Resep Ala Kadarnya

10 Ragam Kue Kering Lebaran

Ragam kue kering lebaran berikut ini bisa jadi inspirasi Mama untuk menyambut lebaran. Apa aja nih?

1. Nastar

Source: Instagram @dheelicioso

Yass, urutan pertama tentu saja nastar. Kue kering lembut nan crunchy yang biasanya berisi selai nanas ini selalu ada di meja hidangan saat lebaran. Manis, gurih dan nagih banget. Asal namanya dari bahasa Belanda, ananas dan taart yang berarti tart nanas.

2. Kastengels

source: Instagram @dheelicioso

Kastengel alias kue keju ini teksturnya mirip dengan nastar. Hanya saja tidak dilengkapi dengan isian selai nanas. Namun tentu saja lengkap dengan taburan keju. Tau gak? Sebenarnya kue ini asal namanya juga berasal dari bahasa Belanda, Kaas berarti keju dan stengels batangan, alias batangan keju. Cocok buat Mama yang tak terlalu suka kue kering yang terlampau manis.

3. Putri Salju

Source: Instagram @dheelicioso

Yuhuu dari namanya aja udah tau dong, kue berwarna putih karena diselimuti gula halus ini memiliki rasa gurih yang manis dengan sensasi dingin dan lumer di mulut. Biasanya kue ini berbentuk bulan sabit.

4. Lidah Kucing

Source: sajiansedap.com

Emang ya kadang nama kue itu mengikuti bentuknya. Nah, kue ini bentuknya panjang dan tipis seperti lidah kucing. Rasanya mirip seperti kue kering lainnya, gurih dan renyah.

5. Caterpillar Cookies

Source: Instagram @hanhanny

Nah, ini kue kering yang sempat viral di media sosial. Sebab bentuknya yang menyerupai ulat sutera dengan guratan halus di bagian tubuh dan dilengkapi choco chips sebagai matanya. Apalagi jika diberi pewarna makanan hijau, dijamin saya gak niat makannya. Hahaha

6. Baby Macaron

source: Instagram @dheelicioso

Kue bulat imut dan berwarna-warni cerah yang berasal dari Prancis ini terbuat dari tepung almond yang bagian tengahnya berisi krim mentega atau krim buah. Kebayang dong Ma, gimana renyah di luar dan lembut di bagian dalamnya.

7. Cheese Sagoo

source: Instagram @dheelicioso

Kue sagu? Wah dari zaman old udah ada dong. Saat ini juga masih eksis di deretan kue lebaran. Kadang juga dimodifikasi dengan keju dan jadilah dia Cheese Sagoo. Kue ini unik karena terbuat dari bahan dasar utama, sagu. Hanya saja perlu diperhatikan untuk adonannya jangan sampai terlalu kental karena bisa bikin kuenya jadi keras.

8. Choco Ball

source: Instagram @dheelicioso

Bisa dibilang ini kue yang paling mudah bikinnya soalnya tidak membutuhkan oven. Bahkan bisa memanfaatkan biskuit biasa yang dijual di pasar kemudian dihaluskan dan campur dengan cokelat cair. Nanti, mau coba bikin ah.

9. Greentea Cookies

source: Instagram @dheelicioso

Sebagai pembeda rasa, kukis ini bisa jadi salah satu pilihan. Cukup dengan menambahkan bubuk greentea pada adonan kue kering dan Mama sudah memiliki kue lebaran dengan warna dan rasa yang menggoda. Biasanya di atas kue kering ini ditaburi irisan kacang almond ataupun keju.

10. Cookies Character

source: Instagram @dheelicioso

Kue terakhir yang akan dibahas yaitu kukis karakter. Kue kering dengan bentuk karakter tertentu ini biasanya cukup menarik minat anak-anak untuk mencicipinya. Tergantung kreasi mama mau bikin karakter dengan kartun favorit si kecil, bentuk ketupat, atau bentuk lainnya. Cukup memanfaatkan bentuk kue dan icing warna-warni mama sudah bisa membuat lebaran makin berwarna.

Nah itu dia Ma, 10 Ragam Kue Lebaran yang bisa Mama pilih sebagai referensi. Boleh bikin sendiri dan bisa juga beli. Jangan lupa kirimin saya ya, Ma?

Previous Post Next Post

You may also like

10 Comments

  • Reply Tanjungbungo

    Banyak makanan kekinian nih, asik jadi semangat mau lebaran jadinya

    Mei 20, 2018 at 10:43 am
  • Reply Komalade

    Aku suka semua 🙂

    Mei 20, 2018 at 12:11 pm
  • Reply Lelly

    Paling suka sama choco ball karna bikinnya lebih gampang. Cookies character juga suka, lucu2 soalnya. Tapi sengsara bikinnya. XD

    Mei 20, 2018 at 2:17 pm
  • Reply deddyhuang.com

    kue yang bakal diincar pas lebaran nih.

    Mei 20, 2018 at 10:07 pm
  • Reply ennu -dudukpalingdepan

    Kenapa nggak minat mba sama caterpillar cookies? saya malah pengen coba buat untuk hari raya ini 😀

    Mei 21, 2018 at 6:27 am
  • Reply Murtiyarini .

    yg no 5 lucuuu…

    Mei 21, 2018 at 9:49 pm
  • Reply Ayu Nita Dwi Karina

    Castengel ituu kesuakaanku banget mbak, dan harus wajib ada di toples nanti pas lebaran. btw baru sadar ada baby macaroons, jarang banget kayaknya… 🙁 mungkin karena mahal ya jarang orang mau nyediain heheheh

    Mei 22, 2018 at 4:03 am
  • Reply Elva Susanti

    Ih yang nomor 5 kuenya persis banget kaya ulat. Mau dong ditambahi resep dan cara bikinnya. Buat praktek di rumah 😁

    Mei 22, 2018 at 10:15 pm
  • Reply Tuty Queen

    nastar dan putri salju itu kue kesukaan aku banget mbak, jadi nggak sabar pengin cepat lebaran hihi

    Mei 24, 2018 at 10:18 am
  • Reply Beautyasti1

    Caterpillar cookies apaan sih itu mba ^^ tapi lucu ya bentuk nya.. aku paling suka kue mentega, putri salju, dan nastar

    Mei 28, 2018 at 9:28 am
  • Leave a Reply