Tips Tricky

5 Cara Jitu Atasi Utang Kartu Kredit

Utang Kartu Kredit

Utang kartu kredit menumpuk? Moms pakai kartu kredit buat membayar tagihan bulanan dan belanja? Bayar cicilan atau tarik tunai? Tentu pusing ya moms ketika diakhir bulan atau menjelang jatuh tempo harus memikirkan gimana caranya melunasi utang dari kartu kredit. Jangan sampai dong dikejar debt colector gara-gara moms mangkir membayar utang? Nah, kali ini ada 5 tips jitu buat moms untuk mengatasi utang akibat penggunaan kartu kredit.

1. Batasi Penggunaan Kartu Kredit untuk Sementara Waktu

Ya, moms. Semakin sering moms memakai kartu kredit bahkan hingga overlimit semakin besar pula utang yang harus moms lunasi. Moms harus waspada, ketika saat jatuh tempo yang hanya bisa moms bayar adalah tagihan minimumnya. Sedangkan untuk bunganya moms harus gali lubang yang lain. Ini tandanya hal pertama yang moms harus segera lakukan adalah mengerem penggunaan kartu kredit.

2. Lunasi Utang Kartu Kredit dengan Tabungan Pribadi

Ketika moms sudah menghentikan penggunaan kartu kredit, moms tentu tetap harus melunasi utang sebelumnya. Saran saya sebelum moms membuat utang baru di mana-mana ada baiknya memakai sendiri uang tabungan moms yang ada. Agar tak semakin pusing ditagih oleh banyak pihak karena terbelit utang.

3. Jual Aset atau Perhiasan

Ternyata tabungan moms semakin menipis? Ini tandanya moms sudah di titik krisis keuangan. Moms bisa menjual motor atau mobil yang jarang dipakai atau menjual sebagian perhiasan moms. Tak perlu merasa sayang, moms. Sebab semakin moms menunda membayar utang kartu kredit, bunganya tentu akan semakin besar.

4. Cari Pinjaman Uang Tanpa Jaminan

Tabungan hampir dibilang tak ada, aset apa lagi? Mungkin saatnya moms mencari suntikan dana baru melalui pinjaman. Jika ternyata orang terdekat moms sudah angkat tangan tak bisa membantu, moms harus mencari pinjaman ke pihak ketiga. Tentunya juga moms harus pastikan jika pihak ketiga ini bisa meminjamkan uang tanpa bunga ataupun bisa memberikan pinjaman uang tanpa jaminan.

5. Ketahui Strategi yang Tepat Saat Membayar Utang Kartu Kredit

Jika dana segar sudah ada di tangan, moms harus bisa pastikan bahwa moms mengerti betul cara membayar kartu kredit yang tepat. Moms tidak disarankan hanya membayar tagihan minimum dari kartu kredit saja karena sisa utang di bulan sebelumnya akan berbunga sampai 3 kali lipat di bulan berikutnya. Selain itu moms juga pastikan tidak akan membayar lewat dari batas jatuh tempo, sebab jika terjadi artinya utang moms akan bertambah banyak lagi. Maka, jika moms sudah punya dana segera lunasi seluruh tagihan sebelum jatuh tempo.

Bebas dari Utang Kartu Kredit

Ayo Temukan Cara Jitu Agar Bebas dari Utang Kartu Kredit

Memiliki fasilitas kartu kredit memang memudahkan kita sebagai pemilik untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Tapi, moms harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya agar tak terbelit utang tanpa ujung. Moms harus tentukan prioritas utama saat menggunakan kartu kredit, misalnya untuk membayar kebutuhan bulanan tetap seperti membayar listrik, telepon, dan lain-lain. Moms harus dapat membedakan yang mana yang menjadi kebutuhan atau sekadar memenuhi gaya hidup saja.

Jika selama ini moms bolak-balik keluar-masuk mall, cafe atau restoran mahal, kini saatnya moms mengurangi aktivitas yang bersifat konsumtif seperti ini dan menggantinya dengan aktivitas yang lebih produktif. Seperti misalnya mengerjakan hobi moms. Bahkan jika memungkinkan, melalui hobi yang moms tekuni moms bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari sini. Contohnya, moms suka memasak kue. Moms bisa menawarkan jasa pembuatan kue tradisional atau ulang tahun kepada teman-teman moms dan keluarga besar. Hasil masakan moms bisa difoto kemudian posting ke media sosial yang moms punya atau minta bantuan teman serta kerabat untuk memberikan testimoni mereka di media sosial. Cara ini terbukti efektif dapat mengembangkan jangkauan yang lebih luas dalam menarik pelanggan baru. Hasilnya, moms bisa dapat penghasilan tambahan dan tentunya tak dipusingkan lagi dengan tagihan kartu kredit yang overlimits.

Nah, itu dia moms 5 tips jitu atasi utang kartu kredit. Semoga nantinya moms bisa lebih bijak ya saat menggunakan kartu kredit. Ayo, jadi ibu yang produktif moms!

Previous Post Next Post

You may also like

29 Comments

  • Reply elva susanti

    Duuh jgn sampai deh mbak dikejar2 dep colector. Malu sih soalnya ama tetangga. Nice tipsnya mbak

    Oktober 13, 2017 at 10:51 am
    • Reply Apura

      Iya mba, makanya kita harus bijak menggunakan kartu kredit

      Oktober 13, 2017 at 11:56 am
  • Reply Kuma Seo

    belum punya kartu credit kak, takut dililit hutang. makasih lho tipsnya.

    Oktober 13, 2017 at 10:52 am
    • Reply Apura

      Hihihi siapa tau nanti perlu kak

      Oktober 13, 2017 at 11:54 am
  • Reply lianny hendrawati

    Kartu Kredit itu sebenarnya membantu sekali, asal kita bisa membayarnya tepat waktu.

    Oktober 13, 2017 at 3:43 pm
    • Reply Apura

      Betul mba, harus dilunasin sebelum jatuh tempo

      Oktober 13, 2017 at 4:55 pm
  • Reply Khairiah

    Kartu kredit ini punya dilema saudaraku punya 3 aku suruh tutup terus kartu kreditnya dia tetep nyisain satu katanya buat jaga2, kalau mepet2 ada perlu nggak ada uang bisa pakai kartu kredit

    Oktober 13, 2017 at 4:49 pm
    • Reply Apura

      Asalkan bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak, tentu tak masalah jika masih memanfaatkan fasilitas keuangan yang satu ini

      Oktober 13, 2017 at 4:56 pm
  • Reply Ndy Pada

    Kartu kredit bagai dua sisi mata uang. Satu sisi bisa berguna banget. Tapi kalau tidak bijak, bisa dikejar-kejar hutang. Nice sharing 🙂

    Oktober 13, 2017 at 8:29 pm
    • Reply Apura

      Betul moms terimakasih sudah berkunjung

      Oktober 14, 2017 at 11:04 am
  • Reply Yulia Marza

    Nice tips nih..saya mau berhenti pake..ada aja keinginan tuk ngutang..sulit di tahan juga sih. Hihi

    Oktober 13, 2017 at 8:33 pm
    • Reply Apura

      Hihihi ga apa-apa punya kartu kredit, manfaatnya juga banyak moms

      Oktober 14, 2017 at 11:05 am
  • Reply nhie

    iya nih…harus bijak2 menggunakan kartu kredit. kalau nggam mah seumur idup punya utang

    Oktober 13, 2017 at 8:57 pm
    • Reply Apura

      Betul moms, tentunya kalau utang udah menggunung, bikin pusing. Tapi tentu ada solusinya

      Oktober 14, 2017 at 11:07 am
  • Reply zefy

    wiiihhh…jangan sampailah ya mbak kita kena tagihan kartu kredit yang tak terkendali, bahaya bener itu, tidur bisa ga nyenyak pasti

    Oktober 13, 2017 at 9:19 pm
    • Reply Apura

      Betul Ze, badan bisa kurus kering

      Oktober 14, 2017 at 11:08 am
  • Reply Nchie Hanie

    Wah kartu kredit niy emang ya menggoda. Alhamdulillah aku malah di bisnisin Mba dan menghasilkan hehee. soalnya pernah ikutan seminar credit card revolution, jadi dah tau trik2 cara mnggunakannya dengan bijak.

    Semoga dijauhkan dari deb colektor ya dan dilancarkan. Amin

    Oktober 13, 2017 at 9:58 pm
    • Reply Apura

      Wah bisa jadi bisnis juga ya moms ternyata

      Oktober 14, 2017 at 11:20 am
  • Reply Dian Safitri

    Punya kartu kredit tapi dipakai cuma untuk beli buku di Gramedia. Soalnya ada diskon. Kan lumayan…ehehehe.
    Makasih tipsnya ya, Mbak.

    Oktober 13, 2017 at 11:20 pm
    • Reply Apura

      Nah ini contoh menggunakan kartu kredit dengan bijak. Mayan banget mba dapat diskon 😂

      Oktober 14, 2017 at 11:11 am
  • Reply andyhardiyanti

    Belum punya kartu kredit dan emang gak mau punya. Takut gak sanggup bayarnya. Heuheuheu. Cukup pakai kartu debit aja deh.

    Oktober 14, 2017 at 5:30 am
    • Reply Apura

      Hihihi, tapi ada juga manfaatnya loh moms punya kartu kredit

      Oktober 14, 2017 at 11:12 am
  • Reply MUNASYA

    Untungnya saya gak punya kartu kredit, maklum orang desa

    Oktober 14, 2017 at 8:13 am
    • Reply Apura

      Iya, mba. Kalau di kota besar punya kartu kredit seperti sebuah kebutuhan sebab kalau selalu bawa uang cash seperti di desa, rawan juga sih.

      Oktober 14, 2017 at 11:14 am
  • Reply Helena

    Jika selama ini moms bolak-balik keluar-masuk mall, cafe atau restoran mahal, kini saatnya moms mengurangi aktivitas yang bersifat konsumtif seperti ini dan menggantinya dengan aktivitas yang lebih produktif.

    Nah ini nih. Sebisa mungkin menabung terlebih dahulu sebelum membeli.

    Oktober 14, 2017 at 8:16 am
    • Reply Apura

      Atau ngeblog, ngendorse dan jadi influencer ya moms biar ga perlu beli 😂

      Oktober 14, 2017 at 11:15 am
  • Reply Nova Violita

    Makanya deh..gak mau pake kartu kredit..

    Kalo ga punya ..gaji tetap dan ga ad cost pasti ,untuk membayarnya mending gak usah punya deh..

    Keliling utang kalau manajemen ga bagus…

    Oktober 14, 2017 at 10:59 am
    • Reply Apura

      Iya, punya kartu kredit harus punya juga strategi jitu buat ngelunasin utangnya. Biar ga hidup di tumpukan utang

      Oktober 14, 2017 at 11:17 am
  • Reply Aang verianto

    Kartu kredit sudah jadi kebutuhan kedua untuk saat ini dijadikan kemudahan dalam bertransaksi

    Oktober 19, 2017 at 5:47 am
  • Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.