Tips Mempersiapkan Zakat dan THR Lebaran

Tips Mempersiapkan Zakat dan THR Lebaran

Tips Mempersiapkan Zakat dan THR Lebaran

Tips kali ini tentang zakat dan THR, gimana saya mempersiapkannya? Baca sama-sama yuk…

Ajakan Menunaikan Zakat

…dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku'”. (Al-Baqarah 2:43)

Sudah tahu dong ya kalau zakat itu hukumnya wajib? Sebagaimana shalat, sebagai orang muslim dan beriman keduanya wajib kita jalankan. Nah, zakat itu sendiri ada yang namanya zakat fitrah dan zakat mal (harta). Besarannya pun ada perhitungan masing-masing. Namun, kali ini saya bahas Zakat Fitrah aja ya… dan nanti dilanjutkan dengan bahasan THR beserta tips mempersiapkannya

Zakat Fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu lelaki dan perempuan muslim yang berkemampuan dengan syarat-syarat yang ditetapkan. Pada dasarnya setiap muslim diwajibkan untuk mengeluarkan zakat fitrah untuk dirinya , keluarganya dan orang lain yang menjadi tanggungannya baik orang dewasa, anak kecil, laki-laki maupun wanita.

Besar zakat yang dikeluarkan menurut para ulama adalah sesuai penafsiran terhadaphadits adalah sebesar satu sha’ (1 sha’=4 mud, 1 mud=675 gr) atau kira-kira setara dengan 3,5 liter atau 2.7 kg makanan pokok(tepung, kurma, gandum, aqith) atau yang biasa dikonsumsi di daerah bersangkutan (Mazhab syafi’i dan Maliki).
Kalau yang sering saya dengar pengumuman di masjid, besarnya sekitar 30-35 ribu perorang.

Zakat Fitrah dikeluarkan pada bulan Ramadan, paling lambat sebelum orang-orang selesai menunaikan Salat Ied. Jika waktu penyerahan melewati batas ini maka yang diserahkan tersebut tidak termasuk dalam kategori zakat melainkan sedekah biasa.

Penerima Zakat secara umum ditetapkan dalam 8 golongan/asnaf (fakir, miskin, amil, muallaf, hamba sahaya, gharimin, fisabilillah, ibnu sabil) namun menurut beberapa ulama khusus untuk zakat fitrah mesti didahulukan kepada dua golongan pertama yakni fakir dan miskin.

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka…” (At-Taubah 9:103)

Nah, hikmah zakat itu sendiri antara lain

Mengurangi kesenjangan sosial antara mereka yang berada dengan mereka yang miskin, membersihkan dan mengikis akhlak yang buruk, ungkapan rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan, dan sebagainya.
Nah, udah tau dong sekarang tentang pentingnya zakat fitrah? Terus kita lanjut ke bahasan tentang THR dan tips mempersiapkannya yuk…

Mempersiapkan Zakat dan THR

Lebaran baru aja usai tapi ga ada salahnya dong mempersiapkan zakat dan THR untuk lebaran tahun depan? Lah, baru aja selesai lebaran Bu… kok udah mikirin bagi-bagi THR? Iya, saya gitu kok. Jadi selama 11 bulan sebelumnya saya sudah mulai nyicil buat zakat dan THR. Caranya?

Caranya gampang banget, karena saya juga seorang guru yang artinya gajian tiap bulan, jadi perbulannya saya ‘simpan’ uang di temen satu profesi di sekolah. Alhamdulillah teman saya ini amanah, jadi di bulan ke sebelas kami sudah bisa mengambil simpanan uang kami ini.

Plusnya lagi, uang yang disimpan juga boleh banget ditukarkan​ dengan uang pecahan baru. Misalnya, uang kertas 2000 yang masih kinclong sebesar 200 ribu. Uang 5000 sebanyak 500 ribu, dst. Suka suka kita loh mintanya gimana. Pokoknya sesuaikan saja dengan jumlah uang simpanan kita. Asik banget kan ga perlu repot-repot ke bank, antrian buat nuker uang?

Terus berapa besar simpanan tiap bulan? Itu juga bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing. Misalnya aja setiap tahunnya kita menghabiskan sekitar 2 juta untuk zakat, THR dan kebutuhan lebaran lainnya, artinya tiap bulan kita harus sisihkan kurang lebih 200 ribu.

Plusnya lagi karena langsung ditagih saat gajian, saya jadi lebih teratur nyimpennya. Ambil gaji langsung setor. Ketimbang simpan sendiri, bagi saya kemungkinan uangnya ga dibelanjakan itu kecil banget 😁. Soalnya saya termasuk tipe emak emak mata belanja, selagi ada duit di dompet belanjain aja semua. Hahaha

Nah, dengan cara begini saya ga bingung dan pusing lagi mikirin uang buat lebaran tahun depan. Tinggal bikin pos-pos pengeluaran saja, misalnya buat THR adek ipar, ponakan-ponakan, zakat dan sedekah orang sekitar, baju lebaran buat keluarga, kue lebaran, dan segala rupa-rupa lebaran lainnya.

Alhamdulillah cara ini udah bertahun-tahun membantu saya mengelola pengeluaran keuangan yang membengkak menjelang lebaran. Kamu punya cara asik lainnya? Share yuk?

Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tantangan #nulisserempak yang diadakan oleh Blogger Bengkulu dengan tema #lebarandibengkulu

#SongSongCouple yang Bikin Baper

#SongSongCouple yang Bikin Baper

Song Song Couple yang Bikin Baper

saya sih bukan penggemar K-Pop atau Drama Korea tapi demi lihat hestek #songsongcouple dan #haripatahhatiinternasional di berbagai media sosial, saya yang memang dari lahir udah kepo jadi makin kepo. Hasil kepo saya jebrengin di sini…

#SongSongCouple Love Story

Song Joong Ki dan Song Hye Kyo – Mereka dipertemukan ketika duet maut di drama Korea berjudul Descendants of the Sun. Buat yang sudah nonton drakornya pasti tahu dong gimana chemistry di antara mereka berdua? Bahkan kedekatan mereka juga terlihat sih sebenarnya di dunia nyata. Makanya, awalnya udah banyak para pencinta drakor yang mengira kalau mereka beneran pacaran, ga cuma di film aja. Tapi pasangan ini sama-sama ga mengakuinya. Sedih ye, bagai kekasih yang tak dianggap. Wkwkwk…

Tapi tau ngga kalau ada berita gosip  sebenarnya mereka udah pacaran sejak tahun 2015? Wah, padahal film Descendants of the Sun itu sendiri rilisnya awal 2016 ya? Ya, iyalah kan syutingnya sebelum 2016. Jadi, kayaknya sebelum syuting mulai, mereka udah mulai jatuh hati duluan tuh. Pastinya orang-orang terdekat mereka tahu dong ya hubungan mereka ini. Kasian ama para fans yang patah hati *ngikik

Jadi, setelah berbagai sanggahan tentang hubungan mereka, akhirnya pasangan ini resmi mengumumkan bahwa mereka akan menikah di bulan Oktober 2017. Kyaaa… terus gosip lainnya juga pre-weddingnya katanyanya udah di Bali. *huahahaha

Mungkin yang juga bikin baper para single fighter eh jomblowan/jomblowati ternyata Song Joong Ki sang pangeran ini pada Januari 2017 telah membeli rumah seharga US$8,7 juta (sekitar 116,2 miliar rupiah) di Itaewon. Lokasinya ini sendiri disebut sebagai distrik termewah di Korea Selatan untuk ditempati bersama sang princess Song Hye Kyo nantinya. (sumber: Koreaboo dan www.liputan6.com)

Syudahlah yah, biarkan pasangan ini berbahagia, terus apa yang bisa kita pelajari dari pasangan ini?

Biar ga Baper…

Mblo, kalau kamu pengin juga seperti idola kalian ini lakukan hal-hal berikut

  • Beri perhatian pada pasangan. Misalnya, seperti Song Joong Ki yang membawa makanan kecil ke lokasi pemotretan Song Hye Kyo
  • Kurangin ngumbar kemesraan ama pacar di media sosial. Secara kalau tiba-tiba ga jadi kan malu. Apalagi posenya cipok-cipokan mau taroh di mana tu bibir?
  • Siapkan fisik dan finansial mblo. Mending mikirin modal nikah ketimbang tuh duit dijajanin ke sana kemari. Coba deh lihat pasangan ini, udah nyiapin rumah miliyaran buat modal setelah nikah. Ya, kalau buat fansnya sih paling enggak punya uang deh buat bayar kontrakan atau kredit rumah tipe SSSSS
  • Sadar, mblo. Kalau kamu nyari pasangan seromantis pria Korea, yang mau bantuin nyuci piring, masak, ngasih kejutan setiap hari itu bakalan lama ketemunya. Baiknya cari pasangan yang tulus deh cinta kamu. Sebab, hidup ga semanis drama korea, mblo!

Akhir kata saya yang bukan fans mereka berdua mau ngucapin Selamat Berbahagia buat #SongSongCouple! Saya bisa lihat wajah-wajah patah hati di sekeliling saya karena berita ini dan entah kenapa jadi pengin ngetawain. *Ketawa jahat

 

Yuk, Atasi Gejala Infeksi Saluran Kemih Sedari Dini!

Halo, kali ini saya mau bahas tentang Infeksi Saluran Kemih. Apa aja sih gejalanya? Terus solusinya gimana? Yuk baca…

Saya ini tipe orang yang males banget buang air kecil di toilet umum, bahkan di tempat kerja sekalipun. Rasanya ga nyaman aja membayangkan toilet yang dipakai oleh puluhan, ratusan bahkan mungkin ribuan orang yang entah asalnya dari mana. Terlebih lagi saya juga orang yang jijikan, cium bau anyir aja (karena toiletnya ga dibersihkan pakai cairan pembersih) bisa mual-mual, apalagi kalau toiletnya jorok, bisa langsung kabur. Alhasil, saya jadi suka menunda buang air kecil. Iya, kalau ga bener-bener kebelet pasti saya akan menghindari buang air kecil di toilet umum.

Terus, beberapa waktu lalu saya sempat baca artikel kalau kebiasaan menunda buang air kecil itu banyak dampak buruknya bagi kesehatan. Setelah dipikir-pikir bener juga, sih. Secara kotoran yang dipendam lama-lama pasti ga baik buat tubuh. Apalagi cinta terpendam. Salah satu dampak buruknya, bisa kena Infeksi Saluran Kemih (ISK). Dari cerita saudara saya yang pernah menderita ISK ini rasanya tuh setiap mau buang air kecil sakit banget, bahkan kalau parah bisa bercampur darah. Dia sendiri sampai dirawat inap di rumah sakit gara-gara ISK ini. Padahal sebenarnya kalau kita waspada, ada gejala awal yang jadi tanda-tanda ISK dan sering disebut dengan anyang-anyangan.

Apa itu Anyang-anyangan?

Yuk, cek tanda-tandanya di bawah ini kalau kamu mengalami anyang-anyangan

  • Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
  • Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
  • Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
  • Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
  • Rasa perih ketika buang air kecil.
  • Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
  • Merasa lelah dan kurang sehat.
  • Demam

Nah, tingkat lanjutan dari anyang-anyangan  ini ya itu tadi Infeksi Saluran Kemih (ISK), yaitu kondisi ketika organ yang termasuk ke dalam sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, mengalami infeksi.

Apa sih penyebab Infeksi Saluran Kemih?

Ternyata, 80% penyebab ISK karena adanya bakteri E-coli  yang menempel pada dinding saluran kemih/saluran kencing anda. Bakteri ini sendiri bisa muncul karena,

  • Toilet tidak bersih
  • Arah proses pembasuhan setelah BAB/BAK yang tidak benar
  • Sering menahan buang air kecil
  • Air untuk membasuh yang tidak bersih
  • Pakaian dalam yang kotor

Waduh, terus cara mencegahnya gimana, dong?

Mudah, kok bisa dimulai dengan mempraktikan hal-hal berikut ini:

  • Membersihkan toilet secara berkala
  • Membasuh organ intim setelah BAK/BAB dengan cara yang benar, yaitu dari depan ke belakang. Jangan terbalik ya? Khususnya buat para wanita yang memang memiliki saluran kemih yang lebih pendek alias dekat dengan tempat pembuangan BAB
  • Jangan sering menunda buang air kecil
  • Perbanyak minum air putih
  • Mengganti pakaian dalam yang kotor
  • Konsumsi buah Cranberry

Apalagi nih buah Cranberry? Terus manfaatnya apa aja?

Manfaat Cranberry

Manfaat Cranberry Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Buah Cranberry telah lama diteliti dan digunakan di Amerika karena terbukti efektif mencegah infeksi saluran kemih. Buah ini kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E-coli pada dinding saluran kemih.

Cara Kerja Buah Cranberry

Proantocyanidin (PAC) dalam buah Cranberry mencegah bakteri E-coli menempel pada dinding sel epitel saluran kemih, dan membuangnya bersama air kencing. Kamu bisa mengkonsmumsi 2 gelas (@150 ml) jus Cranberry per hari, selama kurang lebih 10 hari untuk hasil maksimal.

Belinya di mana?

Buah Cranberry ini memang sulit dicari di pasaran. Kalaupun ada harganya cukup mahal. Selain itu tidak praktis karena harus dijus terlebih dahulu dan rasanya pun agak pahit dan asam.

Solusinya? Prive uri-cran!

Prive uri-cran Plus Solusinya!

Prive uri-cran Plus Solusinya!

Tenang aja, ladies and gentlemen sekarang ini zaman sudah canggih cukup dengan mengkonsumsi Prive uri-cran yang mengandung ekstrak buah Cranberry dijamin bebas anyang-anyangan.

Prive uri-cran ini sendiri ada yang berbentuk kapsul dan ada pula berupa powder alias bubuk. Kalau saya lebih suka yang bubuk, soalnya ga seperti minum obat. Ya, iyalah kan bukan obat, hanya berupa suplemen makanan. Kemasannya pun unyu, sachetan imut gitu. Jadi, mau dibawa ke mana-mana juga praktis banget. Tinggal dilarutkan aja dengan segelas air. Rasanya pun enak, ga pake pahit. Minumnya pun cukup 1 – 2 sachet per hari. Konsumsinya pun ga was-was karena sudah terdaftar di BPOM.

Masih belum yakin buat menkonsumsi Prive uri-cran? Nih, saya jembrengin sekalian komposisinya

Komposisi Prive uri-cran dan Prive uri-cran Plus

Komposisi Prive uri-cran dan Prive uri-cran Plus

Satu lagi nih, Prive uri-cran ini juga gampang banget belinya. Tersedia banyak di apotek atau toko-toko lainnya.

Prive uri-cran tersedia di sini!

Prive uri-cran tersedia di sini!

Tunggu apa lagi? Yuk, bebaskan dirimu dari anyang-anyangan dengan Prive uri-cran!

Oya, referensi valid tentang anyang-anyangan bisa kamu baca juga di http://uricran.co.id/

Baca juga tulisan saya tentang  Kesehatan Rambut

Cocktails Kalamansi Resep Praktis Ramadhan

sumber: Wikipedia

Jeruk Kalamansi

Halo halo balik lagi di kategori resep ala kadarnya 😁 kali ini mau bagiin resep Cocktails Kalamansi yang seger banget buat buka puasa.

Cocktails alias es buah biasanya selalu dijumpai di kios pedagang minuman. Nah, bedanya resep saya kali ini menggunakan sirup Kalamansi sebagai dasar rasanya.

Sudah tau dong betapa terkenalnya sirup yang berasal dari Bengkulu ini? Sirup yang dibuat dari sari jeruk Kalamansi dan dimasak dengan tambahan sedikit air dan  gula ini punya cita rasa yang khas. Selain itu kaya vitamin C  juga loh…

Kebenaran di rumah masih ada sirup Kalamansi, buah melon dan apel. Yuk, langsung eksekusi.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  1. Sirup Kalamansi secukupnya
  2. Melon (potong dadu)
  3. Apel (potong dadu), atau buah-buahan lainnya
  4. Air matang secukupnya
  5. Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Masukkan potongan buah ke dalam sebuah wadah
  2. Tuang sirup Kalamansi secukupnya
  3. Tambahkan air matang
  4. Aduk hingga sirup Kalamansi larut
  5. Tambahkan es batu, sajikan.

Tips: sirup Kalamansi punya rasa asam manis yang segar, kalau kamu lebih suka rasa yang manis bisa tambahkan gula yang telah dilarutkan terlebih dahulu dengan air hangat.

Cocktails Kalamansi - mminuman segar untuk berbuka puasa

Cocktails Kalamansi – minuman segar untuk berbuka puasa

Mudah banget ya cara bikinnya? Ga menyita banyak waktu. Kamu juga bisa kombinasikan buah-buahannya sesuai selera kamu. Sampai jumpa lagi di resep alakadarnya! 😉

Baca juga tulisan teman saya tentang Ramadhan yang Selalu dirindukan ada banyak cerita tentang bulan Ramadhan di sana.

Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tantangan #nulisserempak Blogger Bengkulu

Tentang #RamadhandiBengkulu yuk kita ramaikan. 😊