8 Kebiasaan ini Ternyata Merusak Rambut

Merawat Rambut Rusak

Merawat Rambut Rusak

Rambut adalah mahkota, sekalipun berhijab rambut tetap harus dirawat. Ga mau kan jadi botak lebih cepat dari waktunya? Jadi, jangan cuma kondisi kulit wajah aja yang diperhatikan, kondisi rambut juga dong. Nah, kali ini saya mau kasih tau beberapa kebiasaan yang secara ga  sadar kita lakukan dan ternyata merusak rambut. Cek, yuk!

1. Terlalu Banyak Kondisioner

Pakai kondisioner setelah keramas emang bikin rambut lembut, halus, mudah diatur, dan gampang disisir. Tapi, kamu tau gak? Ternyata terlalu banyak pakai kondisioner malah bikin rambut kamu lepek dan kalau kondisionernya kena kulit kepala tak jarang malah bikin ketombean, gatal atau iritasi. Ga banget kan? Makanya sebelum pakai kondisioner pastikan dulu membaca cara pakainya. Cukup diusapkan aja dari bagian tengah sampai ke ujung rambut, setelah itu bilas hingga bersih.

2. Sinar Matahari

kalau kulit terlalu lama kena sinar matahari jadi gosong. Terus kalau rambut? *prok-prok-prok jadi apa hayo dibantu ūüėÄ tentu saja jadi gatal dan ketombean. Betul? Selain itu bisa bikin rambut kering dan bercabang. Kalau aktivitas kamu banyak di luar ruangan, jangan lupa gunakan penutup kepala, seperti topi atau hijab. Payung juga boleh, pokoknya jangan biarkan rambut kamu terpapar sinar matahari terlalu lama ya. Kalau terlanjur rusak gimana? Bisa kamu atasin dengan menggunakan shampoo anti ketombe atau kondisioner. Bila perlu berikan vitamin rambut agar tetap kinclong.

3. Mencuci Rambut Setiap Hari

Wah, ternyata mencuci rambut alias keramas tiap hari ga bagus. Bisa bikin kamu jadi suster keramas, eh maksudnya malah bikin rambut rusak, loh. Rambut jadi kering dan kehilangan kelembapannya. Terus waktu paling baik untuk keramas kapan? Keramas lah 2 – 3 hari sekali agar rambut tetap sehat.

4. Menggunakan Pengering Rambut

Saya sih kalau buru-buru ngantor atau pergi pasti pakai pengering rambut alias hair dryer. Panasnya pun disetel ke tingkat maksimum, biar cepat kering. Maklum pakai jilbab, kalau rambut basah langsung digulung rambutnya jadi bau apek dan bikin kulit kepala gatal. Lah, solusinya apa dong? Solusinya setelah keramas biarkan rambut kering dengan sendirinya, bisa dengan digulung pakai handuk atau diangin-anginkan aja. Kalaupun harus pakai hair dryer, jangan langsung disetel ke panas maksimum atau bisa juga tentukan waktu keramasnya, misalnya sore hari. Jadi ga buru-buru kan ngeringin rambutnya?

5. Menyisir Rambut Saat Basah

Hayo siapa yang sering nyisir rambut saat masih basah? Ternyata kalau rambut basah disisir malah bikin rontok dan bercabang. Terus kulit kepala juga masih lembap, sehingga kalau disisir bisa saja bikin luka. Ih, serem ya… Maka lebih baik keringkan dulu rambutnya baru kemudian disisir. Kalau rambut kamu mudah patah atau rontok, sisirlah dengan sisir yang bergigi jarang agar mengurangi kerontokan.

6. Salah Pilih Jenis Shampo

Saat ini emang banyak banget ya berbagai jenis shampo dan mereknya. Kamu tinggal sesuaikan saja dengan jenis rambut yang kamu punya. Misalnya, rambut kering, berketombe, rontok ataupun berhijab. Jangan salah pakai shampo, bisa-bisa rambut kamu bukannya makin bagus, malah makin rusak. Yuk, baca dulu keterangan di botol shampo biasanya tertera shamponya buat jenis rambut seperti apa.

7. Malas Potong Rambut

Hihihi… Buat para perempuan atau emak-emak biasanya sayang banget motong rambut yang udah panjang atau malah potongan rambutnya pendek terus? Wah, ternyata rambut juga butuh dipangkas loh. Selain bikin rambut lebih rapi, memotong rambut ternyata bisa membuat rambutmu lebih sehat. Sebab, semakin panjang rambut ternyata nutrisi yang diperlukan juga makin banyak. Gak jarang kan kamu nemuin rambut yang ujungnya bercabang atau merah? Jadi, cara mudahnya buat ngilangin rambut rusak bisa dengan dipotong. Setelah potong rambut pun kepala jadi lebih ringan. So, jangan malas potong rambut ya? Biar tetap kece

8. Terlalu Banyak Pemakaian Zat Kimia

Yup, yang terakhir hindari memakai terlalu banyak zat kimia pada rambut. Apa aja? Misalnya, kamu yang sering gonta-ganti warna rambut, gaya rambut, atau keseringan keramas. Sudah pada tau kan kalau pewarna rambut ataupun hair spray  yang digunakan mengandung zat kimia? Mendingan dihindari deh. Jangan terlalu sering pakai pewarna rambut ataupun obat-obatan untuk rambut lainnya. Kalau mau ganti warna atau gaya rambut, cukup pakai Wig (rambut palsu) aja simple kan? Lebih simple lagi nih buat para perempuan tinggal pakai hijab. Wah, dijamin rambut sehat, iman pun makin kuat. Iya apa iya?

Sip, ya itu dia 8 Kebiasaan yang sering kamu lakukan dan secara ga sadar bisa merusak rambut. Selamat keramas! ūüôā

Flash Fiction: Jembatan Tua

Setiap hari, ibu bersusah payah‚Äč menempuh jarak lebih jauh beberapa kilometer hanya untuk melewati jembatan tua itu. Padahal sudah ada jalan pintas dari rumah menuju pasar yang setiap hari ia kunjungi. Alasannya ketika kutanya selalu begini, “Jembatan tua ini mengingatkan ibu pada bapakmu, Nak”

Padahal apa yang ibu banggakan dari seorang suami yang mati digebuk masa karena mencuri?
Lanjutkan membaca

5 Kebiasaan yang Perlu Dilakukan Mamah Muda Agar Tetap Sehat

Working Mom

Working Mom

Jadi Ibu dengan segudang prestasi emang membanggakan, ya? Eits, tapi jadi ibu artinya juga punya segudang tanggungjawab. Mulai dari ngurusin pekerjaan rumah tangga, anak dan suami, gosip tetangga, hobi, arisan sana-sini, ditambah lagi kalau bekerja di luar rumah. Wah, seorang ibu jadi bisa cepat stress. Ujung-ujungnya mulai mengeluh sakit. Sakit pinggang, sakit mata, sakit hati liat tetangga beli kulkas baru, LOL.

kali ini saya mau bagi tips 5 Kebiasaan yang perlu dilakukan oleh para mamah agar tetap sehat (jiwa raga)

Minum Air Minimal 8 Gelas Sehari

Yup! Sudah sering baca atau dengar ya ma bahwa tubuh manusia 75% adalah air? Artinya, usahakan mencukupi supply air di tubuh kita agar tidak terkena dehidrasi. Caranya, cukup dengan minum air putih 8 gelas sehari agar tubuh kita tidak dehidrasi. Ga mau kan muka cantik mamah yang ala Korea itu tiba-tiba keriput dan kering karena dehidrasi?

Makan Makanan Sehat

Makanan Sehat

Makanan Sehat

Makanan sehat? Makanannya olahraga? Bukan. Tidak berarti juga mamah harus menciptakan menu diet super ketat agar tetap langsing paripurna. NO! Melainkan hindarilah junkfood yang super menggiurkan itu. Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur agar kebutuhan vitamin terpenuhi dan badan akan terasa sehat dan bugar. Sebab makan makanan sehat secara tidak langsung juga menjaga berat badan mamah agar tetap ideal, loh. Hayo? Sudah makan sayur dan buah belum hari ini, mah?

Tidur Cukup

Tau gak? Ternyata menurut riset, wanita butuh waktu 20 – 30 menit waktu tidur ekstra dibandingkan para pria. Maka, perlu sekali mengatur pola tidur agar bisa nyenyak dan bangun lebih segar. Sering dengar juga kan kalau setidaknya tubuh kita perlu tidur 6-8 jam sehari? Selain itu begadang alias kurang tidur cendrung bikin cepat stress dan marah-marah, loh.

Lakukan Hobi yang Disukai

Mamah punya hobi apa? Ngemil? Ngemol? Ngeblog? Iyaaa… apa aja pokoknya lakukan apa yang mama suka. Luangkan waktu untuk mengerjakannya, misalnya mama suka sama tanaman, nah habiskan waktu sekitar 15-30 menit sehari untuk ngurusin bunga-bunga mamah. Istilah kerennya ME TIME. Boleh nonton bareng temen, ke salon, nulis artikel kayak gini… Bebaskan diri mamah dari rutinitas sehari-hari agar sekembalinya dari¬†me time¬†bisa tetap bahagia kembali menghadapi kenyataan. ūüôā

Minta Bantuan Jika Perlu

Pakaian numpuk seminggu belum disetrika, anak-anak merengek minta ditemanin main, ini belum kelar yang itu apalagi… Wah, jadi ibu memang super sibuk. Bisa-bisa stress dan letih kalau gini terus. Rasa-rasanya ga sanggup lagi. Badan udah capek, protes diajak kerja melulu. Ups! Jangan sungkan untuk minta bantuan, Mah. Misalnya, urusan setrikaan lempar ke laundry, anak-anak minta bantuan papahnya buat temenin main, sesekali makan di luar biar ga bosen ngadepin kompor, kuali dan teman-temannya. Iya, mamah bukan robot yang kerjanya ga kenal lelah. Jika mama rasa perlu bantuan, maka utarakan niat mama ke orang terdekat, bisa ke suami atau ke anak sekalipun agar mereka bisa meringankan sedikit pekerjaan mamah.

Oke! Itu tadi 5 tips agar mama tetap sehat secara jiwa raga. Silakan dicoba yaa…

#FFKamis: Takut Mati

Napasku tersengal-sengal. Keringat dingin mengucur deras. Harus lari ke mana lagi aku?

Sementara lelaki botak di seberang sana masih mengacungkan‚Äč pisaunya yang tampak mengkilat, tajam.

Aku bersembunyi serapat mungkin, di antara tumpukan kardus dan kayu bekas paket barang.

Langkah lelaki itu makin mendekat. Duh, Gusti! Aku belum mau mati.

“Boy! Keluarlah kau! Aku tau kau sembunyi di sana!” Dia mulai berteriak. Persis ketika aku masih kecil, saat melihat ayahku mati di tangannya.

“Kemarilah! Aku punya yang dijanjikan kemarin padamu!” Bujuknya lagi.

Sial! Benar-benar sial! Aku menghindarinya dari kemarin dan hari ini perutku tak tahan lagi.

“Petok… Petok…”

Pisaunya menebas leherku.