ria M fasha

    makasih tips nya mbak apura
    aku juga kalo dah ga enak badan suka nyenengi diri dengan nulis , kulineran atau ke salon hehe
    pokoke yang bisa bikin happy

    Mei 4, 2017 at 10:08 am
    • Reply Apura

      have fun mba Ria

      Mei 9, 2017 at 1:47 pm
  • Reply lianny hendrawati

    Aku bukan mama muda tapi tipsnya berguna juga buat mama tua sepertiku ini hihihi.

    Mei 7, 2017 at 5:52 pm
    • Reply Apura

      iya dong buat tua muda mama papa bujang gadis hihihi

      Mei 9, 2017 at 1:46 pm
  • Reply komi kendy

    aaaaa.. tidur nih yang kurang terus.. dari dulu kebiasaan kerja ampe jam 1-2 malem. Sekarang sejak koran cetak cepat, pulang lebih cepat, tetep ga bisa tidur cepet 😀

    Mei 9, 2017 at 3:04 pm
    • Reply Apura

      Sama mba.. apalagi punya bayi. Begadang terus

      Mei 10, 2017 at 3:48 am

    Leave a Reply